Menelusuri Jejak Benteng Nassau Peninggalan VOC di Gorontalo

Puing-puing dan reruntuhan benteng belum bisa ditemukan

Gorontalo, IDN Times - Di Kota Gorontalo pernah berdiri sebuah benteng peninggalan persekutuan dagang asal Belanda, VOC. Bangunan pertahanan itu dinamai Benteng Nassau.

Menurut Peneliti Balai Arkeolog Provinsi Sulawesi Utara, Irfanudin Wahid Marzuki, benteng itu diperkirakan berdiri antara tahun 1670 hingga 1700-an. Tapi keberadaannya kini jadi tanda tanya.

“Menurut catatan dari Belanda, 1800-an (Benteng Nassau) itu sudah tinggal puing-puingnya. Jadi mungkin hanya sekitar 1670-an sampai 1700-an,” kata Irfan saat diwawancarai melalui sambungan telepon, Kamis 12 November 2020.

Irfan mengatakan, VOC di masa lalu memonopoli perdagangan di Gorontalo atau Hulonthalo. Mereka kemudian membangun benteng Nassau untuk dijadikan gudang penyimpanan hasil bumi. Setelah terkumpul, hasil bumi kemudian didistribusikan keluar daerah.

Selain fungsi itu, Benteng Nassau diyakini juga dijadikan sebagai pusat pemerintahan dan benteng Pertahanan oleh VOC untuk melawan Kesultanan Gorontalo.

“Kemudian berkembang menjadi markas tentara VOC, kemudian ada bangunan pemerintahannya juga, ada asisten residennya,” katanya.

Baca Juga: 7 Kuliner Khas Gorontalo Ini Bisa Jadi Inspirasi Menu Akhir Pekan

1. Benteng Nassau di dua periode berbeda

Menelusuri Jejak Benteng Nassau Peninggalan VOC di GorontaloGambar benteng New Nassau dengan empat bastion. Foto: KTILV

Irfan menyebut keberadaan Benteng Nassau terbagi dalam dua periode. Masing-masing Old Nassau dan New Nassau. Keduanya diyakini berdiri di dua tempat berbeda.

“Pembangunan Benteng Old Nassau dibangun pada masa VOC, Sementara New Nassau dibangun pada masa penjajahan Belanda,” katanya.

Jika Old Nassau dibangun sekitar 1670 sampai 1700, New Nassau berdiri sekitar tahun 1800 hingga 1920. Benteng itu juga didirikan di lokasi yang berbeda namun berjarak tidak terlalu jauh, sekitar 200 meter.

“Dulu asumsi kita lokasi benteng itu satu. Nah ternyata ada data terbaru itu ternyata lokasi benteng itu berbeda," Irfan melanjutkan.

Benteng Old Nassau, berdasarkan peta yang didapat, berlokasi di sebelah selatan Lapangan Taruna Remaja Kota Gorontalo. Tepatnya di sekitar Poliklinik TNI Angkatan Darat. Sementara benteng New Nassau berada di sekitar Asrama Polisi Gorontalo Kota.

Pada masa pendudukan Belanda di Gorontalo, New Nassau difungsikan sebagai benteng pertahanan. Karena memang pada zaman itu banyak ancaman bajak laut yang datang dari arah perairan Teluk Tomini.

“Benteng Old Nassau dan New Nassau memiliki selisih yang cukup panjang, sekitar 100 tahunan. Nah kalau untuk New Nassau digunakan untuk keamanan di wilayah perairan Teluk Tomini,” katanya.

2. Bangunan tua jadi alasan perpindahan benteng

Menelusuri Jejak Benteng Nassau Peninggalan VOC di GorontaloDenah Benteng Old Nassau di Kota Gorontalo. Sumber: KTLV

Irfan menjelaskan bahwa ada beberapa kemungkinan perpindahan lokasi benteng. Salah satunya bangunan lama yang rusak atau runtuh dimakan usia sehingga tidak bisa lagi dimanfaatkan.

“Kemungkinan lain, kondisi keamanan di Gorontalo waktu itu sudah stabil dalam artian sudan dikuasai oleh pemerintahan kolonial belanda. Jadi kan tidak ada banyak perlawanan dari raja-raja Gorontalo,” dia menerangkan.

Kondisi keamanan yang stabil memungkinkan pemerintah kolonial membuat lokasi benteng yang jauh dari pusat pemerintahan.

“Karena kan di sebelah utara benteng terdapat rumah dinas Gubernur yang dulunya merupakan rumah keresidenan Belanda. Nah rumah asisten residen kan simbol penguasaan Belanda,” katanya.

3. Lokasi New Nassau masih menjadi pertanyaan

Menelusuri Jejak Benteng Nassau Peninggalan VOC di GorontaloEkskavasi Benteng Nassau di Asrama Polisi menemukan saptic tank . Foto: Balai Arkeologi Sulawesi Utara

Walaupun lokasi Benteng New Nassau diindikasikan berada di Aspol, namun reruntuhannya belum bisa ditemukan. Balai Arkeolog Sulawesi Utara pada 2019 berupaya melakukan ekskavasi untuk membuktikan dan menemukan puing- puing reruntuhan benteng New Nasau.

Namun irfan mengatakan bahwa keberadaan benteng New Nassau kemungkinan memang berada di Asrama Polisi. Indikasi itu berdasarkan hasil ekskavasi pada tahun 2018, yang menemukan sebuah struktur bangunan septic tank dan bangunan bak air di sana.

“Cuma pada tahun 2019 kita datang kembali itu sudah ada bangunan gedung baru. Ketika membangun gedung itu, menemukan ada saluran air ada bunker terus ada struktur-struktur bangunan disitu.”

Baca Juga: Melihat Dusun Tumba, Benteng Terakhir Hutan Suaka Margasatwa Gorontalo

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya