Comscore Tracker

Mengenal Situasi Rat Race, Siklus Keuangan yang Gitu-Gitu Aja

Yuk, cegah dan hindari terjadinya jebakan rat race

Istilah rat race mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang. Namun rupanya kondisi yang dimaksud sering terjadi di kehidupan banyak orang.

Dilansir laman finansialku.com, rat race merupakan istilah untuk menggambarkan kondisi keuangan seseorang yang belum bebas dari keuangan atau financial freedom. Orang yang terjebak dalam kondisi rat race mempunyai siklus keuangan yang tidak berubah. Mulai dari bangun pagi, bekerja, dapat gaji, bayar cicilan, membeli kebutuhan hidup, tidak punya tabungan, berutang, bekerja lagi, dan terus mengulangnya dari awal sampai akhir.

Jika kondisi ini dibiarkan terjadi terus menerus maka keuanganmu tidak akan baik. Oleh karena itu kamu harus keluar dari siklus rat race. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar kamu bisa memperbaiki kondisi keuanganmu dan terhindar dari jebakan rat race.

Baca Juga: Verifikasi Keuangan: Pengertian, Manfaat, dan Mekanismenya

1. Mulai menabung

Mengenal Situasi Rat Race, Siklus Keuangan yang Gitu-Gitu Ajailustrasi menabung (unsplash.com/Towfiqu barbhuiya)

Cara yang paling umum dalam mengelola keuangan adalah dengan menabung. Cara ini bahkan sudah dikenalkan kepada kita sejak masih usia kanak-kanak. Kebiasaan menabung akan membuat kamu disiplin dalam mengelola uang. Uang yang kamu simpan dalam tabungan ini bisa kamu gunakan untuk mencapai rencana yang sudah kamu buat.

Menyisihkan uang dengan cara menabung adalah hal yang mudah untuk dilakukan namun tak sedikit orang yang gagal dalam melakukannya. Ketika kamu menabung maka kamu harus bisa berkomitmen bahwa uang yang kamu simpan ini adalah uang yang akan kamu gunakan untuk merealisasikan keinginanmu. Dengan begitu kamu akan lebih giat dalam melakukannya.

2. Mulai berinvestasi

Mengenal Situasi Rat Race, Siklus Keuangan yang Gitu-Gitu Ajailustrasi investasi (unsplash.com/frankbusch)

Investasi bukan hanya milik mereka yang sudah dewasa, karena kamu pun sudah bisa melakukannya bahkan saat masih berstatus pelajar. Berinvestasi dapat menjamin kehidupanmu di masa mendatang loh. Carilah investasi yang sesuai dengan kebutuhan dan keadaan keuanganmu.

Investasi mampu memberi keuntungan yang besar. Hal ini terjadi karena uang yang kamu investasikan akan bertambah seiring berjalannya waktu. Kamu juga bisa lebih mudah merealisasikan impian dan rencana kamu di masa depan.

3. Tentukan tujuan keuangan

Mengenal Situasi Rat Race, Siklus Keuangan yang Gitu-Gitu Ajailustrasi tujuan keuangan (unsplash.com/sandym10)

Uang yang kamu dapatkan adalah upah dari hasil kerja kerasmu selama ini. Maka pastikan kamu dapat menggunakannya sebaik mungkin. Untuk dapat memudahkan kamu dalam mengatur keuangan, kamu bisa menentukan hal yang ingin kamu lakukan untuk mengalokasikan pendapatanmu.

Meski pun uangmu sudah sepenuhnya milikmu, kamu juga perlu belajar mengendalikan diri. Jangan sampai kamu menggunakan uangmu untuk hal-hal yang menyenangkan tapi hanya sesaat. Kamu harus bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan karena dua hal ini mempunyai makna yang berbeda.

4. Hindari berutang

Mengenal Situasi Rat Race, Siklus Keuangan yang Gitu-Gitu Ajailustrasi beutang (unsplash.com/Towfiqu barbhuiya)

Perbuatan berutang memang bukan sesuatu yang dilarang tapi akan lebih baik jika kamu tidak melakukannya. Ketika kamu berutang maka mau tidak mau kamu harus menyisihkan sebagian uang untuk membayarnya nanti. Dengan begitu uang hasil pendapatanmu pun akan berkurang.

Daripada berutang lebih baik kamu menghemat. Pergunakanlah uangmu untuk hal-hal yang memang penting dan sedang kamu butuhkan. Jika kamu terbebas dari hutang maka kamu akan lebih leluasa untuk mengalokasikan dana yang masuk untuk persiapan di masa depanmu.

5. Perbaiki mindset keuanganmu

Mengenal Situasi Rat Race, Siklus Keuangan yang Gitu-Gitu Ajailustrasi mindset keuangan (unsplash.com/Mathieu Stern)

Uang memang bukanlah segalanya namun kamu tetap memerlukannya untuk keberlangsungan hidupmu. Memiliki ambisi untuk mempunyai banyak uang sebenarnya ada baiknya juga asal masih dalam batas wajar.

Ketika kamu merasa sulit untuk mendapatkan uang maka seharusnya kamu juga bisa menghargainya sedikit, berapa pun jumlahnya. Kamu juga harus belajar mengelolanya dengan baik. Sekecil apapun uang yang didapatkan pasti akan cukup jika kamu bisa mengelolanya dengan baik.

Siklus rat race ini sangat menganggu kondisi keuanganmu loh. Jadi, yuk mulai keluar dari jebakan ini. Jika kamu merasa masih kesulitan maka lakukanlah secara perlahan. Semangat!

Baca Juga: 5 Tanda Nyata Kamu Ahli dalam Mengelola Keuangan, Suka Menabung!

uma_ nihhh Photo Community Writer uma_ nihhh

suka sama banyak hal, tapi ga suka kamu.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya