5 Destinasi Wisata Terbaik di Sigi, Ada Paralayang Terbaik se-Asean

Dari Bukit Satu Pohon hingga paralayang terbaik se-Asean

Sigi, IDN Times – Pengembangan destinasi wisata di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, kembali menggeliat pascabencana gempa bumi dan likuefaksi yang menerjang pada 28 September 2018 silam.

Bupati Sigi, Mohamad Irwan Lapata membeberkan sejumlah program pengembangan wisata di daerahnya, saat menjadi pembicara dalam live Instagram bertajuk #SalamRamadan Cerita Indonesia bersama Pimpinan Redaksi IDN Times, Uni Zulfiani Lubis, Kamis (6/5/2021).

Irwan mengatakan, beberapa kawasan wisata di Sigi memang mengalami kerusakan akibat bencana alam. Sementara objek wisata yang masih bertahan, akan terus dikembangkan oleh pemerintah kabupaten.

“Kami punya wisata alam yang menarik dan unik, sehingga patut untuk dikunjungi,” sebut Irwan.

Apa saja destinasi wisata paling menarik di Sigi menurut Bupati Irwan? Simak yuk!

1. Paralayang Matantimali

5 Destinasi Wisata Terbaik di Sigi, Ada Paralayang Terbaik se-AseanParalayang Matantimali di Desa Wayu, Kecamatan Marawola Barat, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. IDN Times/Kristina Natalia

Salah satu destinasi wisata yang sedang hits di Sigi, kata Irwan, ialah kawasan Paralayang Matantimali di Desa Wayu, Kecamatan Marawola Barat. Wisata ini disebut-sebut sebagai lokasi paralayang terbaik di Indonesia, bahkan di Asean.

Selain paralayang, Matantimali juga sering dimanfaatkan pengunjung yang ingin berkemah dan menikmati pemandangan Kota Palu dari ketinggian.

“Biasanya pengunjung yang ingin menyaksikan Kota Palu dari ketinggian dengan pemandangan awan akan ke Paralayang Matantimali ini,” terang Irwan.

2. Permandian air panas Bora

5 Destinasi Wisata Terbaik di Sigi, Ada Paralayang Terbaik se-AseanPermandian air panas Bora yang berlokasi di Desa Bora, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. IDN Times/Kristina Natalia

Selanjutnya yaitu tempat permandian air panas Bora yang terletak di Desa Bora, Kecamatan Sigi Biromaru. Menurut Irwan, sebagian besar pengunjung percaya bahwa air panas Bora dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Selain memiliki fasilitas berendam, di kawasan air panas Bora juga terdapat sauna atau terapi mandi uap, kolam renang, baruga, penginapan dan fasilitas bermain anak.

“Air panas Bora ini dikelola oleh pemerintah Kabupaten Sigi dan selalu ramai karena keberadaan air panas ini sejak adanya Kabupaten Sigi ini. Suhu airnya juga tidak pernah berubah,” jelasnya.

3. Danau Lindu

5 Destinasi Wisata Terbaik di Sigi, Ada Paralayang Terbaik se-AseanDanau Lindu merupakan danau terbesar kedua di Sulawesi Tengah setelah Danau Poso. Lokasinya berada di Kecamatan Lindu, Kabupaten Sigi. IDN Times/Istimewa

Danau Lindu merupakan danau terbesar kedua di Sulawesi Tengah setelah Danau Poso. Lokasinya berada di Kecamatan Lindu, Kabupaten Sigi. Irwan menjelaskan, danau yang memiliki pesona pemandangan alam ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Lore Lindu.

Sayangnya, pemerintah belum mengerjakan infrastruktur jalan menuju Danau Lindu. “Keterbatasan anggaran sehingga kami belum melakukan perbaikan seluruhnya,” kata Irwan.

Baca Juga: Mengunjungi Taman Obat Herbal Warisan Suku Kaili di di Sigi Sulteng

4. Bukit Satu Pohon

5 Destinasi Wisata Terbaik di Sigi, Ada Paralayang Terbaik se-AseanBukit satu pohon di Desa Sibedi, Kecamatan Marawola, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. IDN Times/Istimewa

Sekilas namanya tidak begitu menarik. Namun siapa sangka destinasi wisata yang berada di Desa Sibedi, Kecamatan Marawola, Kabupaten Sigi ini selalu ramai pengunjung.

Lokasinya pun tak begitu jauh dari pusat Kota Palu sehingga mudah untuk dijangkau. Kata Irwan, di bukit satu pohon ini pengunjung bisa menyaksikan pemandangan perbukitan yang hijau serta wilayah pedesaan yang tenang.

Bukti Satu Pohon termasuk destinasi wisata baru di Sigi. Saat ini, kata Irwan, pemerintah terus melakukan penataan di kawasan tersebut.

“Termasuk wisata yang banyak pengunjungnya ini,” tutur Irwan.

Baca Juga: Potret Toleransi di Sigi: Bupati-Wabup Beda Agama, Warga Hidup Rukun

5. Agrowisata Palu

5 Destinasi Wisata Terbaik di Sigi, Ada Paralayang Terbaik se-AseanIDN Times/Kristina Natalia

Namanya memang Agrowisata Palu, namun lokasinya berada di Desa Padende, Kecamatan Marawola, Kabupaten Sigi.

Agrowisata Palu merupakan wisata petik buah pertama di Sulawesi Tengah. Buah yang ada di kawasan Agrowisata Palu dibudidayakan secara organik.

Hal ini mendapat apresiasi Irwan karena pengelolaan perkebunan buah yang baik. Irwan mengatakan, nantinya tak hanya perkebunan buah, tapi pemerintah juga akan mengembangkan tanaman bawang dan kopi.

“Ke depan kita kembangkan juga bawang dan kopi yang punya potensi di Kabupaten Sigi ini,” terangnya.

Baca Juga: Cerita Sukses Irwan Lapata Edukasi Warga Sigi Patuhi Prokes COVID-19

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya