Comscore Tracker

5 Tips Kelola Uang THR secara Bijak agar Tidak Langsung Ludes

Utamakan kebutuhan mendesak dan darurat kamu, ya!

Tidak terasa Bulan Ramadan 1443 Hijriah sudah mendekati hari-hari terakhir. Sebagian dari kita mungkin sudah menunggu uang tunjangan hari raya (THR) cair. 

Menurut aturan Menteri Ketenagakerjaan, perusahaan wajib membayarkan THR karyawan paling lambat tujuh hari sebelum hari raya Idul Fitri tahun ini. Hmm, apa THR kamu sudah cair lebih dulu?

Meski uang THR terkesan sebagai bonus tahunan, kamu tetap harus bisa menanganinya secara efektif dan efisien. Maka dari itu, kamu harus coba tujuh tips pengelolaan uang THR berikut ini. Simak ya!

Baca Juga: 6 Pos Kebutuhan yang Boleh Gunakan Dana THR Kamu, Atur Prioritasnya!

1. Dahulukan untuk kebutuhan darurat dan mendesak

5 Tips Kelola Uang THR secara Bijak agar Tidak Langsung LudesIlustrasi menghitung tagihan (pexels.com/Mikhail-Nilov)

Utamakan membayar kewajibanmu dulu sebelum membelanjakan uangmu. Ada berbagai kebutuhan yang urgen, contohnya adalah utang dan tagihan bulanan. Jika kamu mempunyai utang, uang THR bisa jadi solusi untuk masalah tersebut. Pilih prioritas utang dengan bunga yang paling besar atau dengan jatuh tempo pembayaran yang paling mendekati.

Sebaliknya, kalau kamu tidak ada tanggungan utang dan tagihan apa pun, masukkan uangmu ke dalam dana darurat terlebih dulu ya.

2. Sisihkan untuk kebutuhan ibadah

5 Tips Kelola Uang THR secara Bijak agar Tidak Langsung LudesIlustrasi berbagi di bulan suci (pexels.com/rodnae-prod)

Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh dengan keberkahan. Mereka yang beramal di bulan suci ini, dijanjikan pahala yang berlipat dibandingkan hari biasa.

Jangan sia-siakan kesempatan emas itu. Kamu bisa menggunakannya untuk bersedekah, memberi kepada mereka yang membutuhkan, berbagi pada kerabat dan saudara, hingga berzakat. 

3. Jangan lupa menabung

5 Tips Kelola Uang THR secara Bijak agar Tidak Langsung LudesIlustrasi menabung (pexels.com/Joslyn Pickens)

Euforia bulan suci ini mungkin membuatmu sedikit terbuai, akan tetapi jangan lupa setelah ini kebutuhan akan terus bertambah. Keperluan di masa mendatang selalu ada.

Sebaiknya kamu menyisihkan dari sekarang agar tidak repot nantinya. Menabung di awal juga bisa menghindari rasa bersalah dari belanja yang berlebihan, lho.

4. Gunakan untuk belanja keperluan hari raya

5 Tips Kelola Uang THR secara Bijak agar Tidak Langsung LudesIlutrasi menyuguh tamu (pexels.com/thirdman)

Tidak bisa dipungkiri jika di kala puasa kebutuhan akan kian membengkak. Mulai dari berbelanja baru baru, membeli makanan untuk para tamu, sampai dana mudik ke kampung halaman. 

Setelah membayar semua tanggungan, bersedekah, dan menabung, kamu bisa memanfaatkan uang THR mu secara optimal di sini. Belanjakan sesuai budget yang ada, ya. Biar nggak nombok terus!

5. Kalau masih ada sisa, kamu bisa menginvestasikannya, lho

5 Tips Kelola Uang THR secara Bijak agar Tidak Langsung LudesIlustrasi investasi (pexels.com/rodnae-prod)

Akhirnya, semua pos THR-mu sudah terisi semuanya. Apabila masih ada sisanya bisa kamu gunakan secara leluasa. Namun, sebaiknya kamu memasukkan dana tersebut ke dalam portfolio investasi yang kamu pahami. Bisa dalam bentuk emas, saham, reksadana, dan lain sebagainya.

Jika kamu punya usaha sendiri, uang THR juga bisa untuk menambah suntikan modal. Ke depannya bisnis kamu akan semakin berkembang.

Jadi gimana, sudah ada gambaran tentang cara memanfaatkan uang THR secara bijak? Begitu kamu menerimanya, coba lima tips di atas ya. Semoga berhasil!

Baca Juga: Foya-foya saat THR Cair? Coba Ingat-Ingat Dulu 4 Hal Penting Ini

Annisa Sudibya Photo Community Writer Annisa Sudibya

Just human.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya