Comscore Tracker

Gempa Bumi di Parepare dan Sidrap, Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa terjadi dua kali dalam sehari

Makassar, IDN Times - Gempa bumi tektonik mengguncang Kota Parepare dan Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan, Kamis (14/11) malam. Menurut analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa berkekuatan 3,8 skala richter (SR).

1. Pusat gempa di wilayah Tenggara Enrekang

Gempa Bumi di Parepare dan Sidrap, Tidak Berpotensi TsunamiIDN Times/Rahmat Arief

Kepala BMKG Wilayah IV Makassar Darmawan menyebutkan, gempa bumi terjadi pada pukul 22.46 Wita. Pusat gempa terletak pada koordinat 3.71 Lintang Selatan dan 119.85 Bujur Timur, tepatnya berlokasi di darat pada jarak 19 kilometer arah Tenggara Kabupaten Enrekang.

"Dengan memperhatikan lokasi dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Saddang yang berdekatan dengan pusat episentrum," kata Darmawan dalam keterangan pers yang diterima Kamis (14/11) malam.

2. Gempa tidak berpotensi tsunami

Gempa Bumi di Parepare dan Sidrap, Tidak Berpotensi Tsunami(Ilustrasi) IDN Times/Sukma Shakti

BMKG menyatakan bahwa menurut laporan masyarakat, kekuatan empa bumi di Parepare dan Sidrap termasuk skala II-III MMI. Pada skala II MMI, getaran dirasakan oleh beberapa orang, dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Sedangkan pada skala III MMI, getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Darmawan menyatakan gempa ini tidak berpotensi tsunami. Kepada masyarakat diimbau tetap tenang, dan memastikam informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi yang terverifikasi. Informasi antara lain disebarkan lewat Instagram dan Twitter dengan akun @infoBMKG, laman resmi Www.bmkg.go.id, serta aplikasi Info BMKG di perangkat Android atau iOS.

Baca Juga: [BREAKING] Gempa 7,1 SR Landa Maluku Utara, Berpotensi Tsunami

3. Gempa juga terasa saat magrib

Gempa Bumi di Parepare dan Sidrap, Tidak Berpotensi TsunamiIDN Times/Arief Rahmat

Gempa bumi dengan skala II MMI juga sempat dirasakan di Parepare pada Kamis (14/11) pukul 18.28 Wita. Gempa tercatat berkekuatan 3,1 SR.

Bedanya, gempa yang terjadi pada waktu magrib terjadi di lokasi yang berbeda. Yakni di laut pada jarak 1 kilometer arah Timur Laut Parepare.

Baca Juga: [BREAKING] Gempa 7,4 SR Guncang Maluku Utara Berpotensi Tsunami

Topic:

  • Irwan Idris

Just For You