Polisi Tangkap 2 Pencuri Besi Beton di Perumahan Elite Makassar

Pelaku merupakan orang dalam yang bekerja di perumahan

Makassar, IDN Times - Polisi dari Polsek Rappocini Kota Makassar menangkap dua pencuri yang beraksi di sebuah kompleks perumahan elite, Rabu (15/3/2023).

Kepala Seksi Humas Polrestabes Makassar Kompol Lando Karua Sambolangi mengatakan, pelaku masing-masing Muhammad Aswad Juraid (20), pria berprofesi sekuriti, serta Al Qadri Ramadan (23), seorang buruh bangunan. Mereka ditangkap tangan usai mencuri besi beton di perumahan Metropolitan di Jalan Andi Djemma, Kecamatan Rappocini.

"Kini mereka sudah ditahan di Polsek," kata Lando, Jumat (17/3/2023).

Baca Juga: Begal di Makassar Ditangkap, Ditembak di Tanjung Bunga karena Kabur

1. Pencurian dipergoki sekuriti perumahan

Polisi Tangkap 2 Pencuri Besi Beton di Perumahan Elite MakassarIlustrasi pencurian (IDN Times/Mardya Shakti)

Kedua pelaku diketahui bekerja di kompleks perumahan itu. Awalnya warga sekitar tidak curiga, sebelum aksi kedua pelaku dipergoki seorang sekuriti bernama Muhajir. Saksi sempat menghentikan aktivitas pelaku saat mengangkut besi beton dengan truk.

"Waktu itu saksi sedang berpatroli dan melihat di sekitar rumahnya korban itu ada kedua pelaku sementara mengangkut besi-besi, jadi saksi langsung menahan keduanya dan melaporkan kasus itu ke Polsek Rappocini," ucap Lando.

2. Aksi pelaku sudah berulang

Polisi Tangkap 2 Pencuri Besi Beton di Perumahan Elite MakassarKepala Humas Polrestabes Makassar, Kompol Lando Karua Sambolangi. (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Pelaku bukan sekali ini mencuri di lokasi yang sama. Sebelumnya mereka sempat mencuri besi tower di perumahan itu, dan menjualnya ke penadah.

"Pelaku menjual besi-besi itu seharga Rp2,5 juta. Katanya uangnya sudah dipakai untuk kebutuhan mereka sehari-hari," kata Lando.

3. Polisi menangkap seorang penadah

Polisi Tangkap 2 Pencuri Besi Beton di Perumahan Elite Makassarilustrasi memberikan uang (IDN TImes/Reza Iqbal)

Lando melanjutkan, usai penangkapan dua pelaku, polisi mengembangkan penyelidikan dan menahan seorang penadah. Pria bernama Daeng Boha (48) diketahui sebagai pembeli besi tower yang sebelumnya dicuri kedua pelaku.

"Yang bersangkutan juga di proses pihak Polsek," kata Lando.

Baca Juga: Viral Kasus Staf Kampus Cabuli Sejumlah Mahasiswa UIN Makassar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya