Comscore Tracker

Pemprov Sulsel Beri Hadiah Motor Kakek yang Jauh Bersepeda demi Vaksin

Diapresiasi Menkes dan Deddy Corbuzier

Makassar, IDN Times - Kisah Safaruddin (64), kakek yang rela mengayuh sepeda sejauh 15 km hanya untuk mengikuti vaksinasi mendapatkan apresiasi Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin.

Hal itu terlihat saat dia mendapatkan kesempatan mengikuti telekonferensi bersama Menkes di Kantor Gubernur Sulsel, Jumat (30/7/2021), didampingi Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman.

Selama telekonferensi berlangsung, Menkes Budi dan artis Deddy Corbuzier yang hadir secara virtual, bertanya beberapa hal kepada Safaruddin terkait alasan dia sangat bersemangat mengikuti vaksinasi.

"Pak Gubernur, senang kalau warganya sudah mau vaksin seperti beliau (Safaruddin). Mudah-mudahan lebih banyak lagi orang Makassar yang mau divaksin," kata Menkes Budi.

1. Safaruddin semangat divaksinasi karena takut Corona

Pemprov Sulsel Beri Hadiah Motor Kakek yang Jauh Bersepeda demi VaksinKakek Safaruddin yang mengayuh sepeda demi vaksinasi di Makassar, Jumat (30/7/2021). IDN Times/Ashrawi Muin

Saat Menkes Budi menanyakan apa alasan Safaruddin begitu semangat mengikuti vaksinasi hingga rela menempuh jarak 15 km, Safaruddin mengaku memang ingin divaksinasi karena tidak ingin terpapar COVID-19.

"Saya memang sengaja mau vaksin walaupun (bersepeda) 15 kilo. Takut kena Corona," kata Safaruddin.

Safaruddin mengaku masih banyak orang di lingkungan sekitarnya yang belum divaksinasi karena alasan takut. Dia juga mengaku pernah ditakut-takuti soal vaksin.

"Teman-teman takut vaksin. Tapi saya tetap berani karena saya yakin kalau divaksin tidak kena Corona," katanya.

2. Menempuh waktu 1,5 jam perjalanan

Pemprov Sulsel Beri Hadiah Motor Kakek yang Jauh Bersepeda demi VaksinKakek Safaruddin (kanan) bersama Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, Jumat (30/7/2021). IDN Times/Ashrawi Muin

Deddy Corbuzier juga menanyakan berapa lama waktu yang ditempuh Safaruddin untuk mencapai lokasi vaksinasi di NIPAH mall. Safaruddin menjelaskan perjalanannya dari rumahnya di Jalan Kerung-kerung menuju tempatnya bekerja di Jalan Minasa Upa yang jaraknya sekitar 8,3 km.

Di sana, dia bekerja sebagai pencuci motor. Dia sengaja ke tempat kerja dulu untuk meminta izin kepada atasannya lantaran tak punya ponsel. Dari tempat kerjanya, barulah dia bersepeda menuju NIPAH mall yang jaraknya sekitar 8,8 km.

Safaruddin menghabiskan waktu 1,5 jam untuk mengikuti vaksinasi dari rumahnya ke NIPAH mall. Dari sini, Dedy Corbuzier pun berkelakar bahwa Safaruddin seharusnya diberikan sepeda motor oleh Pemprov Sulsel.

"Pak Safar, di sampingnya ada Pak Gubernur tuh. Tanya dong, Pak saya udah minta orang-orang buat vaksin, saya dibeliin motor dong Pak. Ayo ngomong Pak," kata Deddy.

3. Plt Gubernur beri motor buat Safaruddin

Pemprov Sulsel Beri Hadiah Motor Kakek yang Jauh Bersepeda demi VaksinKakek Safaruddin (kanan) bersama Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, Jumat (30/7/2021). IDN Times/Ashrawi Muin

Plt Gubernur pun langsung menjawab pertanyaan itu dengan memastikan akan ada motor buat Safaruddin.

"Aman motornya. Ini kan jadi inspirator bagi kita semua bahwa orang tua mau vaksin dan tidak takut karena menurut data 95 persen yang tidak divaksin itu yang meninggal banyak," kata Sudirman.

Sudirman pun menyampaikan harapannya kepada Menkes supaya stok vaksin terus tersedia. Dengan begitu, vaksinasi bisa terus berjalan.

"Animo masyarakat Sulsel kuat untuk divaksin. Sisa kita tentu berharap mudah-mudahan mendapatkan prioritas untuk divaksin," kata Sudirman.

Baca Juga: Pengakuan Kakek yang Viral Bersepeda 15 Km Demi Vaksinasi di Makassar

4. Safaruddin ajak masyarakat divaksinasi

Pemprov Sulsel Beri Hadiah Motor Kakek yang Jauh Bersepeda demi VaksinKakek Safaruddin (kanan) bersama Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, Jumat (30/7/2021). IDN Times/Ashrawi Muin

Safaruddin yang ditemui wartawan setelah mengikuti telekonferensi tersebut mengaku tak pernah menyangka bisa berbicara langsung dengan Menkes walaupun secara virtual.

Dia juga sangat senang karena Pemprov Sulsel bersedia memberikan sepeda motor untuknya. Karena itu, dia mengajak masyarakat untuk mau divaksinasi.

"Marilah patuhi protokol kesehatan supaya ikut vaksin karena vaksin adalah kebaikan juga masing-masing," kata Safaruddin.

Baca Juga: Viral, Kakek di Makassar Bersepeda 15 Km untuk Divaksin

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya