Comscore Tracker

Kebakaran di Kerung-Kerung Makassar, 11 Rumah Hangus Dilalap Api

Kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah

Makassar, IDN Times - Kebakaran menghanguskan 11 rumah warga di Lorong 41, Jalan Veteran Utara, Inspeksi Kanal Kerung-Kerung, Kecamatan Makassar, Kota Makassar, pada Selasa (21/9/2021) malam.

"Ada 11 rumah terbakar, dengan 21 Kepala Keluarga. Belum diketahui penyebab kebakaran, namun diduga arus pendek (korsleting)," ungkap Komandan Kompi Dinas Pemadaman Kebakaran Makassar Rustam Jufri, seperti dilansir ANTARA.

1. Kebakaran di Kerung-Kerung Makassar dilaporkan terjadi pada pukul 18.00 WITA

Kebakaran di Kerung-Kerung Makassar, 11 Rumah Hangus Dilalap ApiIlustrasi Penanganan Kebakaran oleh Pemadam Kebakaran. (IDN Times/Persiana Galih)

Kebakaran di kawasan padat penduduk itu terjadi sekitar pukul 18.00 WITA. Usai menerima laporan, kebakaran baru bisa dijinakkan satu jam kemudian oleh tim damkar dengan bantuan penduduk setempat.

Pihak Damkar Makassar sendiri menurunkan 77 personel dengan 23 armada mobil. Sementara penduduk di daerah Inspeksi Kanal membantu dengan menggunakan air kali yang berada dekat lokasi kejadian.

2. Seluruh rumah yang hangus terbuat dari kayu dan semi-permanen

Kebakaran di Kerung-Kerung Makassar, 11 Rumah Hangus Dilalap ApiIlustrasi Kebakaran (IDN Times/Arief Rahmat)

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini. Tapi sejumlah barang berharga milik warga ikut ludes dalam amukan api. Kerugian material korban masih dihitung, namun ditaksir nilainya mencapai ratusan juta rupiah. Selain itu, seluruh rumah yang terbakar diketahui berbahan kayu dan semi-permanen.

Di sisi lain, Damkar Kota Makassar turut mengonfirmasi ada tiga kebakaran selain di Kerung-Kerung terjadi pada Selasa malam (21/9/2021).

Baca Juga: Cerita Korban Kebakaran di Makassar yang Rumahnya Tinggal Puing

3. Ada tiga laporan kebakaran yang juga diterima damkar pada malam yang sama

Kebakaran di Kerung-Kerung Makassar, 11 Rumah Hangus Dilalap ApiPetugas pemadam kebakaran melakukan proses pendinginan pada permukiman padat penduduk yang terbakar di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (21/9/2021) malam. (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Pertama menimpa sebuah rumah di Jalan Bontomanai, Kelurahan Bulurokeng, Kecamatan Biringkanaya. Dugaan awal sumber api adalah aktivitas pembakaran sampah.

Kedua, kebakaran yang menimpa sebuah gubuk di wilayah Villa Mutiara, Kelurahan Bulurokeng, Kecamaran Biringkanaya.

Kemudian yang ketiga yakni di kebun bambu tepat di dekat kampus Universitas Pejuang Republik Indonesia (UPRI) di Jalan Nipa-nipa, Kelurahan Antang, Kecamatan Manggala. Tak ada korban jiwa di seluruh kejadian tersebut.

Baca Juga: Ada 94 Kasus Kebakaran di Makassar, Didominasi Korsleting

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya