Comscore Tracker

Ekspor Produk Unggulan Sulsel Capai Rp648,6 Miliar

Potensi ekspor Sulsel terus digenjot

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) bekerja sama dengan sejumlah instansi melepas ekspor sejumlah produk unggulan senilai USD 44,43 juta atau setara Rp648,6 miliar. Pelepasan ekspor berlangsung di Terminal Petikemas Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Senin (15/8/2022).

Produk unggulan yang diekspor adalah 23 komoditas yang terdiri dari biji kopi, carragenan, clinker, cocoa beans, cocoa liquor, cumi-cumi, damar, dedak gandum, getah pinus, gurita, ikan tuna, kancing kerang, kayu olahan, kulit ari mete, marmer, mete kupas, minyak mete, nikel, rumput laut, telur ikan terbang, tepung rumput laut, udang olahan, dan udang segar.

Komoditas-komoditas tersebut diekspor ke 20 negara tujuan yang meliputi Inggris, Amerika serikat, Australia, Belanda, Belgium, China, Prancis, Hongkong, India, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Korea Selatan Malaysia, Polandia, Rusia, Selandia Baru, Taiwan, Thailand dan Vietnam.

"Alhamdulillah hari ini terselenggara lagi satu kegiatan besar yang didukung penuh oleh Terminal Peti Kemas bekerja sama dengan stkaheolder lain seperti Kesyahbandaran, Bea Cukai, Otoritas Pelabuhan, Head Regional IV Pelindo," kata Kepala Dinas Perdagangan Sulsel, Ashari Fakhsirie Radjamilo.

1. Ekspor di peringatan Hari Kemerdekaan

Ekspor Produk Unggulan Sulsel Capai Rp648,6 MiliarPelepasan ekspor di Terminal Petikemas Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Senin (15/8/2022). Humas Pemprov Sulsel

Ashari mengatakan bahwa kegiatan pelepasan ekspor ini merupakan salah satu agenda untuk memperingati Hari Kemerdekaan ke-77 RI. Karena itu, sebanyak 37 eksportir dari berbagai perusahaan berpartisipasi dalam pelepasan ekspor kali ini. 

Volume ekspor mencapai 61,59 ribu ton. Pelepasan ekspor ini diharapkan memotivasi dan meningkatkan semangat para pelaku usaha ekspor, instansi terkait, asosiasi, dan stakeholder untuk memacu pertumbuhan ekspor Sulsel.

"Ini menurut saya adalah sebuah lonjakan kita dari Pemprov Sulsel untuk meningkatkan ekspor tersebut," kata Ashari.

2. Ekonomi Sulsel tumbuh berkat ekspor

Ekspor Produk Unggulan Sulsel Capai Rp648,6 MiliarIlustrasi Ekspor (IDN Times/Aditya Pratama)

Sementara itu, Sekretaris Daerah Sulsel Abdul Hayat Gani, menyampaikan bahwa pertumbuhan ekonomi Sulsel di triwulan II tahun 2022 mengalami pertumbuhan sebesar 5,18 persen dibandingkan triwulan II tahun 2021. Tumbuhnya perekonomian Sulsel, kata dia, tidak terlepas dari meningkatnya pertumbuhan ekspor.

Pada periode Januari-Juli 2022, ekspor Sulsel mengalami pertumbuhan
yang sangat signifikan, yaitu sebesar 57,17 persen, dengan total nilai ekspor sebesar USD 1,329 miliar atau setara dengan Rp 19,417 triliun, dengan total volume ekspor sebesar 652,32 ribu ton.

"Saya memang dari awal sama gubernur itu mempertajam ekspor dengan investasi. Kita yakini ekspor ini luar biasa karena potensi alam kita luar biasa. Ditambah lagi dengan SDM yang sudah banyak belajar tentang bagaimana optimisasi peran serta beliau untuk menumbuh kembangkan ekspor," kata Abdul Hayat.

Baca Juga: Ekspor Sulsel Januari 2022 Naik 70,67 Persen, Nikel Tertinggi

3. Pemprov optimistis ekspor terus bertumbuh

Ekspor Produk Unggulan Sulsel Capai Rp648,6 MiliarIlustrasi Ekspor (IDN Times/Aditya Pratama)

Dengan perkembangan ekspor Sulsel yang cukup baik, Hayat optimistis ekspor Sulsel bisa naik tiga kali lipat ke pasar global. Apalagi kegiatan ekspor ini juga telah didukung dengan berbagai kemudahan seperti direct call yaitu rute ekspor langsung ke negara tujuan tanpa adanya transit yang membuat tingginya coast.

Karena itu, Pemprov Sulsel saat ini terus menggenjot potensi-potensi ekspor yang ada di wilayahnya. Sejauh ini, pertambangan dan pertanian masih menjadi komoditas andalan untuk kegiatan ekspor Sulsel. 

"Ekspor sudah siap, direct call juga sudah oke. Sisa hasil dari daerah kita tunggu lebih cepat. Kualitas itu yang harus kita jaga supaya daya saing global ini bisa kita lebih menangkan," kata Abdul Hayat.

Baca Juga: Luhut Tantang Pelaku UMKM di Sulsel Berani Ekspor: Bugis ini Fighter!

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya