Sulsel Masuk 10 Provinsi dengan Jalan Rusak Terpanjang di Indonesia

Pemprov berjanji akan membenahi jalan ruas secara bertahap

Makassar, IDN Times - Kelayakan infrastruktur jalan di Sulawesi Selatan rupanya masih menjadi PR besar. Jumlah ruas jalan yang rusak masih banyak, sementara di sisi lain Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan begitu gencar membangun dan memperbaiki infrastruktur jalan. 

Namun baru-baru ini, Sulawesi Selatan justru masuk dalam 10 provinsi dengan ruas jalan rusak terpanjang di Indonesia. Informasi ini berdasarkan data Statistik Tranportasi Darat 2021 yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) pada November 2022.

Menanggapi data tersebut, Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, menilai bahwa hal itu dipengaruhi luas wilayah Sulsel yang besar. Karena itu, jumlah ruas jalan yang rusak juga besar.

Dari data BPS itu, Sulsel menempati urutan ke-7 dengan ruas jalan rusak terpanjang yakni 374 kilometer. Sementara itu, Sulsel memiliki luasan wilayah seluas 46.717 km².

"Memang kita paling besar juga wilayahnya," kata Sudirman yang ditemui di rumah jabatannya, Rabu (10/5/2023). 

Baca Juga: Jalan Rusak di Antang Makassar Kerap Celakai Pengendara

1. Perbaikan jalan jadi prioritas tahun 2023

Sulsel Masuk 10 Provinsi dengan Jalan Rusak Terpanjang di IndonesiaIlustrasi kondisi jalan rusak yang berlubang ada banyak lubang-lubang kecil (IDN Times/Satriadi Rasyid)

Masih merujuk pada data tersebut, jumlah ruas jalan rusak berat di Sulsel yang menjadi tangung jawab pemerintah pusat yakni sepanjang 32 km. Kemudian jalan yang menjadi tanggung jawab provinsi yakni sepanjang 309 km rusak dan 374 km rusak berat. 

Selanjutnya, ada juga jalan yang menjadi tanggung jawab kabupaten/kota dalam kondisi rusak berat yakni sepanjang 3.923 km.

Sudirman pun menegaskan bahwa pengerjaan jalan terus menjadi prioritas, khususnya pada tahun 2023 ini. Hanya saja, luasan wilayah yang cukup besar menjadi tantangan tersendiri.

"Banyak sekali. Pengerjaan prioritas kita memang. Tetapi memang stok wilayah kita juga besar termasuk jalan nasional," kata Sudirman.

2. Sejumlah ruas jalan sedang diperbaiki

Sulsel Masuk 10 Provinsi dengan Jalan Rusak Terpanjang di IndonesiaPengukuran ruas jalan rusak di Jalan Antang Raya Makassar, Selasa (31/5/2022). Humas Pemprov Sulsel

Tahun ini, Pemprov Sulsel akan mengerjakan beberapa ruas jalan. Di antaranya yakni 270 km ruas jalan selatan. Kemudian sekitar 200 km juga ruas dari Makassar ke Bone dan 200 km dari Toraja ke Enrekang.

"Tapi masih proses juga ada yang sudah berkontrak, ada yang sudah dikerjakan, Jeneponto sudah dikerjakan. Jadi ada beberapa," kata Sudirman.

Di e-katalog, kata Sudirman, sudah ada beberapa ruas juga yang dikerjakan dengan anggaran sekitar Rp300 juta. Di antaranya jalan Antang di Makassar dan Patalassang di Gowa. 

"Karena terlalu lama banyak yang tidak perhatikan. Kami 3 tahun terakhir memang genjot semua untuk jalan. Kemudian 2021, 2022, dan 2023 porsi infrastruktur memang sangat besar," kata Sudirman.

3. Ruas jalan terus bertambah sejak 2018

Sulsel Masuk 10 Provinsi dengan Jalan Rusak Terpanjang di IndonesiaIlustrasi Infrastruktur Jalan Kota (IDN Times/Arief Rahmat)

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Sulsel, Astina Abbas, mengatakan bahwa sebenarnya pihaknya selalu memperbaiki jalan rusak. Hanya saja, pada tahun 2018, jumlah jalan di Sulsel yang semula 1.500 km bertambah menjadi 2009 km.

Dia mengatakan penambahan jalan ini merupakan efek dari dibukanya daerah-daerah terisolir. Pada 2019, kata dia, ada sekitar 61 persen penambahan ruas jalan provinsi.

"Jadi kita bertahap tangani karena kapan kita tidak tambah ruas jalan provinsi, bayangkan itu Bastem ke Palopo berapa kilo. Nanti kita ambil alih menjadi jalan provinsi baru terbuka," kata Astina.

Baca Juga: Ada Jalan Rusak Parah di Sulsel? Rekam Videonya, Kirim ke Jokowi

Topik:

  • Aan Pranata
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya