[FOTO] Banjir di Makassar, Siswa Terpaksa Naik Perahu ke Sekolah

Beberapa ruas jalan utama kembali terendam

Makassaar, IDN Times - Hujan lebat yang mengguyur Kota Makassar sejak Minggu sore (5/12/2021) merendam sebagian ruas jalan arteri pada hari Senin ini (6/12/2021). Antara lain Jalan Sultan Alauddin, Jalan Andi Pangerang Pettarani, Jalan Yusuf Daeng Ngawing, Jalan Paccerakkang serta Jalan Raya Pendidikan yang memang jadi langganan banjir. Kemacetan pun tak terhindarkan, membuat barisan kendaraan mengular cukup jauh.

Pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar sendiri telah menerbitkan peringatan potensi cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) pada Sabtu silam (4/12/2021). Para penduduk di pesisir Barru, Parepare dan Pinrang bahkan diminta waspada dengan kemungkinan banjir rob.

Bagaimana dengan kondisi sejumlah titik Kota Makassar? Berikut IDN Times menghimpun foto-foto yang dirilis oleh kantor berita ANTARA sepanjang hari ini.

1. Sejumlah pengendara nekat menerobos banjir yang merendam ruas Jalan Talasalapang di wilayah Kelurahan Karunrung, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar, pada Senin sore (6/12/2021)

[FOTO] Banjir di Makassar, Siswa Terpaksa Naik Perahu ke SekolahPengendara menerobos banjir yang merendam ruas Jalan Talasalapang di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (6/12/2021). ANTARA FOTO/Arnas Padda/yu/aww.

2. Ketinggian air di sejumlah titik banjir Kota Makassar bervariasi, mulai dari semata kaki hingga lutut orang dewasa. Kemacetan pun tak terhindarkan, memaksa banyak pengendara putar balik

[FOTO] Banjir di Makassar, Siswa Terpaksa Naik Perahu ke SekolahPengendara menerobos banjir yang merendam ruas Jalan Talasalapang di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (6/12/2021). ANTARA FOTO/Arnas Padda/yu/aww

3. Sejumlah murid pergi ke sekolah menggunakan perahu untuk melintasi area persawahan yang terendam banjir di Kelurahan Tamangapa, Kota Makassar, Senin pagi (6/12/2021)

[FOTO] Banjir di Makassar, Siswa Terpaksa Naik Perahu ke SekolahSejumlah murid naik perahu saat melintasi area persawahan yang terendam banjir di Kelurahan Tamangapa, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (6/12/2021). ANTARA FOTO/Arnas Padda/yu/wsj.

4. Meski banjir, anak-anak sekolah di Kelurahan Tamangapa tetap bersekolah meski harus menggunakan perahu lantaran akses jalan menuju sekolah terendam banjir yang cukup tinggi

[FOTO] Banjir di Makassar, Siswa Terpaksa Naik Perahu ke SekolahSejumlah murid naik perahu saat melintasi area persawahan yang terendam banjir di Kelurahan Tamangapa, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (6/12/2021). ANTARA FOTO/Arnas Padda/yu/wsj.

5. Area persawahan di Kelurahan Tamangapa, yang berada di pinggiran Kota Makassar, memang kerap terendam jika hujan lebat. Ini pun mengancam hasil panen para petani

[FOTO] Banjir di Makassar, Siswa Terpaksa Naik Perahu ke SekolahSeorang murid turun dari atas perahu di Kelurahan Tamangapa, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (6/12/2021). ANTARA FOTO/Arnas Padda/yu/wsj.

Berbicara saat meninjau kondisi banjir di Kelurahan Paccerakkang pada Senin siang (6/12/2021), Wali Kota Moh. Ramdhan "Danny" Pomanto mengakui banjir di ruas-ruas jalan utama Kota Makassar disebabkan buruknya efektivitas drainase.

Karena itu, ia berjanji segera memperbaiki saluran air untuk meminimalisir banjir ke depannya.

"Semua itu saya perbaiki semua, termasuk drainase. Drainase adalah bagian dari maintenance. Saya akan aktifkan semua dana untuk betul-betul menjamin kinerja drainase kita berjalan maksimal," ungkapnya.

Danny turut menyebut bahwa penggalian sungai sejak April 2021 bisa membuat penduduk daerah Paccerakkang bisa sedikit lebih lega. Tinggi debit air disebut terpantau aman meski alami kenaikan.

"Kita bisa buktikan di musim hujan, karena kita gali April baru kita buktikan sekarang. Maka dengan itu, kita akan gali lagi kembali lebih dalam. Dua jembatan yang menghalangi aliran air kita akan perbaiki," tuturnya.

Hingga berita ini ditulis pada Senin tengah malam, hujan deras masih mengguyur Kota Makassar.

Baca Juga: Hujan Guyur Makassar, Drainase Buruk, Sejumlah Ruas Jalan Utama Banjir

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya