Pitbull yang Gigit Seorang Warga di Makassar Ditolak Kembali

Pitbull itu sempat menyerang seorang warga di Makassar

Makassar, IDN Times - Warga Jalan Tidung 10, Kelurahan Mappala, Kecamatan Rappoocini, Kota Makassar, bersepakat menolak jika anjing pitbull kembali hadir di lingkungan setempat dan dipelihara oleh pemiliknya.

Pitbull milik warga berinisial IC, sebelumnya menyerang seorang perempuan yang merupakan warga setempat. IZA (35) diserang saat berpapasan dengan anjing itu tepat ketika dia beraktivitas di depan rumahnya sendiri.

Saat berupaya untuk menutup pagar untuk menghindar, anjing pitbull itu kemudian langsung menerkamnya. “Intinya yang jelas warga di sana minta supaya itu anjing jangan lagi balik,” kata Kanit Reskrim Polsek Rappocini, Aiptu Iqbal Usman, Kamis (28/11).

1. Pitbull saat ini dititipkan ke komunitas pencinta hewan

Pitbull yang Gigit Seorang Warga di Makassar Ditolak KembaliPetugas Polsek Rappocini mengamankan lokasi kejadian terlepasnya pitbull di Jalan Tidung 10, Kelurahan Mappala, Kecamatan Rappocini, Makassar, Senin (25/11) / Sahrul Ramadan

Peristiwa penyerangan oleh anjing pitbull di Makassar terjadi pada Minggu (24/11) sekitar pukul 14.30 WITA. Kejadian itu berawal saat pitbull dilepas untuk buang air besar di halaman rumah pemiliknya.

Rumah pemilik anjing dan korban hanya berjarak kurang dari 50 meter. Saat buang air, anjing itu dilepas tanpa pengaman rantai, sementara pemiliknya masuk ke dalam rumah untuk mengambil perlengkapan kebutuhan anjingnya.

Karena pintu pagar rumahnya tak terkunci anjing itu pun berlari keluar halaman dan menuju ke jalan raya untuk mengejar kucing yang menjadi target buruan. Tak mendapatkan kucing yang dikejar, pitbull lalu mencari buruan lain. Korban yang saat itu beraktivitas di luar rumah, langsung berpapasan dengan anjing tersebut.

Iqbal mengungkapkan, saat ini status IC masih sebagai saksi. Lelaki 28 tahun itu saat ini intens diperiksa di Mako Polsek Rappocini. Pascakejadian, pitbull miliknya langsung dibawa keluar dari lingkungan tempat tinggalnya.

Belakangan diketahui jika pitbull itu diamankan di salah satu tempat penitipan. “Dia amankan di komunitasnya. Kan ada memang itu komunitas pitbull di Makassar. Jadi di situ dititip,” kata Iqbal.

2. Kondisi korban perlahan membaik

Pitbull yang Gigit Seorang Warga di Makassar Ditolak KembaliPolisi menunjukkan lokasi penyerangan pitbull di depan rumah korban

Pitbull menerkam wajah IZA. Pipinya digigit. Di sejumlah bagian tubuhnya juga ditemukan bekas luka cengkaraman pitbul. Sejak saat itu, IZA harus menjalani operasi.

Iqbal mengatakan, setelah menjalani operasi dan dirawat intensif, kondisi korban kini perlahan membaik. Namun dia belum dapat memberikan banyak keterangan soal kejadian yang menimpanya.

“Iya sudah agak membaik. Tapi intinya masih dirawat inap. Karena masih ada perawatan lanjutan,” terang Iqbal sebelumnya.

Baca Juga: Digigit Anjing Pitbull, Seorang Warga Makassar Kritis

3. Penentuan pelanggaran hukum IC tunggu hasil gelar perkara

Pitbull yang Gigit Seorang Warga di Makassar Ditolak KembaliPetugas Polsek Rappocini mengamankan lokasi kejadian terlepasnya pitbull di Jalan Tidung 10, Kelurahan Mappala, Kecamatan Rappocini, Makassar, Senin (25/11) / Sahrul Ramadan

Kata Iqbal saat ini pihaknya sementara mempersiapkan gelar perkara untuk menentukan status IC. Bersalah atau tidaknya IC karena diduga lalai, Iqbal masih enggan berspekulasi. Pihaknya, masih membutuhkan beberapa tambahan keterangan saksi lainnya, mulai dari warga hingga korban agar gelar perkara bisa dilakukan secepatnya.

Meskipun kata Iqbal, pemilik sempat berdalih dalam pemeriksaan bahwa anjing miliknya telah beradaptasi dengan warga dan lingkungan setempat. “Statusnya (IC) masih saksi, tapi masih mau didalami lagi dulu,” ucap Iqbal menutup.

Baca Juga: Pemilik Diperiksa Intensif, Pitbull yang Gigit Warga Dititipkan

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya