Viral Sekda Takalar Diduga Kampanyekan Gibran: Videonya Dipenggal

Sekda Takalar diduga kuat kampanye untuk Gibran Rakabuming

Makassar, IDN Times - Sekretaris Daerah Kabupaten Takalar, Muhammad Hasbi, angkat bicara soal videonya yang mengutip janji Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk membuka formasi CPNS. Atas pernyataannya itu, dia diduga mengampanyekan salah satu paslon presiden pada Pemilu 2024.

Hasbi pun menjelaskan awal mula sambutannya yang kemudian viral karena dianggap mengkampanyekan pasangan capres dan cawapres tertentu. Sambutannya itu rupanya merupakan bagian dari acara Rembuk Guru Kabupaten Takalar.

"Jadi begini, sambutan saya tersebut terjadi pada 10 Januari 2023 pada acara Rembuk Guru Kabupaten Takalar. Seluruh guru hadir, baik guru PNS, PPPK dan honorer. Ada tanya jawab di situ yang kemudian berkembang menjadi diskusi," kata Hasbi melalui siaran persnya, Senin (15/1/2024).

1. Mengutip pernyataan Jokowi saat guru honorer bertanya soal pengangkatan menjadi PPPK

Viral Sekda Takalar Diduga Kampanyekan Gibran: Videonya DipenggalSetkab.go.id

Para guru honorer, kata Hasbi, mempertanyakan kebijakan pemerintah yang belum mengangkat mereka menjadi PPPK padahal sudah mengabdi bertahun-tahun. Hasbi pun lantas menjelaskan mengenai postur APBD Pemkab Takalar yang tidak mampu menjamin ketersediaan anggaran untuk gaji PPPK jika ditambah.

"Di situlah saya kutip pernyataan Bapak Presiden yang berkomitmen mengangkat jutaan CPNS pada masa mendatang. Tidak ada ajakan memilih pasangan calon atau pun menyampaikan visi misi paslon yang saya sampaikan adalah program presiden," kata Hasbi.

2. Hasbi sebut ada pihak yang sengaja memenggal video

Viral Sekda Takalar Diduga Kampanyekan Gibran: Videonya DipenggalSekretaris Daerah Kabupaten Takalar, Muhammad Hasbi, viral usai diduga kampanye untuk Gibran Rakabuming/Istimewa

Terkait video yang tersebar itu, Hasbi berdalih ada pihak yang memenggal diskusi itu secara utuh. Dia pun menyayangkan kesalahpahaman dari seluruh elemen masyarakat.

"Jadi saya menyesalkan peristiwa ini. Jika Anda hadir langsung, maka akan paham alur diskusi itu. Rasanya ada tangan-tangan jahat yang mencoba merusak stabilitas daerah ini pada tahun politik 2024," kata Hasbi.

Menurut Hasbi, tak mungkin dia mengampanyekan pasangan capres nomor urut 2 dalam acara itu. Selain karena dia telah mengikuti deklarasi netralitas ASN, juga karena acara itu dihadiri oleh Ketua DPRD Takalar, Muhammad Darwis Sijaya, yang berasal dari partai PKS. PKS merupakan salah satu parpol pengusung paslon nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

"Kita semua sudah mengikuti deklarasi netralitas ASN. Dan sekedar catatan, acara itu dihadiri Ketua DPRD Takalar yang berasal dari partai PKS yang merupakan pengusung pasangan capres. Jika betul saya mengkampanyekan capres lain, beliau yang pertama kali akan mencak-mencak di acara itu," kata Hasbi.

3. Hasbi singgung soal anak Jokowi

Viral Sekda Takalar Diduga Kampanyekan Gibran: Videonya DipenggalCawapres Gibran Rakabuming Raka menghadiri konsolidasi relawan SAKTI di Jawa Tengah (dok. Tim Gibran Rakabumung)

Sebelumnya diberitakan, video Sekretaris Daerah Kabupaten Takalar Muhammad Hasbi, yang diduga mengampanyekan salah satu pasangan calon presiden dan calon wakil presiden beredar di media sosial. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) tengah menelusuri dugaan pelanggaran tersebut.
Dalam video yang beredar, Sekda Takalar membahas soal tenaga pendidikan. Dia menyinggung janji Presiden Joko Widodo membuka perekrutan calon pegawai negeri sipil (CPNS) jika salah satu calon menang di Pemilihan Presiden 2024. Calon dimaksud mengarah kepada Gibran Rakabuming, yang tak lain anak Jokowi.

"Pak Jokowi sudah janjikan, kalau anaknya menang (Gibran), Insyaallah akan dilanjutkan program pengangkatan CPNS jutaan. Itu harus diapresiasi, pengakatan CPNS kita butuh,” kata Muhammad Hasbi dalam video tersebut.

Video itu diabadikan pada kegiatan Rembuk Guru Lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Takalar. Acara berlangsung di Museum Daerah Balla Appaka Sulapa, Takalar, Rabu, 10 Januari 2024. Menurut informasi yang dihimpun, Hasbi hadir membuka kegiatan itu.

Baca Juga: Bawaslu Selidiki Video Dugaan Pelanggaran Sekda Takalar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya