Mau Ikut Berlayar dan Berkeliling Kapal Perang TNI AL? Ini Agendanya

Naval Base Open Day (NBOD) digelar 6-7 September 2019

Makassar, IDN Times - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VI akan menggelar pembukaan basis militer untuk umum atau Naval Base Open Day (NBOD) pada 7-8 September 2019. Kegiatan ini untuk memeriahkan hari ulang tahun ke-74 TNI AL tahun 2019.

Pada ajang NBOD itu, masyarakat umum bisa berkunjung dan melihat lebih dekat aktivitas prajurit TNI AL. Kegiatan digelar di Pantai Jalaria dan dermaga layang Mako Lantamal VI. Pembukaan basis militer untuk umum merupakan agenda yang rutin digelar setiap tahun.

Baca Juga: Disebut Kapal Siluman, Begini Kekuatan KRI I Gusti Ngurah Rai

1. Dibuka open ship dan joy sailing sembari berlayar menikmati keindahan laut Makassar

Mau Ikut Berlayar dan Berkeliling Kapal Perang TNI AL? Ini AgendanyaIDN Times/Istimewa

Ketua Panitia Penyelenggara NBOD Lantamal VI Komandan Satuan Patroli (Dansatrol) Lantamal VI Kolonel Laut (P) Victor Pardamean Y. Siagian mengatakan, ada dua agenda utama yang bisa diikuti masyarakat, yakni open ship atau berkeliling kapal perang serta joy sailing atau tur laut dengan kapal perang.

Selama kegiatan, pengunjung berkesempatan melihat bagian-bagian utama di kapal perang andalan Lantamal VI, seperti ruang anjungan, senjata kapal perang, geladak haluan dan buritan. Aktivitas itu dilakukan sembari berlayar menikmati keindahan laut Kota Makassar.

Open ship dan joy sailing tersebut merupakan salah satu peran Lantamal VI dalam upaya menumbuhkan jiwa bahari kepada masyarakat dan generasi penerus bangsa,” kata Victor di Makassar, Selasa (3/9).

2. Panitia gelar lomba dayung perahu naga

Mau Ikut Berlayar dan Berkeliling Kapal Perang TNI AL? Ini AgendanyaANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

Untuk memeriahkan HUT ke-74 TNI AL, Lantamal VI juga menggelar lomba dayung perahu naga. Perlombaan ini memperebutkan Piala Danlantamal VI dan akan jadi tontonan masyarakat pada pelaksanaan NBOD nanti.

Menurut Victor, lomba dayung akan jadi tontonan menarik, mengingat pengendalian perahu naga dikenal memiliki tingkat kesulitan tinggi. Pesertanya membutuhkan latihan, stamina, dan semangat tinggi agar dapat menang.

“Digelarnya lomba dayung perahu naga mendukung program Pemerintah Kota Makassar untuk menjaring bibit-bibit atlet unggul di cabang olahraga dayung,” Victor menambahkan.

3. NBOD dibuka seluas mungkin bagi masyarakat umum

Mau Ikut Berlayar dan Berkeliling Kapal Perang TNI AL? Ini AgendanyaIDN Times/Istimewa

Panitia Naval Base Open Day Lantamal VI menyatakan open ship dan joy sailing bisa diikuti oleh masyarakat umum secara gratis. Panitia membuka akses seluas mungkin kepada setiap pengunjung.

Untuk memaksimalkan partisipasi, panitia gencar bersosialisasi dengan memasng spanduk pengumuman di jalan-jalan utama Kota Makassar. Informasi tentang kegiatani ini juga dibagikan lewat berbagai saluran media sosial.

“Diharapkan dengan serbuan publikasi ini, penyampaian event akbar NBOD Lantamal VI kepada masyarakat umum di kota maupun dari luar Makassar dapat lebih maksimal dan tersebar luas,” kata Victor.

Baca Juga: Begini Rasanya Masuk Kapal Siluman, KRI I Gusti Ngurah Rai

Topik:

  • Aan Pranata
  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya