Comscore Tracker

Sesuai Prediksi, Arus Mudik 2019 di Bandara Hasanuddin Lebih Sepi  

Penurunan penumpang pada H-7 mencapai 23 persen lebih

Makassar, IDN Times - Pergerakan penumpang pada masa mudik Lebaran tahun 2019 di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan, lebih sepi dibandingkan tahun sebelumnya. Jumlah penumpang yang datang maupun berangkat cenderung menurun, seiring mahalnya harga tiket pesawat.

Sepinya aktivitas penumpang terlihat pada data Posko Terpadu Monitoring Angkutan Lebaran, sepanjang Kamis (30/5). Pada H-6 hari raya Idul Fitri, tercatat jumlah penumpang 37.377 orang. Jumlah itu menurun 13 persen dibandingkan tahun 2018, dengan penumpang mencapai 42.958 orang.

Sebelumnya pada H-7, penurunan penumpang juga terjadi signifikan. Saat itu jumlah penumpang 32.059 orang, atau menurun 23,3 persen dibandingkan tahun lalu. 

"Sesuai prediksi kami, trennya negatif," kata General Manager Airnav Indonesia Cabang Utama Makassar Novy Pantaryanto di Makassar, Jumat (31/5).

1. Penumpang yang berangkat turun signifikan

Sesuai Prediksi, Arus Mudik 2019 di Bandara Hasanuddin Lebih Sepi  ap1.co.id

Berdasarkan data Posko, terlihat bahwa pada H-6 lebaran jumlah penumpang yang datang ke Bandara Hasanuddin tidak terlalu turun drastis. Dari 20.800 penumpang pada tahun 2018, kemudian turun 6,9 persen, yakni 19.441 penumpang di tahun ini.

Penurunan drastis justru terlihat pada penumpang yang berangkat dari bandara ini. Dari 13.662 penumpang tahun lalu, turun 24,7 persen, yakni 10.289 penumpang di tahun 2019. Sedangkan penumpang yang transit juga tercatat turun 15,6 persen pada masa yang sama.

Baca Juga: Airnav Prediksi Arus Mudik via Udara Tahun Ini Lebih Sepi

2. Pergerakan pesawat juga ikut berkurang

Sesuai Prediksi, Arus Mudik 2019 di Bandara Hasanuddin Lebih Sepi  IDN Times/Yogi Pasha

Tak hanya aktivitas penumpang, pergerakan pesawat di Bandara Hasanuddin pada masa mudik lebaran juga menurun. Novy menyebutkan, pada hari-hari jelang lebaran tahun 2018 tercatat 360 pergerakan pesawat per hari. Namun tahun ini jumlahnya menurun menjadi sekitar 260 pergerakan per hari.

Pada H-6, pesawat yang datang ke Bandara Hasanuddin sebanyak 152. Jumlah itu turun 12,1 persen dari tahun lalu. Sedangkan pesawat yang berangkat sebanyak 172 atau turun 12,2 persen dibandingkan tahun lalu.

3. Tren negatif berbanding terbalik dengan empat tahun terakhir

Sesuai Prediksi, Arus Mudik 2019 di Bandara Hasanuddin Lebih Sepi  IDN Times/Holy Kartika

Sebelumnya, General Manager PT Angkasa Pura I Wahyudi mengakui aktivitas penumpang di Bandara Hasanuddin jelang lebaran tahun ini lebih sepi. Kondisi ini berkebalikan dengan masa lebaran empat tahun terakhir. Saat itu, aktivitas penumpang selalu tumbuh positif.

"Perbandingan dalam kurun lima tahun terakhir, tahun ini memang sangat drastis penurunannya. Padahal sebelumnya, pertumbuhannya selalu positif, sekitar 13 persen," kata Wahyudi.

Angkasa Pura berharap kebijakan Pemerintah menetapkan batas atas tarif angkutan udara, bisa meningkatkan kembali minat masyarakat menggunakan pesawat. "Karena jumlah penerbangan semakin sedikit, orang yang gunakan uangnya di bandara juga makin sedikit. Kami harap kebijakan pemerintah bisa sebagai pemantik," dia menerangkan.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya