Comscore Tracker

7 Film tentang Cinta Masa SMA Berakhir Tragis, Bikin Mewek!

Kisah cinta masa SMA tidak selamanya bahagia

Banyak orang beranggapan masa SMA adalah masa paling menyenangkan dan tak akan terlupakan. Masa di mana kita akan merasakan manisnya persahabatan juga manisnya cinta ala anak SMA.

Pertemanan hingga percintaan masa SMA pun sering kali dijadikan sebagai referensi dari film, drama, hingga lagu. Tapi taukah kalian bahwa tak selamanya kisah cinta masa SMA berakhir dengan bahagia? Beberapa berakhir menggantung, sedih, bahkan tragis.

Nah, ini dia tujuh film yang menjadikan sedihnya percintaan masa SMA sebagai temanya. Siap-siap tisu, karena bisa bikin kamu mewek!

Baca Juga: 10 Film yang Pernah Raih Piala Film Terbaik di Festival Film Indonesia

1. 20th Century Girl 

https://www.youtube.com/embed/9E9zuPbF2dg

"Drama atau film Korea dengan latar tahun ’90-an tidak ada yang berakhir bahagia", ungkapan itu muncul dari kalangan penggemar K-drama dan K-movie setelah menonton beberapa drama yang mengambil latar tahun ‘90-an. Sebut saja drama ‘2025’, drama ‘Youth of May’ hingga drama ‘Snowdrop’. Seolah menambah list kisah cinta tragis yang terjadi pada tahun ’90-an, ’20th Century Girl’ hadir dengan kisah cinta yang manis ala anak SMA namum berujung tragis pada akhirnya.

Pada awal film, kita akan dihadirkan pada sosok Na Bo Ra (Kim Yoo Jung) yang penuh semangat dan cerita serta setia kawan dengan membantu temannya untuk dekat dengan Baek Hyun Jin (Park Jung Woo) sosok laki-laki yang disukai oleh sang teman. Kebaikan Na Bo Ra itulah yang membawanya bertemu dengan Pong Woo Seok (Byun Woo Seok) yang tenang juga penuh senyum. Kisah cinta yang manis ala anak SMA akan membawa kita tersenyum sepanjang film, hingga pada akhir film yang akan membuat kita merasakan pedihnya patah hati, sama seperti yang dirasakan oleh Na Bo Ra.

2. You Are The Apple Of My Eye

https://www.youtube.com/embed/v5H6wE47FrI

 “If you really like a girl, it is impossible to see her marry to another guy and still bless them. But I am wrong. In fact, when you really like a girl, you’d be happy for her when you see her finding her Mr. Right. You will want them to be together, and to live happily ever after.”

Kalimat di atas adalah salah satu kutipan yang terkenal dari film Taiwan yang dibintangi oleh Kai Ko, Michelle Chen, Steven Hao dan Wan Wan. Menceritakan tentang kisah cinta juga persahabatan antara Shen Cia Yi (Michelle Chen) sang siswi teladan di kelasnya dan Ko Ching Teng (Ko Chen Tung), sang siswa yang terkenal bandel di kelasnya.

Tema ‘bad boy and good girl’ mungkin terdengar sangat umum dalam dunia film maupun drama, tetapi tenang saja ‘ You are Apple in My Eyes’ menyajikan sebuah cerita yang bagitu menarik sehingga masih bisa dinikmati walau sudah berlalu beberapa tahun. Karena itu pula, film ini diadaptasi menjadi film Jepang dengan judul yang sama.

3. Our Times

https://www.youtube.com/embed/0HGiG9z2m74

Berawal dari ketidak sengajaan Lin Trully (Vivian Sung) dalam mengirimkan pesan berantai pada TaiYu (Darren Wang) sang anak yang dikenal bandel di sekolah, membuat Trully harus berhadapan dengan TaiYu dan menjadi korban keisengan sang ketua geng sekolah itu tiap hari. Namun, siapa sangka bahwa hal itulah yang menjadi awal dari benih-benih cinta yang tumbuh antara TaiYu, sang anak berprestasi nan cerdas yang berubah menjadi bandel karena suatu hal. TaiYu selalu melakukan segala cara untuk membantu Trully untuk dekat dengan Ou Yang Fei (Dino Lee), walaupun TaiYu sendiri juga menyukai Trully dalam waktu yang cukup lama.

'Our Times' adalah kisah cinta ala anak sma yang terlihat biasa-biasa saja. Tapi tunggu hingga kalian menontonnya! Film yang dirilis pada tahun 2015 ini banyak disebut sebagai film yang paling tepat untuk ditonton jika kalian ingin menangis.

4. One Week Friends

https://www.youtube.com/embed/L1Hv5l8mohI

Apa jadinya jika kamu memiliki teman yang memiliki ingatan jangka pendek? Hanya akan mengingatmu dalam waktu satu minggu dan kemudian akan melupakanmu tepat pada satu minggu?

Inilah yang menjadi pokok dari film 'One Week Friends' yang dibintangi oleh Kento Yamazaki dan Haruna Kawaguchi.  Film ini berkisah tentang Kaori Fujimiya (Haruna Kawaguchi) seorang siswi SMA yang memiliki sebuah penyakit langka, yang membuatnya hanya bisa menyimpan kenangan selama satu minggu dan kemudian melupakannya begitu saja.

Hal itulah yang membuat ia melalui masa-masa SMA dengan penuh kesendirian. Tetapi kehadiran Yuki Hase (Kento Yamazaki) yang pantang menyerah membuat masa sma Kaori perlahan berubah. Kaori perlahan mendapatkan teman dan memliki kehidupan SMA yang berwana seperti anak-anak lainnya.

Dalam film ini tentu saja kita berharap bahwa Kaori dan Yuki akan berakhir bahagia bukan? Namun sayangnya hal itu tidak terjadi. Keduanya tidak berakhir bersama, bukan hal yang tragis tentu saja, hanya saja cukup menyedihkan bagi sebuah kisah cinta ala anak SMA yang seharusnya penuh bunga.

5. A Millionaire's First Love

https://www.youtube.com/embed/5ncykvIuuns

A Millionaire's First Love’ adalah film korea klasik tahun 2006 yang dibintangi oleh Lee Yeon Hee dan Hyun Bin. Berkisah tentang Kang Jae Kyung (Hyun Bin) sang pewaris kaya raya yang dikirim ke sekolah di pedesaan demi mengubah sikapnya yang seenaknya.

Dalam keseharian Jae Kyung di sekolah barunya di perdesaan, Jae Kyung akhirnya belajar banyak hal baru yang sebelumnya tidak ia temukan, seperti kerja keras, kesederhanaan, persahabatan, kehangatan keluarga hingga cinta pertamanya dengan Choi Eun Hwan (Lee Yeon Hee), salah satu siswi di sekolah barunya.

Sosok Eun Hwan yang sederhana dan pekerja keras membuat Jae Kyung makin jatuh cinta pada Eun Hwan lebih dari apapun, hingga memutuskan hal yang sebelumnya tak mungkin ia lakukan demi sang pujaan hati.

A Millionaire's First Love’ yang berlatar di pedesaan membuat kita melihat keindahan serta kesedehanaan pedesaan serta sebuah kisah cinta yang tulus antara sepasang anak manusia yang berakhir tragis.

6. Romance of Their Own

https://www.youtube.com/embed/mGg_tCGFUKY

Dibintangi oleh Kang Dong Won, Lee Chung Ah, dan Jo Han Sun, 'Romance of Their Own' menjadi salah satu film ikonik asal Korea Selatan yang terkenal akan adegan payung saat hujannya. Film yang dirilis pada tahun 2004 ini menceritakan tentang cinta segitiga antara Jung Hankyung (Lee Chung AH), seorang siswi SMA biasa yang diperebutkan oleh Jung Tae Sung (Kang Dong Won) dan Ban Haewon (Jo Han Sung), dua orang siswa yang terkenal akan ketampanan juga ulah yang selalu mereka buat.

Kisah cinta ala anak SMA yang dilengkapi dengan bumbu-bumbu kisah tentang keluarga dan adegan laga, membuat film ini menjadi tidak membosankan untuk ditonton. Pada film ini pula, kita sebagai penonton akan dibuat berpikir siapakah pria yang lebih pantas untuk bersanding dengan Hankyung sang tokoh utama. Meski  memiliki ending yang mengharu biru, film ini mampu membuat penonton merasakan debaran cinta masa SMA juga kesedihan cinta pertama yang tak berbalas. Sangat cocok untuk ditonton bagi penggemar cerita dengan genre angst!

7. Orange

https://www.youtube.com/embed/nwhkIfS8b6E

Naho Takamiya (Tao Tsuchiya) yang mendapat surat dari masa depan yang dikirimkan oleh dirinya sendiri. surat itu menceritakan tentang apa yang akan terjadi pada dirinya juga pada teman-temannya pada masa depan.

Naho kemudian berusaha sebaik mungkin untuk merubah masa depan dirinya juga teman-temannya agar menjadi lebih baik dan lebih cerah. Dengan hadirnya surat dari masa depan itu, Naho berhasil menghindari kesialan-kesialan hingga membuatnya mendapatkan teman-teman yang begitu menyanyanginya. Namun tentu saja ada hal yang tidak bisa ia ubah, sebuah hal yang membuat film 'Orange' ini terasa berkesan hingga kini.

Film yang juga dibintangi oleh Kento Yamazaki, Dori Sakurada, Ryo Ryusei, dan Hirona Yamazaki ini dirilis pada tahun 2015. Kisah cinta yang berakhir tragis dan menggantung berhasil disampaikan dengan sangat baik oleh tujuh film diatas. Kisah yang akan membuat kita semakin berhati-hati dan semakin menghargai masa yang kini tengah kita lalui.

Dari daftar di atas, film mana saja yang sudah kalian tonton?

Baca Juga: 6 Film Korea yang Angkat Hubungan Ayah dan Anak Perempuan, Sedih!

Luzi KRP Photo Community Writer Luzi KRP

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya