Hari ini Menkumham Yasonna Laoly Mengajar di SD Makassar

Lima menteri Kabinet Indonesia Maju diagendakan hadir

Makassar, IDN Times - Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly kunjungan kerja di Makassar, Sulawesi Selatan hari ini, Rabu (28/9/2022). Dalam kunjungannya, ada beberapa agenda yang rencananya akan dihadiri Menkumham. 

Rangkaian agenda yang akan digelar dalam kunjungan ini yaitu Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Mengajar dengan lokasi kegiatan di SD Inpres Percontohan PDAM Jalan Sam Ratulangi. Lalu kegiatan Yasonna Mendengar di Universitas Negeri Makassar (UNM) dan Roving Seminar di Hotel Four Point.

"Kegiatan ini akan diikuti sebanyak 5.000 pelajar tingkat dasar, serta melibatkan 300 lebih pelaku UMKM yang hadir secara offline dan online," kata Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Sulsel, Liberti Sitinjak, Selasa (27/9/2022).

1. Membahas tentang HAKI bagi UMKM

Hari ini Menkumham Yasonna Laoly Mengajar di SD MakassarIlustrasi UMKM. (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)

Pada kegiatan Roving Seminar, kata Liberti, akan ada pembahasan UMKM di Sulawesi terkait Hak Kekayaan Intelektual (HAKI). Para pelaku UMKM yang telah terdaftar HAKI akan menghadiri kegiatan tersebut.

"Selanjutnya bagaimana kesiapan unsur pemerintah daerah. Karena ini adalah bagian kegiatan Kemenkumham setelah pandemi COVID-19 dalam rangka memunculkan motivasi masyarakat menggeliatkan kembali ekonomi," kata Liberti.

2. Lima menteri dijadwalkan hadir di Makassar

Hari ini Menkumham Yasonna Laoly Mengajar di SD MakassarIDN Times/Linda Juliawanti

Agenda Roving Seminar juga akan dihadiri lima menteri. Selain Menteri Hukum dan HAM, akan hadir pula empat menteri lainnya sebagai narasumber.

Empat menteri itu yakni Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, Menteri Kooperasi dan UMKM Teten Masduki, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, serta Menteri Pendidikan Riset Kebudayaan dan Teknologi Nadiem Makarim. Kedatangan para menteri ini dikonfirmasi oleh Sekretaris Daerah Sulsel Abdul Hayat Gani.

"Sampai saat ini terkonfirmasi hadir. Masing-masing ada sinergitas dan kita harapkan kolaboratif untuk mendukung sepenuhnya," ucap Liberti.

3. Lima gubernur dari Indonesia Timur rencana hadir

Hari ini Menkumham Yasonna Laoly Mengajar di SD MakassarIDN Times/Abdurrahman

Selain lima menteri, kegiatan Roving Seminar juga akan dihadiri lima gubernur dari Kawasan Indonesia Timur. Mereka adalah Gubernur Sulsel selaku tuan rumah, Gubernur Maluku, Gubernur Maluku Utara, Gubernur Papua, dan Gubernur Papua Barat.

"Kegiatan ini dalam rangka mengawal hak intelektual dari Pemprov, dari masyarakat, kemudian ada seremoni Yasonna Mendengar, DJKI Mengajar, dan seminar. Dari 34 Provinsi di Indonesia, ada lima diantaranya hadir termasuk Sulsel," kata Liberti.

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya