Comscore Tracker

Posko Gue PSM di Jakarta Diserang Usai Nobar Final Piala Indonesia

Pelaku menyerang dengan lemparan batu serta petasan

Makassar, IDN Times - Sekelompok orang tak dikenal menyerang posko komunitas Gue PSM, Kafe Komandan di Jalan KH Abdullah Syafei, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (6/8) petang. Penyerangan terjadi usai digelar nonton bareng siaran final kedua Piala Indonesia antara PSM Makassar melawan Persija Jakarta.

Belum diketahui motif dan korban akibat penyerangan. Saat kejadian, lokasi sedang ramai dikunjungi pendukung PSM Makassar di sekitar Jabodetabek. Ada pun di saat yang hampir bersamaan, PSM menjuarai Piala Indonesia usai menang 2-0 atas Persija pada final kedua di Stadion Andi Mattalatta Makassar.

Penyerangan Kafe Komandan terekam sejumlah video yang tersebar di media sosial. Video antara lain diunggah akun Instagram @makassar_iinfo. Dalam rekaman tersebut, tampak sejumlah orang menyerang kafe dengan lemparan batu serta lontaran petasan. Sedangkan orang-orang di dalam kafe tetap bertahan melindungi diri.

1. Serangan berdampak sejumlah kerusakan

Posko Gue PSM di Jakarta Diserang Usai Nobar Final Piala IndonesiaIDN Times/Istimewa

Video yang diunggah akun Instagram @gue_psm menunjukkan situasi usai kejadian penyerangan di Kafe Komandan. Tampak sejumlah kursi-meja berhamburan. Api menyala di salah satu sudut lokasi, dan kaca-kaca gedung pecah.

Pada foto lain yang beredar, sebuah mobil minibus yang terparkir di lokasi turut jadi sasaran lemparan. "Tindakan PENGECUT! PECUNDANG!," tulis @gue_psm pada keterangan video yang diunggah.

2. Polisi sebut tidak ada korban

Posko Gue PSM di Jakarta Diserang Usai Nobar Final Piala IndonesiaInstagram.com/makassar_iinfo

Antara melaporkan bahwa Kepolisian masih mendalami motif penyerangan di Kafe Komandan. Hingga berita dihimpun, situasi di lokasi dinyatakan sudah aman. Polisi menyebut tidak ada korban luka maupun jiwa di lokasi kejadian.

"Anggota masih melakukan pulbaket (pengumpulan bahan keterangan) tentang motif peristiwa ini," kata Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan Kompol Andi Ghalib.

Keterangan Polisi bertolak belakang dengan informasi yang bertebaran di media sosial, bahwa sejumlah orang terluka. Namun kami belum mendapat keterangan yang memastikan soal kabar ini.

Baca Juga: Selain Gelar Juara Piala Indonesia, PSM Sabet Tiga Gelar Individu

3. Belum diketahui identitas pelaku

Posko Gue PSM di Jakarta Diserang Usai Nobar Final Piala IndonesiaIDN Times/Istimewa

Sejauh ini Kepolisian belum bisa menduga-duga permasalahan yang menyebabkan penyerangan posko Gue PSM. Ghalib mengatakan, saksi-saksi di lokasi juga mengaku tidak mengetahui identitas orang yang menyerang. Sedangkan saat nobar, kondisi dilaporkan berlangsung aman.

Saat Polisi datang ke lokasi, kelompok massa sudah membubarkan diri. "Para saksi yang dimintai keterangan mengaku tidak bisa mengenali orang yang sempat ribut serta daerah asalnya," ujar Ghalib.

4. Persija gagal juara di Makassar

Posko Gue PSM di Jakarta Diserang Usai Nobar Final Piala IndonesiaPersija.id

Final kedua Piala Indonesia berlangsung di Stadion Andi Mattalatta Makassar, Selasa (6/8) petang. Pertandingan akhirnya dimenangi tuan rumah PSM Makassar dengan skor 2-0.

Persija yang unggul 1-0 pada final pertama di Jakarta, gagal juara. Skor agregat akhir 2-1 memuluskan langkah PSM Makassar membawa pulang piala.

Baca Juga: Juara Piala Indonesia, PSM Akhiri Puasa Gelar 19 Tahun

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya