Enam Daerah di Sulsel Penuhi Syarat Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun

Tapi Sulsel belum dapat jatah vaksinasi anak

Makassar, IDN Times - Provinsi Sulawesi Selatan secara keseluruhan memang belum mendapatkan jatah vaksin COVID-19 untuk anak-anak. Namun Dinas Kesehatan melaporkan, saat ini terdapat enam kabupaten/kota yang telah memenuhi syarat vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun. 

Daerah tersebut adalah Kabupaten Luwu, Luwu Timur, Luwu Utara, Soppeng, Toraja Utara, dan Kota Palopo. Daerah-daerah tersebut telah memenuhi syarat 70 persen capaian dosis pertama dan 60 persen vaksinasi lansia.

Hal tersebut merujuk pada surat Kementerian Kesehatan nomor SR.02.06/11/165/2022 tentang pelaksanaan vaksinasi COVID-19 pada anak 6-11 tahun. 

1. Sulsel belum dapat jatah vaksin untuk anak-anak

Enam Daerah di Sulsel Penuhi Syarat Vaksinasi Anak Usia 6-11 TahunIlustrasi vaksinasi COVID-19 (Antara FOTO)

Plt Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Arman Bausat, mengatakan Sulsel belum mendapatkan jatah untuk vaksinasi anak. Karena secara keseluruhan, Sulsel belum memenuhi syarat menuntaskan vaksinasi lansia meskipun vaksinasi dosis satu telah tercapai.

"Lansia baru 53 persen. Jadi belum bisa untuk anak-anak. Tapi sudah ada kabupaten yang bisa," katanya.

Adapun capaian vaksinasi di Luwu yaitu 89,78 persen dosis satu umum dan lansia 104,80 persen. Luwu Timur 80,33 persen dosis satu dan lansia 66,18 persen. Luwu Utara 71,71 persen dosis satu dan lansia 72,44 persen.

Kemudian, Soppeng 82,58 persen dosis pertama dan lansia 65,39 persen. Toraja Utara 86,37 persen dosis pertama dan lansia 68,29 persen. Kemudian, Palopo 76,34 persen dosis satu dan lansia 61,27 persen.

2. Palopo bersiap laksanakan vaksinasi anak

Enam Daerah di Sulsel Penuhi Syarat Vaksinasi Anak Usia 6-11 TahunIlustrasi vaksinasi siswa (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Sementara itu, Pemerintah Kota Palopo pun kini bersiap menjalankan vaksinasi anak usia 6-11 tahun. Wali Kota Palopo, Judas Amir, mengatakan masih membahas secara teknis pelaksanaan dan jadwal vaksinasi anak.

"Saya kira setelah rampung ini, usia lanjut masyarakat pada umumnya dan seterusnya. Sekarang ini sudah ada perintah lagi untuk vaksin anak umur 6-11 tahun. Itu insyaallah saya kira tidak ada masalah," kata Judas saat ditemui di Kantor Gubernur Sulsel, Rabu (5/1/2022).

Baca Juga: Sulsel Belum Bisa Vaksinasi Anak Usia 6-17 Tahun

3. Wali kota Palopo pastikan vaksinasi anak bakal lancar

Enam Daerah di Sulsel Penuhi Syarat Vaksinasi Anak Usia 6-11 TahunIlustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Jojon)

Menurut Judas, pihaknya sudah siap melaksanakan vaksinasi anak usia 6-11 tahun. Apalagi capaian vaksinasi di daerah ini juga telah sesuai syarat yaitu vaksinasi dosis pertama lebih dari 70 persen dan vaksinasi lansia lebih dari 60 persen.

Dia memastikan fasilitas kesehatan maupun vaksinator siap melaksanakan vaksinasi anak usia 6-11 tahun. Menurutnya, vaksinasi anak tidak akan sesulit vaksinasi orang dewasa.

"Lebih susah orang tua. Pokoknya, tunggu saja tanggal mainnya. Kita wajib vaksin," kata Judas.

Baca Juga: Sulsel Belum Dapat Kuota Vaksinasi Anak 6-11 Tahun

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya