Comscore Tracker

Pemprov Sulsel Pulangkan Warga Jatim dan Jateng Korban Gempa Sulbar

Sebanyak 102 orang dipulangkan

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan memfasilitasi kepulangan warga Jawa Timur (Jatim) dan Jawa Tengah (Jateng) yang menjadi korban terdampak bencana gempa di Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar).

Pada Kamis (21/1/2021), sebanyak 102 korban gempa Sulbar asal Jatim dan Jateng dipulangkan ke daerahnya. Mereka dipulangkan melalui Lanud Hasanuddin. 

"Sudah kami koordinasikan dengan Dinas Sosial Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur, dan rencananya di tujuan nantinya rombongan pengungsi akan dijemput oleh Gubernur masing-masing," kata Plt Kepala Dinas Sosial Pemprov Sulsel, Gemala Faoza, Kamis. 

1. Pengungsi dari Sulbar sempat ditempatkan di Makassar

Pemprov Sulsel Pulangkan Warga Jatim dan Jateng Korban Gempa SulbarKorban gempa di Sulbar mengungsi di Kantor Dinsos Sulsel. IDN Times/Istimewa

Adapun 102 orang tersebut dengan rincian 54 orang warga Jateng dan 48 orang warga Jatim. Dinas Sosial Sulsel pun telah berkoordinasi dengan Dinas Sosial Jatim maupun Jateng mengenai kepulangan 102 orang tersebut.

Sebelum dipulangkan, mereka sempat ditempatkan di Asrama Haji Sudiang dan Kantor Pusat Pelayanan Rehabilitasi Sosial Anak (PPRSA) Inang Matutu di Makassar.

2. Pemprov Sulsel berupaya membantu korban gempa Sulbar

Pemprov Sulsel Pulangkan Warga Jatim dan Jateng Korban Gempa SulbarKorban gempa di Sulbar mengungsi di Kantor Dinsos Sulsel. IDN Times/Istimewa

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah mengatakan telah berkoordinasi dengan gubernur masing-masing kedua daerah tersebut. Menurutnya, pihaknya terus mengupayakan untuk melayani seluruh masyarakat dari Sulbar yang terkena musibah gempa.

"Karena di Sulbar ini ada banyak pendatang di sana. Saya kira kita harus mem-backup penuh. Dibanding mereka di pengungsian, di tempat kita masih jauh lebih baik seperti Asrama Haji," kata Nurdin di Kantor Gubernur Sulsel, Kamis (21/1/2021).

3. Semua biaya ditanggung pemerintah

Pemprov Sulsel Pulangkan Warga Jatim dan Jateng Korban Gempa SulbarKorban gempa di Sulbar mengungsi di Kantor Dinsos Sulsel. IDN Times/Istimewa

Sebelumnya, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah memang berencana untuk memulangkan warga terdampak gempa itu. Pemprov menanggung semua biaya kepulangan warga Jatim dan Jateng yang terkena dampak gempa bumi di Sulbar melalui jalur udara.

"Semua (biaya) atas tanggungan pemerintah provinsi. Jadi kalau mereka bisa kembali ke kampung bertemu dengan keluarga, mungkin trauma itu bisa terobati. Saya juga tadi berdiskusi dengan semuanya, para saudara-saudara kita dari Mamuju, mereka sebenarnya punya rumah juga di Jawa Timur, maupun yang Jawa Tengah," katanya.

Baca Juga: Kisah Perjuangan Marlina Melahirkan di Pengungsian Gempa Mamuju

4. #KitaIDN: Bantu Korban Bencana Alam Indonesia

Pemprov Sulsel Pulangkan Warga Jatim dan Jateng Korban Gempa Sulbar#KitaIDN

Pandemik yang belum kunjung reda dan bencana alam yang terjadi di beberapa wilayah di
Indonesia pada awal tahun 2021 ini membuat situasi di Tanah Air menjadi kian tak menentu. Hal tersebut mendorong IDN Media untuk menginisiasi sebuah gerakan penggalangan dana bagi mereka yang terdampak bencana alam. Oleh karenanya, IDN Media, melalui IDN Foundation, meluncurkan sebuah kampanye bertajuk #KitaIDN: Bantu Korban Bencana Alam Indonesia.

Banjir di Kalimantan Selatan, tanah longsor di Sumedang, gempa bumi di Sulawesi Barat,
banjir serta tanah longsor di Sulawesi Utara, dan erupsi Gunung Semeru adalah beberapa
contoh kasus bencana alam yang menjadi fokus utama IDN Media. Tak hanya kehilangan
segala kepemilikan yang bersifat material, sebagian di antara para korban bahkan harus
kehilangan anggota keluarga mereka. Untuk itu, IDN Media mengajak seluruh masyarakat
Indonesia untuk menyalurkan bantuan mereka melalui platform Kitabisa
https://kitabisa.com/campaign/kitaidnbantukorbanbencanaalam

Nantinya, hasil donasi yang telah terkumpul akan dialokasikan untuk pengadaan makanan,
sembako, obat-obatan, dan alat kebersihan diri bagi para korban bencana alam. Namun, tak terbatas pada hal tersebut, IDN Media, melalui penggalangan dana #KitaIDN: Bantu Korban Bencana Alam Indonesia, juga ingin turut serta membangkitkan rasa optimisme dan semangat satu sama lain untuk bersama-sama lalui masa sulit ini, karena kita Indonesia. #KitaIDN

Baca Juga: Listrik di Mamuju dan Majene Sulbar Kembali Normal usai Gempa

Topic:

  • Ashrawi Muin
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya