Comscore Tracker

Pemkot Makassar Lelang Dini Proyek Infrastruktur Tahun 2023 

Tak mau ada proyek mandek seperti tahun 2022

Makassar, IDN Times - Pemerintah Kota Makassar akan segera melaksanakan lelang dini untuk sejumlah proyek infrastruktur. Hal itu disampaikan Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto dalam rapat koordinasi di Balai Kota, Selasa (29/11/2022).

Danny Pomanto menjelaskan sejumlah program dan proyek di tahun 2022 harus segera digenjot mengingat penyerapan anggaran belum mencapai 50 persen. Program strategis harus digarap dengan serius agar bisa rampung di tahun 2023 sehingga lelang atau tender dini harus dipercepat.

“Ini harus cepat tendernya karena kita tidak mau keteteran penyerapan rendah lagi di tahun 2023,” kata Danny.

1. Pemkot punya 18 program strategis di 2023

Pemkot Makassar Lelang Dini Proyek Infrastruktur Tahun 2023 Ilustrasi Infrastruktur (IDN Times/Arief Rahmat)

Danny Pomanto menyebutkan ada 18 program strategis yang menjadi fokus di tahun 2023. Beberapa di antaranya adalah proyek infrastruktur yang tidak terealisasi di tahun 2022 yaitu Revitalisasi Karebosi, Japparate, Smart Panyingkulu, dan Makassar Core City Arena (MACCA). 

Danny cukup tegas soal program strategis tersebut dengan memberikan jangka waktu kepada OPD yang bertanggungjawab agar melaksanakan tender dini pada pekan pertama bulan Desember tahun ini.

"Kan penyakit kita cepat diketuk tapi bulan 6 baru ditender. Saya tidak kasih ampun ini. Saya akan kawal satu-satu sehingga semua proyek strategis kita selesai, termasuk yang terakhir masalah koordinasi," ucap Danny.

2. Lelang dini ditargetkan selesai Desember

Pemkot Makassar Lelang Dini Proyek Infrastruktur Tahun 2023 Kepala Bappeda Kota Makassar Helmy Budiman. IDN Times/Asrhawi Muin

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan (Bappeda) Kota Makassar, Helmy Budiman, menjelaskan memang baru 4 proyek yang diumumkan dari 18 proyek yang dimaksud. Sisanya, nanti akan disampaikan ke publik setelah APBD 2023 disetujui. 

Menurut Helmy, tidak ada persyaratan khusus untuk lelang dini. Prosesnya sama seperti lelang pada umumnya, hanya saja dilaksanakan lebih cepat sebelum memasuki tahun anggaran baru.

"Harapannya, bulan 12 selesai semua tender. Begitu masuk anggaran 2023, Januari-Februari sudah ada pemenang," katanya.

3. Sejumlah proyek gagal dieksekusi

Pemkot Makassar Lelang Dini Proyek Infrastruktur Tahun 2023 Kawasan kuliner Kanrerong di Lapangan Karebosi Makassar. IDN Times/Asrhawi Muin

Selain Macca, japparate dan revitalisasi Karebosi, ada beberapa proyek fisik yang direncanakan tahun ini namun gagal dieksekusi. Di antaranya yaitu Sirkuit Untia, Mal Pelayanan Publik (MPP), pembangunan Rumah Sakit Jumpandang Baru, hingga revitalisasi Pantai Losari.

Terkait hal ini, Helmy mengakui hal tersebut karena beberapa kendala. Salah satunya karena beberapa dokumen administrasi yang belum terpenuhi seperti Amdalalin dan sebagainya.

"Perencanaannya belum detail sehingga teman ULP (Unit Layanan Pengadaan) menyatakan dokumennya belum lengkap," katanya.

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya