Kunjungan Ganjar Pranowo di Manado Bareng Nasaruddin Umar, Cawapres?

Ganjar juga bertemu dengan KH Nasarudin Umar

Manado, IDN Times - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengunjungi Sulawesi Utara, Kamis (18/5/2023). Agenda utama kunjungan calon presiden dari PDI Perjuangan ini adalah konsolidasi partai. Di Manado, Ganjar bertemu Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar.

Ganjar menyempatkan diri mengikuti berbagai undangan seperti mengunjungi Sekretariat DPW PPP Sulut, menghadiri ibadah perayaan Kenaikan Isa Almasih di Universitas Kristen Tomohon (UKIT), hingga halalbihalal di Lapangan Sparta Tikala, Manado.

Diawali dengan lari pagi dan ngopi di Kawasan Megamas Manado, Ganjar didampingi oleh beberapa kepala daerah di Sulut yang berasal dari PDIP. Di Kawasan Megamas, ia sempat menikmati tinutuan atau bubur manado, dan dodol khas Minahasa Utara.

"Saya tanya, ini banyak sayurnya ya? Kalau di sana (Jawa) banyak berasnya,” ucap Ganjar Pranowo.

1. Ganjar sebut kedekatan PDIP dan PPP sudah sejak lama

Kunjungan Ganjar Pranowo di Manado Bareng Nasaruddin Umar, Cawapres?Ganjar Pranowo saat berkunjung ke Sekretariat DPW PPP Sulawesi Utara, Kamis (18/5/2023). IDNTimes/FB Ganjar Pranowo

Sebelum konsolidasi partai, Ganjar lebih dulu berkunjung ke Sekretariat PPP Sulut. Di sana, Ganjar mengatakan bahwa PPP merupakan partai pertama yang menyatakan dukungan setelah dirinya didaulat sebagai capres dari PDIP.

“Dua partai ini punya sejarah panjang bersama. Dulu pernah ada pasangan Megawati dan Hamzah Haz,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPW PPP Sulut, Depri Pontoh, mengatakan pihaknya siap mendukung Ganjar sebagai capres. “Pak Ganjar sudah menjadi bagian dari PPP,” ucap lelaki yang juga menjabat sebagai Bupati Bolmut ini.

2. Olly Dondokambey targetkan kemenangan Ganjar 70% di Sulut

Kunjungan Ganjar Pranowo di Manado Bareng Nasaruddin Umar, Cawapres?Ganjar Pranowo saat halalbihalal dengan warga di Lapangan Sparta Tikala, Manado, Sulawesi Utara, Kamis (18/5/2023). IDNTimes/Savi

Ketua DPP PDIP Sulut sekaligus Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, mengatakan bahwa kesiapan pihaknya memenangkan Pemilu 2024 sudah tidak perlu diragukan lagi. Hasil survei internal PDIP mengungkapkan bahwa suara untuk Ganjar di kabupaten/kota yang ada di Sulut merata.

Sayangnya, Olly tak menyebut angka pasti. “Minimal 70% suara untuk kemenangan Pak Ganjar,” ujarnya.

Olly juga mengatakan bahwa parpol-parpol yang ada di Sulut tertarik kepada Ganjar Pranowo. Namun, mereka juga masih perlu mendiskusikannya dengan dewan pimpinan pusat.

Baca Juga: Konsolidasi PDIP Sulsel, Ganjar Pranowo: Kita Harus Menang Hattrick

3. Ganjar juga bertemu Nasarudin Umar

Kunjungan Ganjar Pranowo di Manado Bareng Nasaruddin Umar, Cawapres?Ganjar Pranowo foto bersama Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta, KH Nasarudin Umar, dan pejabat Pemprov Sulawesi Utara di Lapangan Sparta Tikala Manado, Kamis (18/5/2023). IDNTimes/Savi

Saat halalbihalal di Lapangan Sparta Tikala Manado, Ganjar bertemu dengan Imam Besar Masjid Istiqlal, KH Nasarudin Umar. Nasarudin sendiri digadang-gadang menjadi cawapres Ganjar.

Saat halalbihalal, Nasarudin meminta masyarakat menjaga kerukunan umat beragama. Ia menganggap bahwa kitab suci umat Nasrani dan Islam memiliki banyak kesamaan, sehingga tidak ada alasan untuk saling bermusuhan.

“Betapa perlunya kita bersahabat dengan umat Tuhan, binatang, alam semesta pun juga,” tuturnya.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Jogging di GBK, Diiringi 'Glory Glory Ganjar Presiden'

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya