Palopo Raih Penghargaan Inflasi Awards 2019

Kota Palopo berhasil menyisihkan Makassar

Makassar, IDN Times - Kota Palopo berhasil meraih penghargaan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Awards tahun 2019. Penghargaan itu diberikan langsung Wakil Presiden Jusuf Kalla di Jakarta, Kamis (25/7).

Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman yang hadir menerima penghargaan itu mengatakan, bahwa Palopo adalah salah satu kota terbaik yang mampu menjaga inflasi.

Karena itu Andi mengapresiasi kota Palopo yang bisa memberikan prestasi bagi Sulawesi Selatan. “Penghargaan ini untuk memotivasi pemerintah daerah,” kata Andi Sudirman melalui keterangan persnya yang diterima IDN Times.

1. Sinergi, inovasi, dan teknologi kunci keberhasilan pengendalian inflasi

Palopo Raih Penghargaan Inflasi Awards 2019Pemprov Sulsel

Penghargaan ini diberikan secara langsung kepada masing-masing kepala daerah. Dia menyebutkan bahwa kunci keberhasilan pengendalian inflasi adalah sinergi, inovasi, dan pemanfaatan teknologi.

“Selamat, Palopo berhasil meraih penghargaan TPID Awards,” ucap adik kandung Menteri Pertanian Amran Sulaiman ini.

Oleh karena itu, lanjut Sudirman, ke depan pemerintah provinsi bakal mengoptimalkan kebijakan-kebijakan untuk mengarah ke ekspektasi inflasi yang sesuai sasaran. Sehingga hal itu bisa mendorong momentum pertumbuhan ekonomi.

“Kita akan memfasilitasi kegiatan-kegiatan di daerah agar terkoneksi teknologi dan sistem informasi,” tambahnya.

Baca Juga: Lagi di Sulsel? Mampir Yuk ke 8 Wisata Hits di Kota Palopo Ini

2. Palopo menyisihkan Kota Makassar yang meraih penghargaan pada tahun 2018

Palopo Raih Penghargaan Inflasi Awards 2019IDN Times/twitter Judas Amir

Kota Palopo berhasil menyingkirkan Kota Makassar yang sebelumnya meraih penghargaan TPID Awards tahun 2018. Tahun 2019, Palopo menjadi satu-satunya kota terbaik di Sulsel.

Kota lain di Indonesia yang meraih penghargaan serupa yaitu Tanjung Pinang, Kota Kediri, Kota Samarinda, dan Kota Mataram. Selain Wagub, juga dihadiri  Wali Kota Palopo, Judas Amir, Kadis Perdagangan, Zulkifli, Kabag Ekonomi, M. Tahir, dan Kabag Humas Palopo Wahyudin.

3. Palopo membuktikan bisa mengendalikan kebutuhan pokok

Palopo Raih Penghargaan Inflasi Awards 2019Twitter/Judas Amir

Wali Kota Palopo Judas Amir mengungkapkan penghargaan yang diraih Palopo adalah bukti bahwa daerah ini mampu mengendalikan harga kebutuhan pokok.

Karena inflasi itu merupakan proses kenaikan harga yang berlangsung secara terus-menerus di satu daerah. “Jadi penghargaan ini bukti kalau kita bisa mengendalikan harga kebutuhan pokok dibandingkan daerah lain di Sulsel,” ucap Judas.

Baca Juga: Menginspirasi, Kutim Jadi Rujukan Belajar Kota Palopo

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya