Comscore Tracker

Pemprov Sulsel Dorong Pemerataan Pembangunan di Kawasan Luwu Raya

Pemerintah fokus membuka akses transportasi 

Makassar, IDN Times - Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan komitmen Pemerintah Provinsi mendorong pemerataan pembangunan di daerah. Tak terkecuali kawasan Luwu Raya yang meliputi Kabupaten Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur, dan Kota Palopo.

Sudirman mengatakan, salah satu langkah proaktif adalah pengembangan Bandara Sorowako di Luwu Timur. Bandara yang sebelumnya milik PT Vale Indonesia itu sudah diserahkan ke Pemprov Sulsel.

"Proyeksi kita ke depan, bandara ini akan menjadi fasilitas yang bisa dinikmati oleh masyarakat Luwu, terutama di Luwu Timur," kata Sudirman pada acar halalbihalal Pengurus Besar Kerukunan Keluarga Luwu Raya (PB-KKL Raya) secara virtual, Rabu 9 Juni 2021 malam.

1. Pemerintah membuka akses transportasi seluas mungkin

Pemprov Sulsel Dorong Pemerataan Pembangunan di Kawasan Luwu RayaIlustrasi pesawat (Pesawat) (IDN Times/Arief Rahmat)

Sudirman menyebut Pemprov Sulsel berkomitmen menggalakkan pergerakan barang dan jasa di Luwu Raya. Selain itu, Pemprov juga berupaya membuka akses transportasi seluas mungkin, terutama di wilayah terisolasi.

Dia berharap pembukaan akses transportasi bakal berdampak baik pada perekonomian masyarakat setempat. Karena selama ini, pembangunan di Luwu Raya dianggap tidak merata.

"Serta kita terus mendorong pembangunan memudahkan aksesbilitas di Luwu Raya," katanya.

2. Infrastruktur irigasi pertanian turut jadi perhatian

Pemprov Sulsel Dorong Pemerataan Pembangunan di Kawasan Luwu Raya(Ilustrasi irigasi) ANTARA FOTO/Basri Marzuki

Sudirman juga menyinggung pembangunan Bendung Baliase di Luwu Utara. Bangunan itu disebut sebagai salah satu bendungan terbesar, karena mampu mengairi area persawahan hingga 21 ribu hektar.

"Ini merupakan investasi pemerintah pusat untuk masyarakat Luwu Raya. Jadi asetnya langsung dinikmati oleh oleh para petani. Jadi lumbung kedaulatan pangan tidak berhenti di Luwu," kata Sudirman.

3. Masyarakat Luwu Raya diajak sukseskan program pemerintah

Pemprov Sulsel Dorong Pemerataan Pembangunan di Kawasan Luwu RayaIDN Times/Humas Pemprov Sulsel

Sudirman mengajak Kerukunan Keluarga Luwu Raya untuk ikut berpartisipasi dalam membangun Sulsel. Dia menegaskan bahwa masukan maupun saran dari Luwu Raya menjadi cacatan dalam proyeksi pembangunan Sulsel ke depan.

Dalam beberapa bulan terakhir ini, kata dia, Pemprov Sulsel terus berupaya dalam membangun, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, upaya pemulihan ekonomi, serta penanganan pandemi COVID-19. Karenanya dia meminta kerja sama dari semua pihak terkait.

"Insyaallah ke depan kita saling bahu-membahu memberikan ide, masukan kepada kami untuk kesejahteraan masyarakat banyak," katanya.

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya