Satgas Madago Raya Tembak Mati Dua DPO Teroris MIT Poso

Tiga DPO MIT Poso lainnya melarikan diri saat kontak tembak

Palu, IDN Times - Satuan Tugas (Satgas) Madago Raya pada Minggu (11/7/2021), dikabarkan menembak mati dua anggota Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) kasus terorisme.

Peristiwa ini dibenarkan Humas Satgas Madago Raya, Kombes Pol Didik Supranoto. Ia mengatakan, saat ini pihaknya masih mengevakuasi dua jenazah dari lokasi kejadian untuk dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara di Kota Palu, Sulawesi Tengah.

“Memang benar, hanya saja saya masih menunggu data lengkapnya dari sana,” kata Didik dalam keterangannya di Palu, Minggu sore.

1. Kontak tembak Satgas Madago Raya dengan kelompok MIT Poso

Satgas Madago Raya Tembak Mati Dua DPO Teroris MIT PosoSatgas Madago Raya melakukan penyisiran di Wilayah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. IDN Times/Istimewa

Dua anggota MIT Poso tewas dalam baku tembak dengan satgas Madago Raya di Pegunungan Batu Tiga, Dusun Enam Tokasa, Desa Tanalanto, Kecamatan Torue, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah.

Kontak tembak terjadi sekitar pukul 03.30 WITA setelah Satgas Madago Raya menemukan tempat persembunyian para DPO MIT Poso, dalam operasi penelusuran beberapa hari belakangan.

“Dilakukan tindakan tegas terukur yang mengakibatkan dua DPO kasus teroris Poso itu tewas,” jelas Didik.

2. Tiga orang DPO lainnya berhasil melarikan diri

Satgas Madago Raya Tembak Mati Dua DPO Teroris MIT PosoDaftar DPO Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Poso. IDN Times/Kristina Natalia

Saat penyergapan, Satgas Madago Raya, kata Didik, sebenarnya menemukan lima orang DPO MIT Poso. Dua orang tewas tertembak dan tiga lainnya berhasil melarikan diri.

Dugaan sementara, DPO yang berhasil kabur mengalami luka tembakan. “Masih dilakukan evakuasi dan saya juga masih menunggu info lanjutnya,” terang Didik.

Baca Juga: Polda Sulteng Imbau Kelompok MIT Poso Segera Menyerahkan Diri

3. Dua jenazah anggota MIT Poso akan dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Palu

Satgas Madago Raya Tembak Mati Dua DPO Teroris MIT PosoPolisi melakukan penjagaan di Rumah Sakit Bhayangkara Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (11/7/2021). IDN Times/Kristina Natalia

Kedua jenazah DPO MIT Poso rencananya akan tiba di Rumah Sakit Bhayangkara Palu hari ini untuk diautopsi dan identifikasi. Pantauan IDN Times, pihak kepolisian sudah melakukan penjagaan ketat di rumah sakit.

“Belum diketahui pasti waktu keberangkatan, yang jelas untuk perkembangannya akan kita sampaikan kembali,” kata Didik.

Baca Juga: MIT Poso Lolos dari Sergapan, Satgas Madago Raya hanya Sita Logistik

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya