KPU Makassar Batasi Massa Pendukung pada Pendaftaran Bakal Calon

Cuma 15 orang termasuk pasangan balon yang bisa masuk

Makassar, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar membatasi jumlah orang, pada pendaftaran pasangan bakal calon Pilkada, yang dibuka pada 4-6 September 2020. Pendaftaran digelar di Kantor KPU Makassar, Jalan Perumnas Raya Antang, Kecamatan Manggala.

Komisioner KPU Makassar Gunawan Mashar mengatakan, pihaknya membatasi orang yang masuk bersama bakal calon ke halaman kantor. Selain alasan keamanan, pembatasan juga untuk menghindari penumpukan massa di situasi pandemik.

“Yang bisa masuk di halaman KPU maksimal 15 orang,” kata Gunawan kepada wartawan di Makassar, Kamis (27/8/2020).

Baca Juga: KPU Makassar Luncurkan Jaringan Pengaduan Pelanggaran Pilkada 2020

1. Protokol kesehatan diterapkan ketat

KPU Makassar Batasi Massa Pendukung pada Pendaftaran Bakal CalonIlustrasi cuci tangan. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Gunawan menerangkan, bakal calon dan pendampingnya wajib menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 sejak masuk ke halaman Kantor KPU Makassar. Begitu juga saat masuk ke ruang pendaftaran.

Semua orang di area kantor wajib mengenakan masker dan kaos tangan. Sebelum masuk, setiap orang diperiksa dengan pengukur suhu dan mencuci tangan. Jarak duduk diatur minimal 1 meter, dan sebelum masuk ruangan disterilisasi.

“Dokumen yang dibawa dibungkus plastik dan disemprot disinfektan. Dan alat tulis wajib bawa sendiri-sendiri,” ucapnya.

2. KPU siapkan layar untuk massa pendukung

KPU Makassar Batasi Massa Pendukung pada Pendaftaran Bakal CalonAnggota KPU Makassar Gunawan Mashar. IDN Times/Aan Pranata

KPU Makassar mengimbau massa pendukung bakal calon agar tidak ikut datang saat pendaftaran. Itu supaya tidak terjadi penumpukan massa di sekitar lokasi.

Meski begitu, orang-orang yang tidak bisa masuk ke area kantor tetap bisa menyaksikan prosesi pendaftaran. KPU Makassar menyediakan layar menghadap ke luar, yang menampilkan proses pendaftaran bakal calon.

3. Simulasi digelar untuk mengevaluasi persiapan

KPU Makassar Batasi Massa Pendukung pada Pendaftaran Bakal CalonSimulasi pendaftaran bakal calon Pilkada Makassar 2020. Dok. KPU Makassar

Jelang pendaftaran bakal calon, KPU Makassar menggelar simulasi pada Rabu malam, 26 Agustus 2020. Simulasi jadi gambaran tentang alur dan skema saat pendaftaran bakal calon nanti.

Gunawan mengatakan, lewat simulasi, KPU memprediksi secara terukur waktu yang dibutuhkan setiap pasangan calon saat mendaftar. Mulai dari masuk halaman kantor hingga berita acara pendaftaran diteken.

“Selain itu, hal-hal yang kami anggap kurang sekaligus kami perbaiki, dan juga mengevaluasi pelaksanaan protap covidnya,” kata Gunawan.

Baca Juga: Pilkada Serentak di Sulsel Akan Diikuti Satu Paslon Perseorangan

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya