Comscore Tracker

Begini Rekayasa Lalu Lintas di Sekitar Proyek Tol Layang Pettarani

Rekayasa lalin direncanakan selama tujuh hari

Makassar, IDN Times - Proyek konstruksi tol layang AP Pettarani di Makassar, Sulawesi Selatan, kini telah mencapai pekerjaan pada bagian struktur atas. Pengerjaan pun akan dilaksanakan selama 24 jam penuh. Untuk itu, PT Wika Beton bersama Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Selatan dan Kepolisian memberlakukan rekayasa lalu lintas (lalin) di sekitar area proyek. Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan masyarakat pengguna jalan maupun pekerja proyek.

Manager Safety Health Environment (SHE) Wika Beton Alex Muhajirin mengatakan rekayasa lalu lintas akan dimulai pada Kamis (10/10), di mana pengangkatan badan jalan yang berada tepat di atas jalan layang atau fly over akan dilakukan.

"Penutupan arus untuk pengangkatan badan jalan (launching box girder) itu hari Kamis pagi atau malam. Jumat pagi baru fly over ditutup," ujar Alex, Rabu (9/10).

1. Rekayasa lalin rencana dilakukan selama tujuh hari

Begini Rekayasa Lalu Lintas di Sekitar Proyek Tol Layang PettaraniIstimewa

Pengerjaan struktur bagian atas proyek tol layang AP Pettarani, kata Alex, ditaksir bakal menghabiskan waktu selama 4 hingga 7 hari. Oleh sebab itu, rekayasa lalu lintas akan diberlakukan selama tujuh hari.

"Memang waktunya agak lama, tidak seperti yang kita kira secepat memasang deretan papan. Jalan launching (menyusun box girder) itu butuh waktu lama. Dua meter per menit," ujarnya.

2. PT Wika tawarkan dua opsi

Begini Rekayasa Lalu Lintas di Sekitar Proyek Tol Layang PettaraniIDN Times/Asrhawi Muin

PT Wika sendiri menawarkan dua opsi rekayasa lalu lintas. Opsi pertama yaitu arus lalu lintas dari Jalan Urip Sumoharjo Timur menuju Jalan Urip Sumoharjo Barat (dari arah Daya ke Sentral) akan diarahkan masuk ke Jalan Pettarani hingga di jalan putaran balik atau u-turn  di depan The Mutiara Residence.

Begitu pun dengan arus lalu lintas dari arah sebaliknya. Pengendara akan diarahkan masuk ke kiri, yakni jalan tol hingga pada u-turn tepat di depan Gedung Keuangan Negara (GKN). Sementara bagi pengendara yang menuju Jalan Pettarani, diarahkan berputar balik di depan Universitas Bosowa, sedangkan pengendara yang akan ke Jalan Barawaja akan dibuatkan jalur di sebelah kiri jalan tol.

Sedangkan bagi pengendara yang melaju dari arah Jalan Pettarani menuju jalan tol tidak mengalami perubahan arus lalu lintas.

Pengendara motor yang hendak memutar arah juga disiapkan u-turn pada keempat sisi jalur. Jalur dari Jalan Pettarani akan berputar di u-turn The Mutiara Residence, sementara pengendara dari arah tol berputar arah di u-turn depan GKN. Sementara u-turn di kedua sisi fly over tidak berubah.

"Rencananya kami akan melakukan sistem buka tutup. Jadi, jam 06:00 WITA kita akan buka dengan pekerjaan sampai jam 08:00 WITA ditutup lagi lalu dibuka lagi jam 12:00 WITA sampai jam 13:00 WITA. Kemudian jam 17:00 WITA sampai jam 19:00 WITA juga dibuka kendaraan yang lewat di bawah," jelas Alex.

Opsi kedua, jalur di bawah fly over tetap dibuka dengan sistem buka tutup pada waktu tertentu. Namun opsi ini dinilai cukup membahayakan sehingga opsi pertama jadi paling mendekati kesepakatan bersama.

Baca Juga: Progres Tol Layang AP Pettarani Capai 25 Persen, Kapan Selesainya?  

3. Masyarakat diimbau hindari area pengerjaan jalan saat lalu lintas ramai

Begini Rekayasa Lalu Lintas di Sekitar Proyek Tol Layang PettaraniIDN Times/Asrhawi Muin

Meski kedua opsi belum disepakati, namun masyarakat tetap diimbau untuk berhati-hati saat berkendara, khususnya saat melintas di area sekitar fly over

Kepala Bidang Operasional Lalu lintas, Polrestabes Makassar Samuel To'longan meminta masyarakat agar menghindari jalur aktivitas pengerjaan jalan tol layang pada waktu ramai kendaraan.

"Kalau bisa jam 06.00 sampai 09.00 pagi itu tidak ada aktivitas. Jam pulang kerja pada sore hari sampai malam itu jam ramai kendaraan," kata Samuel.

Baca Juga: FOTO: Potret Terkini Pengerjaan Tol Layang Pettarani Makassar

Topic:

  • Asrhawi Muin
  • Irwan Idris

Just For You