Masjid Kubah 99 Makassar Mulai Dibenahi Jelang Ramadan

Pemprov Sulsel berharap masjid di CPI jadi tempat tarawih

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan terus membenahi  Masjid Kubah 99 Asmaul Husna Makassar jelang bulan Ramadan. Masjid di kawasan reklamasi Center Point of Indonesia (CPI) itu diharapkan bisa dioptimalkan untuk beribadah.

"Insyaallah memang kami benahi Masjid 99 Kubah karena juga tahap perampungan dari Dinas Pekerjaan Umum untuk kubahnya," kata Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Pemprov Sulsel, Iqbal Jamaluddin, Selasa (7/2/2023).

Baca Juga: Pembangunan Masjid 99 Kubah Makassar Dilanjut, Dianggarkan Rp45 Miliar

1. Pembangunan tak menganggu aktivitas ibadah

Masjid Kubah 99 Makassar Mulai Dibenahi Jelang RamadanMasjid Kubah 99 Asmaul Husna di CPI Makassar sudah mulai digunakan. (Dok. Humas Sulsel)

Pembangunan Masjid 99 Kubah ini memang belum 100 persen rampung. Akan tetapi, masjid ini telah digunakan beribadah sejak diresmikan tahun 2022 lalu termasuk untuk salat lima waktu.

Pembangunan yang terus berjalan dianggap tidak menggangu aktivitas beribadah jemaah. Hingga kini, pembangunan terus berlanjut sedangkan jemaah masih bisa beribadah.

"Ahamdulilah kalau kondisi dalam masjid yang sementara sering dipakai sekarang itu tetap kita masih jalan," kata Iqbal.

2. Disiapkan untuk salat tarawih dan salat id

Masjid Kubah 99 Makassar Mulai Dibenahi Jelang RamadanSuasana salat Idul Adha di pelataran Masjid Kubah 99 Asmaul Husna dan pelataran Lego-lego di CPI Makassar, Minggu (10/7/2022). Humas Pemprov Sulsel

Masjid 99 Kubah disiapkan untuk pelaksanaan salat tarawih sama seperti tahun lalu. Bukan hanya itu, masjid ini juga telah disiapkan untuk salat Idul Fitri.

"Jadi kami sekarang sedang membenahi dan terkait juga dengan masalah untuk pengisian ceramah Ramadan, kami sudah susun memang dan bekerja sama dengan Majelis Ulama," ucap Iqbal.

3. Pengurus siapkan perlengkapan ibadah

Masjid Kubah 99 Makassar Mulai Dibenahi Jelang RamadanSejumlah pengunjung menuruni tangga di pelataran Masjid 99 Kubah di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (14/4/2022). Masjid dengan jumlah kubah sebanyak 99 buah tersebut menjadi salah satu destinasi wisata religi yang dikunjungi wisatawan khususnya umat muslim saat bulan Ramadhan 1443 H. ANTARA FOTO/Arnas Padda/foc.

Menurut Iqbal, para pengurus Masjid 99 Kubah telah jauh hari menyiapkan berbagai perlengkapan dan sarana demi kenyamanan beribadah umat Islam. Dengan demikian, masyarakat tidak perlu khawatir dengan kondisi beribadah di masjid ini.

"Misalnya untuk jemaah perempuan kita siapkan mukena kalau tidak bawa. Kita siapkan juga hijabnya yang sudah dipasang dengan bagus. Karpet-karpet juga sudah kita rapikan segala macam," katanya. 

Baca Juga: 10 Potret Masjid 99 Kubah di Makassar, Arsitektur Bangunannya Megah

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya