HUT RI, Wali Kota Ajak Warga Makassar Semarakkan Merah-Putih

Setiap rumah diimbau memasang umbul-umbul dan spanduk

Makassar, IDN Times - Penjabat Wali Kota Makassar Iqbal Samad Suhaeb mengajak masyarakat untuk ikut menyemarakkan peringatan hari ulang tahun proklamasi Republik Indonesia pada 17 Agustus 2019. Peringatan secara sederhana bisa dilakukan dengan memasang berbagai atribut bernuansa merah-putih yang khas bendera Indonesia.

Iqbal menyatakan telah menginstruksikan jajarannya turun mengingatkan warga agar terlibat dalam perayaan tahunan. Semarak HUT RI sedianya tak hanya diperingati pada 17 Agustus, namun di sepanjang bulan.

"Setiap kecamatan dan kelurahan hingga tingkat RT/RW perlu memperhatikan, dengan memasang umbul-umbul, spanduk, dan bendera merah-putih di setiap rumah warga dalam menyemarakkan kemerdekaan," kata Iqbal usai memimpin upacara pengibaran bendera di Balai Kota, Jalan Ahmad Yani Makassar, Senin (5/8).

Baca Juga: Hati-hati, Ditemukan 227 Sapi Tidak Layak Kurban di Makassar   

1. Pemkot bakal fasilitasi pesta rakyat

HUT RI, Wali Kota Ajak Warga Makassar Semarakkan Merah-PutihIndpolace/Zakila

Iqbal menyebut bulan Agustus istimewa, karena semua orang bisa menggali kembali semangat kepahlawanan dengan mengenang hari ulang tahun kemerdekaan. Setiap orang bisa memeriahkan peringatan ini dengan cara masing-masing, termasuk beragam lomba antar warga hingga pesta rakyat.

Iqbal mempersilakan setiap pemerintah kecamatan untuk menyuguhkan konsep berbeda dalam pesta rakyat. Acara yang akan dilaksanakan serentak pada malam 17 Agustus diharapkan menjadi ajang pemersatu warga dalam meluapkan kegembiraan. "Ini bulan istimewa karena Agustus ini bulan bersejarah dan penuh arti bagi seluruh bangsa Indonesia," katanya.

2. HUT RI dirangkaikan dengan syukuran penghargaan Parasamya

HUT RI, Wali Kota Ajak Warga Makassar Semarakkan Merah-PutihIDN Times/ Istimewa

Pada peringatan HUT RI tahun ini, Pemkot Makassar sekaligus akan merayakan keberhasilan meraih tanda penghargaan Parasamya Purnakarya Nugraha dari Presiden Republik Indonesia. Penghargaan ini diserahkan Wakil Presiden HM Jusuf Kalla kepada Wali Kota Iqbal Suhaeb di Jakarta, Juli lalu.

Parasamya Purnakarya Nugraha adalah sebuah tanda penghargaan yang diberikan kepada pemerintah daerah yang menunjukkan hasil karya tertinggi pelaksanaan pembangunan lima tahun dalam rangka meningkatkan kesejahteraan seluruh rakyat. Sekretaris Daerah Kota Makassar Muhammad Ansar menyatakan penghargaan itu diraih pemerintah atas dukungan segenap masyarakat.

"Penghargaan ini adalah milik rakyat. Olehnya, syukuran terhadap penganugerhaan ini akan dihelat bersamaan pada malam puncak HUT ke-74 RI," kata Ansar.

3. Jajaran pemerintah diharap semakin profesional

HUT RI, Wali Kota Ajak Warga Makassar Semarakkan Merah-PutihDok. IDN Times/Istimewa

HUT ke-74 Republik Indonesia, menurut Iqbal, juga bisa menjadi momentum evaluasi diri bagi seluruh jajaran Pemkot Makassar. Dia mengajak seluruh aparatur sipil negara bekerja secara profesional, serta mengesampingkan hal-hal bersifat pribadi yang bisa mengganggu jalannya pemerintahan.

"Jika ada masalah pribadi di setiap SKPD kita wajib komunikasikan dengan pimpinan. Jangan sampai mengganggu jalannya roda pemerintahan dan pelayanan Publik," ucap Iqbal.

Baca Juga: Saran Akademisi: Cara Razia Buku di Makassar Mesti Seperti Ujian Tesis

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya