19 Rumah di Makassar Terbakar, Tim Damkar Sulit Akses Lokasi Kebakaran

Dugaan sementara arus pendek listrik

Makassar, IDN Times - Kebakaran hebat terjadi di pemukiman padat penduduk di Jalan Rappokaling Timur 1, Lorong 7, Kelurahan Rappokaling, Kecamatan Tallo, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin malam (26/9/2022).

Kebakaran terjadi sejak pukul 18.08 WITA. Pihak Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Makassar pun mengerahkan tim ke lokasi kebakaran dan baru tiba di lokasi 12 menit setelah menerima informasi kebakaran itu.

"Kami Terima laporan dan baru tiba di lokasi pukul 18.20 Wita karena lokasi cukup padat (jalan dipadati warga), unit armada ini (mobil Damkar) langsung dari Mako Damkar," kata Kepala Dinas Damkar, Hasanuddin di lokasi.

1. Sebanyak 27 unit armada Damkar dikerahkan

19 Rumah di Makassar Terbakar, Tim Damkar Sulit Akses Lokasi KebakaranKepala Dinas Damkar Makassar, Hasanuddin saat diwawancarai di lokasi kebakaran di Makassar, Senin (26/9/2022). (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Dalam upaya pemadaman, tim Damkar dari Markas Komando (Mako) di Jalan Ratulangi Makassar mengerahkan 21 unit armada dan diperbantukan dari Posko Timur 3 armada dan Posko Carester Ujung Tanah 3 armada.

Sementara itu, lanjut Hasanuddin, jumlah personil Damkar yang diturunkan dari Mako Damkar Makassar sebanyak 57 orang, dan diperbantukan dari Pos Timur 12 orang, serta Carester 12 orang.

"Sampai pukul 20.16 Wita itu masih proses pendinginan (pemadaman sisa titik api) di lokasi. Sebenarnya api sudah dikuasai pukul 19.30 Wita sisa pendinginannya agar tidak ada kebakaran susulan," kata Hasanuddin.

2. Dugaan sementara arus pendek listrik

19 Rumah di Makassar Terbakar, Tim Damkar Sulit Akses Lokasi KebakaranPetugas Damkar Makassar berusaha memadamkan api, Senin (26/9/2022). (Dahrul Amri/IDN Times Sulsel)

Dari hasil pendataan tim Damkar Makassar, dugaan sementara kebakaran terjadi karena arus pendek listrik dari sebuah rumah warga sehingga mengakibatkan belasan rumah terbakar.

"Jadi ada 19 atap (rumah) yang terbakar, ini rumah petak (kamar kos) dan rumah sendiri. Tidak ada korban jiwa dan petugas kami di lokasi mendata itu dugaan sementaranya itu dari arus pendek listrik," jelas Hasanuddin.

Baca Juga: Kebakaran di Cengkareng Timur, Belasan Mobil Damkar Dikerahkan

3. Warga padati jalan sulitkan petugas Damkar

19 Rumah di Makassar Terbakar, Tim Damkar Sulit Akses Lokasi KebakaranWarga padati akses jalan saat tim Damkar Makassar hendak memadamkan api, Senin (26/9/2022). (istimewa/dok.Damkar Makassar)

Sementara itu, Hasanuddin menambahkan, proses 27 armada untuk menjangkau lokasi kebakaran ini terbilang sangat sulit karena banyaknya warga yang memadati jalanan.


"Kendala kita lumayan padat (akses jalan), begitu kita mau masuk dan tiba di lokasi ini penonton yang banyak sekali, termasuk yang akses-akses masuk ke lokasi kita dapat itu lewat lorong-lorong kecil," tambahnya.

Baca Juga: Danny Libatkan Batalyon 120 jadi Tim Damkar dan Jukir Lorong Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya