Comscore Tracker

5 Manfaat Jika Kamu Pandai Bersyukur, Terapkan Sekarang!

Bahagiakan dirimu dengan senantiasa bersyukur dalam hidup 

Bersyukur adalah kata sederhana yang sering diucapkan oleh banyak orang, ketika sedang mendapatkan nikmat. Tapi, kata tersebut tidak sesederhana yang kita bayangkan loh.

Mengaku saja, bahwa kita sering luput dari rasa syukur atas kenikmatan yang diberikan oleh Tuhan. Karena pada dasarnya, menerapkan rasa syukur itu sangat sukar diakukan. Kita akan benar-benar merasa bersyukur dan tau rasanya kenikmatan itu ketika diuji dengan diambilnya sebagian nikmat tersebut.

Di sisi lain bersyukur tidak hanya dilakukan ketika sedang mendapatkan nikmat saja loh, namun di saat kita sudah memilikinya dalam usaha menjaganya. Kita diwajibkan untuk bersyukur atas karunia-Nya. Agar lebih tahu tentang pentingnya rasa syukur, berikut beberapa manfaat yang kamu dapatkan ketika bersyukur.

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Meluangkan Waktu untuk Bersyukur Setiap Hari

1. Lebih rileks dalam menjalani hidup 

5 Manfaat Jika Kamu Pandai Bersyukur, Terapkan Sekarang!ilustrasi relax (unsplash.com/S Migaj)

Bersyukur adalah perasaan penerimaan atas segala pemberian. Kunci kebahagiaan dalam menjalani hidup selain sabar adalah bersyukur. Maka betapa pentingnya seseorang untuk menghadirkan rasa syukur dalam hidup sampai ia dijadikan kunci kebahagiaan.

Dengan menerima penuh atas anugerah yang diberikan akan membuat seseorang merasakan ketenangan sekaligus kedamaian dalam hati. Hal ini membuat seseorang akan lebih rileks dalam menjalani hidup daripada orang yang tidak pandai bersyukur.

2. Terhindar dari sifat dendam 

5 Manfaat Jika Kamu Pandai Bersyukur, Terapkan Sekarang!ilustrasi bahagia (unsplash.com/Antonino visalli)

Biasanya ketika seseorang mendapatkan perlakuan atau nasib yang tidak sesuai harapan, akan menimbulkan manifestasi berupa emosi kemarahan yang menghasilkan rasa kesal, sakit hati,  bahkan kesedihan yang berlebihan. Rasa amarah yang dibiarkan memungkinkan memunculkan sifat dendam.

Rasa dendam yang tersimpan dalam hati, akan menimbulkan masalah baru. Kecuali, orang yang selalu bersyukur ia pasti akan terhindar dari sifat dendam karena ia selalu menerima apa yang sudah menjadi takdirnya.

3. Lebih mudah bergaul 

5 Manfaat Jika Kamu Pandai Bersyukur, Terapkan Sekarang!ilustrasi banyak teman (unsplash.com/drobotdean)

Seseorang yang selalu bersyukur akan memiliki sifat rendah hati. Ia meyakini bahwa dengan bersyukur hidupnya pasti akan dipenuhi kebahagiaan. Energi positif yang ada pada seseorang akan dengan mudah menular ke orang lain.

Makanya banyak orang yang menyukai kepribadianmu disebabkan kepribadianmu yang baik. Hal ini juga yang menyebabkan seseorang yang pandai bersyukur lebih mudah bergaul

4. Meningkatkan kesehatan 

5 Manfaat Jika Kamu Pandai Bersyukur, Terapkan Sekarang!ilustrasi sehat bahagia (unsplash.com/DESIGNECOLOGIST)

Ungkapan rasa syukur mempunyai efek positif terhadap suasana hati dan kesehatan. Seseorang yang bersyukur hidupnya akan dipenuhi kebahagiaan.

Seseorang yang selalu bahagia di kehidupannya selalu optimis menjalani hari-hari. Hal positif tersebut menunjukkan bahwa orang yang senantiasa bersyukur akan semakin sedikit mengalami stres.

5. Mendapatkan tambahan nikmat 

5 Manfaat Jika Kamu Pandai Bersyukur, Terapkan Sekarang!ilustrasi keberkahan (unsplash.com/Micheile dot com)

Bersyukur akan mendatangkan kenikmatan lain. Sebab orang yang selalu bersyukur entah sedikit atau banyak pemberian yang dikasih ia akan merasa cukup dan bahagia.

Maka tak heran jika orang yang senantiasa mensyukuri anugrah yang dikasih, akan merasa banyak nikmat yang diterima. Jauh berbeda dengan orang-orang yang mengingkari kenikmatan ia akan terus merasa kurang dalam segala hal, bahkan ia merasa tidak cukup bahagia dengan apa yang sudah dipunya.

Itulah mengapa kita dianjurkan untuk terus bersyukur, akan ada banyak manfaat yang datang pada kita. Itu tadi beberapa manfaat dari bersyukur, mulai terapkan dari sekarang agar hidupmu dipenuhi keberkahan.

Baca Juga: 5 Cara Menemukan Kebahagiaan di Setiap Liku Kehidupan

Maftukhatul Azizah Photo Community Writer Maftukhatul Azizah

Berbagi energi positif melalui tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya