Ayo, Daftar Beasiswa KIP Kuliah Jalur SNBP dan Ketua OSIS di Unhas!

Pendaftaran KIP-Kuliah dibuka 2-13 Mei 2023

Makassar, IDN Times - Universitas Hasanuddin membuka pendaftaran beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah untuk mahasiswa baru 2023. Beasiswa tersedia untuk maba yang dinyatakan lolos dalam Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Jalur Ketua OSIS.

Pendaftaran KIP-Kuliah dibuka pada 2-31 Mei 2023 secara daring melalui laman resmi Unhas, kip-kuliah.unhas.ac.id. Pada website tersebut juga telah tersedia pedoman pendaftaran, kelengkapan berkas, hingga video tutorial untuk memudahkan pendaftar.

“Untuk calon mahasiswa yang dinyatakan lulus jalur SNBP dan jalur Ketua OSIS, apabila memenuhi persyaratan, silakan mendaftar. Bila ada pertanyaan bisa menghubungi Bagian Kesejahteraan Mahasiswa di Lantai 2 Gedung Rektorat,” ujar Kasubdit Kesejahteraan Mahasiswa, Catharina, dalam keterangan pers yang diterima IDN Times, Sabtu (6/5/2023).

Baca Juga: Kenalkan Budaya Sulsel secara Digital, Tim Unhas Raih Perak di ISIF

1. Ada dua skema pemberian bantuan pendidikan KIP Kuliah

Ayo, Daftar Beasiswa KIP Kuliah Jalur SNBP dan Ketua OSIS di Unhas!Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan Unhas, Prof. Muhammad Ruslin. (Dok. Unhas)

Untuk tahun ini, KIP Kuliah mempunyai dua skema pemberian bantuan pendidikan. Skema pertama, penerima KIP Kuliah yang terpilih menerima bantuan biaya pendidikan (UKT) dan biaya hidup sesuai jangka waktu pemberian KIP Kuliah. Skema kedua adalah penerima KIP Kuliah yang hanya menerima bantuan biaya pendidikan (UKT) sesuai jangka waktu pemberian KIP Kuliah.

“Untuk penentuan penerima mendapatkan KIP Kuliah skema satu atau dua, kita lihat kembali dari kemampuan ekonomi mahasiswa yang mendaftar,” ucap Catharina.

2. Unhas terima 2.517 maba lewat jalur SNBP

Ayo, Daftar Beasiswa KIP Kuliah Jalur SNBP dan Ketua OSIS di Unhas!Pemandangan gedung Rektorat Universitas Hasanuddin di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. (Dok. Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin)

Sebelumnya, Unhas menerima sebanyak 2.517 calon mahasiswa baru melalui jalur SNBP. Dari jumlah tersebut, Unhas menerima 777 calon mahasiswa baru dengan bantuan pendidikan KIP Kuliah. Namun, Unhas kembali membuka kesempatan kepada calon mahasiswa yang sudah dinyatakan lolos SNBP untuk mendaftar KIP Kuliah.

Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan Unhas, Prof. Muhammad Ruslin mengatakan, selain jalur SNBP, Unhas masih menyiapkan kuota beasiswa KIP Kuliah sebanyak 30 persen untuk jalur Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) 2023.

3. Kuota tahun ini lebih banyak

Ayo, Daftar Beasiswa KIP Kuliah Jalur SNBP dan Ketua OSIS di Unhas!Ilustrasi peserta ujian mengikuti pelaksanaan UTBK seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha)

Kuota 30 persen untuk jalur SNBT di tahun 2023 lebih banyak dibanding kuota di tahun 2022. Saat itu kuota berada di angka 20 persen.

KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi.

Baca Juga: Unhas Perkuat Pengawasan Jelang Tes SNBT 2023

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya