Soal Wacana Pembubaran TGUPP Sulsel, Dewan: Silakan!

Pj Gubernur juga bisa membentuk tim sendiri jika mau

Makassar, IDN Times - Legislator DPRD Sulawesi Selatan (Sulsel) menanggapi wacana pembubaran Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP). Wacana ini telah mencuat sejak Andi Sudirman Sulaiman tak lagi menjabat sebagai Gubernur Sulsel.

Anggota Komisi C DPRD Sulsel, Fahruddin Rangga, mengatakan bahwa TGUPP adalah kebutuhan gubernur entah itu gubernur definitif ataupun pi gubernur. Menurutnya, pj gubernur bahkan bisa membentuk tim sendiri jika memang ingin.

"Jadi dia mau ubah bentuknya silakan saja. Itu menjadi kewenangannya dan menjadi kebutuhannya. Kita tidak bisa terlalu jauh masuk mencampuri urusan itu," kata Fahruddin, Selasa (19/9/2023).

Baca Juga: Pj Gubernur Sulsel Utamakan Pejabat Struktural, TGUPP Terancam Bubar

1. TGUPP harus berdasarkan asas manfaat

Soal Wacana Pembubaran TGUPP Sulsel, Dewan: Silakan!Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin saat ditemui di kantor gubernur, Rabu (6/9/2023). IDN Times/Asrhawi Muin

Fahruddin mengatakan pembentukan  tentu harus dilihat dari asas manfaatnya. Menurut legislator dari Partai Golkar ini, jika selama ini eksistensi TGUPP menjadi sebuah kebutuhan maka bisa diberikan kesempatan lagi.

Hal ini termasuk apabila selama ini TGUPP maupun staf khusus memposisikan diri sebagaimana mestinya. Misalnya, tidak memasuki ruang-ruang yang bukan kewenangannya. 

"Pertimbangan teknis oke boleh tetapi kalau dia masuk terlalu jauh seperti hal teknis tidak boleh," kata Fahruddin.

2. Beberapa TGUPP justru tidak termanfaatkan

Soal Wacana Pembubaran TGUPP Sulsel, Dewan: Silakan!Wakil Ketua Banggar DPRD Sulsel Fahruddin Rangga. IDN Times/Aan Pranata

Fahruddin pun menyinggung tentang keberadaan TGUPP di periode sebelumnya. Menurutnya keberadaan beberapa anggota TGUPP tidak termanfaatkan sepenuhnya menjadi kebutuhan.

Namun dia juga tidak memungkiri bahwa tidak semua TGUPP seperti itu.

"Dari sekian orang hanya sebagian saja yang membantu gubernur dalam menjalankan tata kelola pemerintahan," kata Fahruddin.

3. Pj gubernur hanya akan gunakan pejabat struktural

Soal Wacana Pembubaran TGUPP Sulsel, Dewan: Silakan!Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin saat ditemui di kantor gubernur, Rabu (6/9/2023). IDN Times/Asrhawi Muin

Sebelumnya, Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin menyatakan akan memprioritaskan pejabat struktural dalam pemerintahannya. Dengan demikian, pejabat non struktural seperti TGUPP terancam akan bubar.

Pj Sekretaris Daerah Sulsel, Muhammad Arsjad, pun menjelaskan bahwa Bahtiar benar-benar menggunakan struktur pemerintahan. Struktur pemerintahan yang dimaksud yaitu orang-orang yang memiliki kompetensi tugas kewenangan sesuai jabatan yang diberikan.  

"Jadi beliau (Bahtiar) sebenarnya lebih memberikan kepercayaan kepada jajaran ASN Pemprov untuk membantu dalam proses jajaran pemerintahan," kata Arsjad.

Baca Juga: Pj Gubernur Sulsel Jamin Anggaran KPU untuk Pilkada 2024

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya