Sulit Tidur? Lakukan 6 Cara Ini Untuk Terbebas dari Insomnia

Tidur yang cukup membawa dampak yang baik untuk tubuh

Setiap orang pasti butuh tidur apalagi ketika malam hari. Kebutuhan manusia untuk tidur dapat memberi manfaat untuk tubuh. Selain dapat mengembalikan energi, tidur juga membantu otak untuk kembali rileks

Namun, masih ditemukan beberapa orang kesulitan tidur di kala malam yang dikenal sebagai insomnia. Gangguan tidur semacam ini jika dibiarkan akan berakibat pada mudahnya penyakit masuk ke tubuh dan menurunnya daya konsentrasi. Agar kondisi tak makin memburuk enam cara ini bisa kamu terapkan agar dirimu terbebas dari insomnia.

1. Atur jadwal tidur

Sulit Tidur? Lakukan 6 Cara Ini Untuk Terbebas dari Insomniapixabay/congerdesign

Kurang bisa mengatur waktu tidur jadi biang dirimu sering mengalami insomnia. Padahal, tubuh sangat suka dengan hal yang sifatnya seimbang dan teratur. Kondisi yang disebut homeostatis ini diperlukan termasuk pada pola tidur.

Untuk itu, dirimu perlu mengatur jadwal tidur yang konsisten setiap harinya. Jika kamu menentukan waktu tidur pada jam 10 malam maka dirimu sebisa mungkin rutin untuk tidur pada jam yang sama setiap harinya. Dirimu juga bisa membuat to-do list kegiatan dalam satu hari agar aktivitasmu termasuk waktu tidur dapat terjaga polanya.

2. Kelola pikiran dengan baik

Sulit Tidur? Lakukan 6 Cara Ini Untuk Terbebas dari Insomniapexels/bruce mars

Selain kurang mampu mengatur waktu tidur, beban pikiran yang menumpuk juga turut andil dalam insomnia. Tak bisa dipungkiri rutinitas bisa membawa seseorang berada pada posisi jenuh dan stres. Keadaan ini jika dibiarkan berlarut bisa menyebabkan orang itu sendiri semakin sering mengalami insomnia.

Selalu menjaga pikiran agar tetap positif perlu terus dilakukan. Selain dapat meningkatkan semangat dan kepercayaan diri, menanamkan pikiran positif dalam diri dapat membuatmu merasa rileks yang menolongmu bebas dari insomnia.

3. Hindari melakukan aktivitas jelang tidur

Sulit Tidur? Lakukan 6 Cara Ini Untuk Terbebas dari Insomniapexels/ freestocks.org

Tugas yang masih harus diselesaikan, acara tv favorit sedang tayang sampai menonton film di layar smartphone masuk dalam daftar kegiatan yang sebaiknya dihindari menjelang tidur. Bukan tanpa alasan bila aktivitas ini membuatmu jadi susah tidur. Pasalnya, dirimu akan terus melawan rasa kantuk.

Melakukan aktivitas seperti itu memang tak salah. Namun kamu perlu membatasi dirimu dengan mengatur waktu. Usahakan dirimu menyudahi segala aktivitas tersebut minimal dua jam sebelum tidur. Waktu yang dialokasikan ini bisa dipergunakan untuk merelaksasikan tubuh agar dapat tidur nyenyak.

Baca Juga: 7 Makanan Ini Ternyata Bisa Bikin Insomnia, Yakin Kamu Sudah Tahu?

4. Lakukan meditasi

Sulit Tidur? Lakukan 6 Cara Ini Untuk Terbebas dari Insomniapixabay/solut_rai

Tubuh perlu rileks agar bisa tidur dengan nyenyak. Salah satu cara agar tubuh bisa rileks sebelum tidur adalah dengan bermeditasi. Meditasi jadi cara ampuh mengatur pernapasan agar lebih teratur. Jika pernapasan dapat teratur maka tubuh akan semakin tenang. Selain itu, bermeditasi juga bisa menenangkan pikiran. Seluruh elemen tubuh telah pada level rileks maka tidur malam pun bisa didapat dengan mudah.

5. Jangan makan banyak sebelum tidur

Sulit Tidur? Lakukan 6 Cara Ini Untuk Terbebas dari Insomniapexels/Pixabay

Makanan bisa jadi faktor penghambat tidur lho. Konsumsi makanan dalam jumlah yang banyak bisa membuatmu terus terjaga sepanjang malam. Untuk itu, kamu perlu mengatur kuantitas makanan yang dirimu asup sebelum tidur.

Dirimu juga perlu mempertimbangkan kandungan makanan atau minuman yang dikonsumsi. Hindari minuman dengan kandungan alkohol dan kafein serta perbanyak makanan yang mengandung protein, vitamin, dan fosfor.

6. Bagikan permasalahan tidur pada orang lain

Sulit Tidur? Lakukan 6 Cara Ini Untuk Terbebas dari Insomniapexels/Pixabay

Saat mengalami masalah tidur tak ada salahnya dirimu untuk membagikan kisahmu kepada orang lain. Dengan berbagi kisahmu kepada mereka maka rasa stres yang timbul bisa berkurang. Kamu pun bisa mendapatkan banyak saran dari teman, orang tua atau saudara yang pernah mengalami hal yang sama sebelumnya.

Keenam cara ini bisa kamu langsung terapkan dari sekarang. Siapa tahu insomnia yang sedang mendera bisa berangsur pulih. Selamat mencoba!

Baca Juga: Jangan Anggap Remeh, 5 Kebiasaan Buruk Ini Akan Memperparah Insomniamu

Topic:

  • M Gunawan Mashar

Just For You