Comscore Tracker

Ipar Nurdin Abdullah Tepis Wacana Pencalonan di Pilkada 2020

Namanya masuk bursa kandidat di Makassar dan Pangkep

Makassar, IDN Times - Pelaksana Tugas Direktur Utama Perusahaan Daerah Sulawesi Selatan Taufik Fachruddin masuk bursa kandidat Wali Kota Makassar, jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2020. Namanya juga kerap disebut sebagai kandidat di Pilkada Pangkajene Kepulauan.

Di tengah merebaknya wacana pencalonan di pilkada, Taufik belum tegas menyatakan sikapnya kepada publik. Ipar Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah itu mengaku sedang fokus dengan tugasnya saat ini membantu pemerintah provinsi.

"Saya dapat kepercayaan membangun Perusda dulu. Kalau bicara politik saya masih no comment," kata Taufik saat ditanyai wartawan di Makassar, Senin (9/12).

Baca Juga: Masalah di Pilkada 2018 Harus Jadi Pertimbangan Persiapan Pilkada 2020

1. Taufik mengaku tidak punya tim pemenangan

Ipar Nurdin Abdullah Tepis Wacana Pencalonan di Pilkada 2020Ilustrasi pilkada serentak. IDN Times/Sukma Shakti

Wacana pencalonan Taufik di pilkada mengemuka, salah satunya karena beredar poster dan baliho dirinya di beberapa tempat. Namanya juga pernah masuk sebagai pendaftar dalam penjaringan kandidat di sejumlah partai politik.

Taufik menepis soal itu, dan menyebutnya sebagai inisiatif relawan di masyarakat. Namun, secara pribadi, dia mengaku belum memastikan apakah bakal mencalonkan atau tidak.

"Taufik belum membentuk tim. Tidak ada tim. Tidak ada 'kodong' sama sekali," ucapnya.

2. Persaingan menuju pilkada disebut semakin kencang

Ipar Nurdin Abdullah Tepis Wacana Pencalonan di Pilkada 2020IDN Times/Arief Rahmat

Taufik Fachruddin sempat menyampaikan pendapatnya soal bursa kandidat kepala daerah, baik di Makassar maupun Pangkep. Menurut dia, persaingan kandidat semakin ketat seiring waktu pemilihan yang kian dekat.

Ditanyai lebih lanjut, Taufik menyatakan saat ini dia lebih memilih berkonsentrasi mengurus Perusda Sulsel.

"Bulan depan sudah Januari, lawan semakin kencang. Saya pokoknya bekerja yang sekarang dulu. Kita akan bekerja maksimal, cari uang untuk Sulsel," kata Taufik.

3. Taufik diminta Nurdin Abdullah benahi Perusda Sulsel

Ipar Nurdin Abdullah Tepis Wacana Pencalonan di Pilkada 2020Plt Dirut Perusda Sulsel Taufik Fachruddin

Taufik Fachruddin memimpin Perusda Sulsel sejak November tahun 2018, setelah ditunjuk Gubernur Nurdin Abdullah. Sebelumnya, dia juga pernah memimpin Perusda Bantaeng saat Nurdin Abdullah menjadi bupati di sana.

Meski ditunjuk langsung oleh Gubernur Nurdin, Taufik mengaku profesional. Dia mengaku menerima jabatan karena ingin membantu gubernur. Sama dengan alasannya saat menjabat Dirut Perusda Bantaeng, yakni ingin membantu Nurdin sebagai bupati. Lebih dari itu, Taufik merasa tertarik dengan visi Nurdin yang ingin menjadikan Sulsel daerah ramah investasi.

"Dan memang saya pure bisnis, tidak pernah menjadi PNS, tidak pernah mengerjakan proyek pemerintah. Walau pun saya adik ipar (Gubernur), saya bisa perlihatkan kerja profesional," ujar Taufik pada sidang angket di DPRD Sulsel 29 Juli 2019 lalu.

Baca Juga: Ipar Nurdin Abdullah Akui Ditunjuk Langsung Pimpin Perusda Sulsel

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You