Comscore Tracker

5 Srikandi Tangguh yang Jadi Pemimpin di Sulsel, Panutan Banget!

Mereka menjadi pemimpin di berbagai bidang

Provinsi Sulawesi Selatan telah melahirkan sejumlah nama besar dalam berbagai bidang dan menjadi pemimpin di bidangnya masing-masing. Sebut saja Jusuf Kalla, Syahrul Yasin Limpo, hingga almarhum BJ Habibie. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa provinsi di selatan pulau Sulawesi ini juga memiliki sederet perempuan tangguh yang kini mengemban amanah sebagai pemimpin.

Sosok-sosok pemimpin perempuan ini sukses mengukir kisahnya masing-masing. Mereka datang dari berbagai latar belakang. Siapa saja mereka? Berikut profil singkat 5 sosok pemimpin perempuan di Sulsel.

1. Andi Ina Kartika, Ketua DPRD Sulsel

5 Srikandi Tangguh yang Jadi Pemimpin di Sulsel, Panutan Banget!Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika. IDN Times/Aan Pranata

Berbicara mengenai sosok pemimpin perempuan di Sulsel, tentu tak lepas dari nama Andi Ina Kartika. Bagaimana tidak, perempuan kelahiran Ujung Pandang pada 7 Mei 1975 itu berhasil mencetak sejarah dengan menjadi perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPRD Sulsel. 

Sebagaimana yang diketahui, jabatan strategis dalam lembaga legislatif selalu didominasi oleh laki-laki, apalagi untuk jabatan ketua. Hal itu sudah berlangsung sejak tahun 1966. Namun Ina kini mematahkan dominasi itu dengan menjabat sebagai Ketua DPRD Sulsel periode 2019 - 2024.

Perempuan berusia 44 tahun itu memilki latar belakang sebagai notaris. Dia terpilih sebagai anggota DPRD Sulsel dari Dapil VI (Maros, Pangkep, Barru, dan Parepare).

2. Dwia Aries Tina Pulubuhu, Rektor Unhas

5 Srikandi Tangguh yang Jadi Pemimpin di Sulsel, Panutan Banget!Humas Pemprov Sulsel

Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu yang lahir di Tanjung Karang Lampung pada 19 April 1964 adalah salah satu perempuan yang berkiprah di dunia akademik. Saat ini, dia menjabat sebagai Rektor Universitas Hasanuddin, kampus terbesar di Indonesia Timur.

Pencapaian ini membuat Dwia menjadi perempuan pertama yang memimpin kampus berjuluk Kampus Merah itu. Dia mulai menjabat sebagai rektor pada 28 April 2018 setelah melalui voting pemilihan rektor.

Istri dari Natsir Kalla (adik kandung mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla) ini, juga merupakan Guru Besar Sosiologi Universitas Hasanuddin. Kini dia telah banyak melahirkan karya penelitian, khususnya di bidang sosiologi. 

3. Indah Putri Indriani, Bupati Luwu Utara

5 Srikandi Tangguh yang Jadi Pemimpin di Sulsel, Panutan Banget!IDN Times/Aan Pranata

Indah Putri Indriani lahir pada 7 Februari 1977. Saat ini Indah menjabat sebagai Bupati Luwu Utara periode 2006 - 2021. Sebelum terjun ke dunia politik, Indah pernah tercatat sebagai staf pengajar di beberapa universitas terkemuka, seperti Universitas Indonesia, Universitas Bung Karno, dan Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Sempat menghabiskan waktunya di dunia akademis, rupanya tak menyurutkan langkah ibu dua anak ini untuk terjun ke dunia politik. Indah yang dahulunya menjabat Wakil Bupati Luwu Utara periode 2010-2015, memutuskan mencalonkan diri sebagai Bupati untuk periode 2016-2021 berpasangan dengan Muhammad Thahar Rum.

Pada pertarungan itu, pasangan Indah-Thahar pun dinyatakan sebagai pemenang. Kemenangan ini pun mengantarkannya mengukir sejarah sebagai perempuan pertama yang menjadi kepala daerah di Sulawesi Selatan. 

Baca Juga: Mengenal Luwu Timur, Daerah Penyumbang Ekspor Terbesar Sulsel

4. Majdah M Zain, Rektor UIM Makassar

5 Srikandi Tangguh yang Jadi Pemimpin di Sulsel, Panutan Banget!Instagram.com/majdahagus

Dr Majdah Muhyiddin Zain lahir di Yogyakarta pada 25 November 1963 silam. Dia merupakan figur perempuan pertama yang menjabat sebagai Rektor Universitas Islam Makassar (UIM).

Dirinya sudah berkecimpung di dunia akademik sejak tahun 1989 kala ia menjadi Dosen Tetap Kopertis IX STIP al Gazali UIM. Sedangkan ia menjabat sebagai rektor di kampus tersebut sejak tahun 2007 hingga sekarang.

Istri dari mantan Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu'mang ini juga telah banyak menghasilkan berbagai karya penelitian. Salah satu karyanya yakni berjudul 'Perkembangan Gerakan Radikal Terorisme di Sulawesi Selatan FKPT Sulsel' pada tahun 2010.

5. Nurkanita Kahfi, Ketua KNPI Sulsel

5 Srikandi Tangguh yang Jadi Pemimpin di Sulsel, Panutan Banget!Instagram.com/kanitakahfi

Nurkanita Maruddani Ashabul Kahfi atau lebih dikenal dengan nama Nurkanita Kahfi adalah Ketua DPD I Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sulawesi Selatan. Dia adalah perempuan kedua yang menjabat posisi tersebut setelah 25 tahun yang lalu dijabat oleh Andi Niniek Lantara.

Kanita yang berlatar belakang sebagai aktivis juga merupakan putri dari Ketua DPW PAN Sulsel sekaligus anggota DPR RI Ashabul Kahfi. 

Perempuan 31 tahun tersebut akhirnya terpilih sebagai ketua setelah menjadi calon tunggal dalam musda XV yang digelar di Malino, Gowa pada 8 Desember 2019 lalu.

Baca Juga: Rektor Unhas: Generasi Millennial Rawan Krisis Ideologi

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya