Siapkan Berkasmu, Pemprov Sulsel Bakal Rekrut PPPK November 2022

Masih tunggu juknis pemerintah pusat

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) bakal merekrut pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Rencananya, proses rekrutmen akan dilaksanakan November 2022.

Hal tersebut diungkapkan Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel, Imran Jausi, di Makassar, Minggu (30/10/2022).

“Inshallah, satu hari dua hari ke depan ini segera kita umumkan. Kuota dan syarat penerimaan PPPK,” kata Imran Jausi.

1. Masih menunggu juknis pemerintah pusat

Siapkan Berkasmu, Pemprov Sulsel Bakal Rekrut PPPK November 2022Ilustrasi tenaga pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). (Dok. Pemprov Sulsel)

Imran mengatakan untuk pelaksanaan rekrutmen PPPK Pemprov Sulsel, pihaknya masih menunggu petunjuk teknis atau juknis dari pemerintah pusat dalam hal ini Badan Kepegawaian Nasional (BKN) dan Kementerian Pendayagunaan dan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Setelah juknis diterima, BKD Sulsel langsung mengumumkan jadwal rekrutmen.

“Pas itu ada langsung kita umumkan, termasuk kuotanya,” katanya.

2. Pegawai tidak tetap diprioritaskan

Siapkan Berkasmu, Pemprov Sulsel Bakal Rekrut PPPK November 2022Antara Foto/Adeng Bustomi

Terkait pegawai tidak tetap (PTT) yang telah lebih dulu bekerja di lingkup Pemprov Sulsel, Imran mengatakan bahwa kemungkinan besar mereka akan masuk skala prioritas. Hal ini dikhususkan untuk tenaga pendidik dan tenaga kesehatan dan tenaga teknis lainnya.

“Namun untuk tenaga umum, seperti administrasi dan lainnya akan dibuka secara umum, yaitu eksternal di luar PTT,” ujar Imran.

Baca Juga: Usulan Diterima, Sulsel Dapat Kuota 10.587 Formasi Penerimaan PPPK

3. Sulsel dapat jatah 10.587 formasi

Siapkan Berkasmu, Pemprov Sulsel Bakal Rekrut PPPK November 2022Para peserta seleksi CPNS Sulsel sesaat sebelum mengikuti tes SKD di CCC Makassar, Selasa (14/9/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Sejauh ini Pemprov Sulsel mendapat jatah sebanyak 10.587 formasi PPPK. Sebanyak 10.385 di antaranya adalah formasi guru, 29 jabatan fungsional kesehatan, dan 173 jabatan fungsional teknis.

Lebih lanjut Imran meminta para honorer, utamanya guru, agar memanfaatkan momentum seleksi PPPK kali ini. Hal ini mengingat bahwa pada seleksi sebelumnya, banyak kuota yang tidak terpenuhi.

"Ini harus dimanfaatkan betul-betul oleh guru kita, khususnya honorer, karena memang formasi ini didasarkan data dari Dapodik, artinya ini jadi kebutuhan riil. Sisa apakah guru yang daftar PPPK ini sudah memenuhi kualifikasi sesuai standar PPPK.

Baca Juga: PPPK Pemprov Sulsel Segera Terima SK, Ini Jadwalnya

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya