Terseret Arus, 2 Bocah Tewas Tenggelam di Belakang Trans Mal Makassar

Satu korban selamat dan seorang pria belum ditemukan

Makassar, IDN Times - Empat orang warga kota Makassar tenggelam di laut yang berada tepat di belakang Mal Trans Studio Makassar, Jalan Metro Tanjung Bunga, Kecamatan Tamalate, Minggu (26/1) sore. Tiga di antaranya ditemukan sudah tidak bernyawa.

Tiga korban tewas merupakan anggota satu keluarga, masing-masing Agus Daeng Nompo dan dua anaknya Ulfi (10) dan adiknya, Hani (6). Sementara satu orang bocah perempuan yang selamat bernama Aliyah (12) tetangga korban.

"Kemungkinan mereka hanya untuk mandi-mandi (berenang) saja, informasi kejadian dari warga sekitar 17.30 WITA," kata Kapolsek Tamalate, Kompol Arifuddin Amiruddin, ditemui di lokasi saat proses evakuasi berlangsung.

1. Tetangga korban yang selamat lebih dahulu dievakuasi, sesaat setelah tenggelam

Terseret Arus, 2 Bocah Tewas Tenggelam di Belakang Trans Mal MakassarProses evakuasi jenazah korban tenggelam di Makassar. Minggu, 26 Januari 2020. IDN Times/Sahrul Ramadan

Arifuddin menerangkan, Aliyah menjadi korban yang pertama kali dievakuasi sesaat setelah tenggelam. Mengingat, saat berenang, Aliyah berada tidak jauh dari pinggir pantai. Warga yang menyaksikan peristiwa itu, bergegas langsung menyelamatkan korban.

Sementara dua perempuan bersaudara dan ayahnya, menurut keterangan warga, kata Arifuddin, berenang agak ke tengah area laut. "Setelah korban yang selamat dievakuasi, korban dua kakak beradik itu juga dievakuasi. Tapi ayahnya belum," ujar Arifuddin.

2. Korban diduga tenggelam karena terseret arus hingga ke palung

Terseret Arus, 2 Bocah Tewas Tenggelam di Belakang Trans Mal MakassarMayat korban tenggelam yang telah dievakuasi tim SAR gabungan. IDN Times / Sahrul Ramadan

Hasil pemeriksaan sejumlah saksi hingga warga setempat, kata Arifuddin, korban tenggelam diduga karena terseret arus bawah laut. Apalagi, di tengah laut tempat di mana korban tenggelam, terdapat palung yang cukup dalam.

"Kemungkinannya begitu. Apalagi pas dicek juga sama tim SAR gabungan yang masih bekerja di lapangan, ada semacam patahan (palung)," ungkap Arifuddin.

Seluruh korban, disebutkan Arifuddin, merupakan warga Jalan Dangko, Kecamatan Tamalate. Dua jenazah kakak beradik itu setelah ditemukan, langsung dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Makassar.

Sementara, korban yang selamat hingga saat ini masih menjalani pemeriksaan intensif akibat trauma. "Sudah kita amankan juga korban yang selamat. Karena trauma jadi belum bisa kita ambil keterangannya," ucapnya.

Baca Juga: Viral, Video Remaja di Gowa Direkam Sesaat Sebelum Tenggelam di Sungai

3. Tm SAR gabungan masih melakukan pencarian

Terseret Arus, 2 Bocah Tewas Tenggelam di Belakang Trans Mal MakassarLokasi tenggelamnya korban sekelurga. IDN Times / Sahrul Ramadan

Sejak proses evakuasi ketiga korban yang ditemukan, tim SAR gabungan dari Damkar Makassar, Basarnas Makassar, BNPB Makassar TNI-Polri, hingga warga saat ini disebutkan Arifuddin masih melakukan pencarian di lokasi atau titik awal tenggelamnya Agus Daeng Nompo yang belum ditemukan.

"Sementara tim gabungan masih terus melakukan pencarian. Perkembangannya akan kami informasikan," imbuh Arifuddin.

Baca Juga: [BREAKING] 4 Orang Tenggelam di Laut Belakang Trans Studio Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya