Antrean BBM Subsidi Kembali Mengular di Manado, Sopir Truk Ngaku Rugi

SPBU dan Pertamina sebut pasokan normal

Manado, IDN Times – Antrean pembelian bahan bakar minyak (BBM) jenis solar subsidi kembali terjadi di sejumlah SPBU di Kota Manado, Sulawesi Utara. Kebanyakan antrean tersebut terjadi di SPBU yang letaknya di pinggir Kota Manado.

Seorang sopir truk antar kota/kabupaten bernama Joko, mengaku setiap hari antre untuk mendapatkan solar. “Antre dari pagi sebelum SPBU buka. Kalau mau berangkat agak siang bisa, tapi harus antre di SPBU di tengah kota yang solarnya lebih sedikit,” jelas Joko, Selasa (14/11/2023).

Menurutnya, antre di SPBU di tengah kota juga tidak menjadi solusi. Pasalnya, ia harus mengantar bahan pokok dan sudah harus tiba di pasar dini hari.

1. Sopir truk kelola uang sendiri

Antrean BBM Subsidi Kembali Mengular di Manado, Sopir Truk Ngaku RugiSejumlah truk dan bus mengantre solar subsidi di SPBU Kairagi Weru, Paal Dua, Manado, Sulawesi Utara, Selasa (14/11/2023). IDNTimes/Savi

Antrean tersebut menyebabkan sopir truk rugi secara waktu dan material. Meski begitu, Joko tak merinci kerugian yang ia alami.

“Biasanya pemilik barang bayar sekaligus untuk antar barang. Misal kami dikasih Rp 5 juta, ya uang segitu untuk antar barang 3 hari sudah harus sampai. Itu sudah termasuk uang makan, BBM, sampai rokok,” jelas Joko.

Jika tujuan ke Bitung, untuk mempersingkat waktu Joko kadang melalui Tol Manado Bitung yang membuat pengeluarannya bertambah. Padahal, jika melalui Jalan Soekarno atau Jalan Manado Bitung, distribusi barang bisa tepat waktu jika tak harus antre BBM.

2. Pengelola SPBU sebut pasokan aman

Antrean BBM Subsidi Kembali Mengular di Manado, Sopir Truk Ngaku RugiAntrean solar subsidi di SPBU Malalayang, Manado, Sulawesi Utara, Selasa (14/11/2023). IDNTimes/Savi

Pihak SPBU sendiri menyangkal adanya kelangkaan BBM saat ini. Namun, mereka juga tak bisa memastikan penyebab antrean.

“Kalau pasokan normal saja selama ini,” kata Pengawas SPBU Sario, Steven Legi.

Ia mengaku SPBU Sario melayani pengendara yang sudah memiliki barcode. Khusus truk yang memiliki roda lebih dari 6, bisa mendapat 200 liter per hari.

Baca Juga: Heboh Polisi Sulut Buang Ribuan Liter Miras Cap Tikus di Sungai

3. Pertamina pastikan tak ada kelangkaan BBM

Antrean BBM Subsidi Kembali Mengular di Manado, Sopir Truk Ngaku RugiSejumlah truk dan bus mengantre solar subsidi di SPBU Kairagi Weru, Paal Dua, Manado, Sulawesi Utara, Selasa (14/11/2023). IDNTimes/Savi

Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi turut menanggapi fenomena tersebut. Area Manager Communication, Relation, & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Fahrougi Andriani Sumampouw, mengatakan bahwa pasokan solar bersubdi di Kota Manado sejauh ini normal.

Per Kamis, 9 November 2023 stok BBM di 16 SPBU di Kota Manado mencapai 120-125 KL. Namun, Fahrougi mengaku ada peningkatan konsumsi BBM jenis solar subsidi. “Meningkat 16 persen. Itu data 3 bulan terakhir dibanding konsumsi tahun 2022,” kata Fahrougi.

Masyarakat pun diminta tetap bijak menggunakan BBM untuk beraktivitas agar pasokan tetap aman.

Baca Juga: Petugas Lapas Sibuk Persiapkan Acara, Seorang Napi di Manado Kabur 

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya