Waspada La Nina, Ini Daerah di Sulsel yang Rawan Banjir dan Longsor

BPBD Sulsel Siapkan Pembersihan DAS

Makassar, IDN Times - Meningkatnya intensitas curah hujan di penghujung tahun 2020 sebagai dampak La Nina, diprediksi akan mempengaruhi tingginya tingkat kebencanaan utamanya hidrometrologi seperti banjir dan longsor.

Pemprov Sulsel melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah pun telah melakukan sejumlah langkah persiapan. Salah satunya yakni pembersihan daerah aliran sungai (DAS) sebagai sarand dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG).

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Sulsel, Endro Yudo Wahyono, mengatakan pihaknya telah melakukan langkah-langkah preventif dan antisipasi dini melalui sosialisasi dan koordinasi dengan BPBD kabupaten/kota untuk melakukan hal tersebut.

"Sosialisasi dan koordinasi dengan BPBD kabupaten/kota untuk melakukan langkah-langkah pembersihan daerah aliran sungai, melakukan susur sungai, dan mendeteksi hal-hal yang berpotensi timbulnya banjir, dan segera melakukan langkah-langkah antisipasi," kata Endro saat dihubungi IDN Times via Whatsapp, Minggu (18/10/2020).

1. Meningkatkan koordinasi dengan pemangku kepentingan

Waspada La Nina, Ini Daerah di Sulsel yang Rawan Banjir dan LongsorIlustrasi evakuasi korban bencana banjir. ANTARA FOTO/Moch Asim

Selain itu, Endro mengaku pihaknya juga langsung meningkatkan koordinasi dengan stakkeholder tingkat provinsi maupun tingkat kabupaten/kota untuk selalu siap siaga dengan datangnya bencana.

"Sehingga ketika terjadi bencana, tim evakuasi korban sudah siap bergerak. Memastikan logistik untuk kebutuhan dasarnya apabila diperlukan," katanya.

Untuk sosialisasi ke masyarakat, Endro mengaku pihaknya tak henti-hentinya melakukan penyuluhan dan sosialisasi agar masyarakat paham dan tahu apa yang harus mereka lakukan saat bencana datang tiba-tiba. Akan tetapi, proses tersebut tak selamanya bisa berjalan dengan mudah.

"Namanya juga penyadaran itu adalah sebuah proses dan proses itu memerlukan waktu. Tidak sekali bicara, langsung masyarakat sadar. Maka kami tidak pernah ada capeknya untuk melakukan penyuluhan dan sosialisasi," katanya.

2. Daerah-daerah di Sulsel yang rawan banjir dan longsor

Waspada La Nina, Ini Daerah di Sulsel yang Rawan Banjir dan LongsorIlustrasi banjir (IDN Times/Sukma Shakti)

Endro menyebutkan, berdasarkan pemetaan rawan bencana BPBD Sulsel, daerah yang berpotensi longsor dan banjir adalah Bone, Soppeng, Wajo, Luwu, Palopo, Luwu Utara, Luwu Timur, Tana Toraja, Toraja Utara, Barru, Parepare, Sinjai, sebagian Bantaeng, sebagian Bulukumba, dan Selayar.

Sebagai informasi, La Nina merupakan fenomena menurunnya suhu permukaan air laut Samudera Pasifik, lebih rendah dari kawasan sekitarnyaa. Di Indonesia, dampaknya berupa intensitas hujan lebih tinggi dari tahun-tahun sebelumnya.

BMKG memperkirakan fenomena ini terus berkembang mencapai intensitas menengah hingga akhir tahun 2020. Dampaknya untuk Sulsel adalah peningkatan curahh hujan antara 20 - 40 persen di atas normal.

Baca Juga: La Nina Berdampak ke Sulsel, Waspadai Curah Hujan di Atas Normal

3. La Nina berpotensi meningkatkan risiko banjir

Waspada La Nina, Ini Daerah di Sulsel yang Rawan Banjir dan LongsorIlustrasi Banjir Jakarta (IDN Times/Mardya Shakti)

Saat bertemu Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, Sabtu, 17 Oktober 2020 kemarin, Kepala BBMKG Wilayah IV, Darmawan, mengatakan La Nina berpotensi meningkatkan risiko banjir dan membuat lahan pertanian terendam seiring kenaikan curah hujan. 

Untuk mengatasi dampaknya, BMKG memberikan saran agar saluran air di lahan pertanian mesti diperlebar dan memastikan aliran air tidak ada hambatan.

"Bisa mengantisipasi daerah aliran sungai (DAS) yang mungkin kita prediksi akan menjadikaan banjir bandang sehingga kejadian di Kabupaten Bantaeng dan Luwu Raya tidak terjadi lagi," kata Darmawan.

Dia menyatakan, pihaknya sudah siap dengan sistem peringatan dini yang tersebar di wilayah Sulsel. Sistem itu membantu memberikan peringatan dini dan membantu memantau perkembangan kondisi cuaca yang terjadi.

Baca Juga: BMKG Ingatkan Gubernur Potensi Dampak La Nina di Sulsel

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya