Comscore Tracker

Sulsel Andalkan Karateka Nasional di PON Papua

Atlet Sulsel ikut pelatnas di Bali untuk persiapan SEA Games

Makassar, IDN Times - Tim karate Sulawesi Selatan memasang target tinggi, dengan mengandalkan karateka nasional pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Saat ini mereka tengah menjalani pelatihan nasional di Bali untuk persiapan mewakili Indonesia di SEA Games mendatang.

Karateka yang dimaksud, masing-masing Andi Dasril, Andi Tomi, dan Aldiyadi pada kata beregu putra; Krisda Putri di kata perorangan putri, dan Febi Ramadan untuk kumite putra 84 kilogram.

"Insyallah kita tetap optimis bisa juara," kata pelatih tim karate Sulsel Nukman Lahamang saat dihubungi IDN Times, Selasa (6/7/2021).

Baca Juga: Target Medali Emas di PON Papua, Intip Persiapan Tim Sepak Bola Sulsel

1. Lima atlet lain fokus berlatih di Makassar

Sulsel Andalkan Karateka Nasional di PON PapuaAtlet tim Karate Sulsel/Istimewa

Nukman mengatakan, lima atlet asal Sulsel sudah mengikuti pemusatan latihan sejak beberapa bulan lalu. Mereka akan bergabung kembali dengan kontingen Sulsel jelang berangkat ke PON Papua.

Selain lima atlet nasional, tim Sulsel juga menyiapkan limat atlet di Makassar untuk PON. Mereka terbagi ke sejumlah kategori. Masing-masing, Magfira, Ika, dan Nadia di kata beregu putri, Susanti Solohin untuk kumite putri kelas 68 kg, dan Cesar di kelas kumite putra 75 kg.

"Jadi hanya ini yang kita latih, yang di bali di latih sama pelatih pelatnas," ucap Nukman.

2. Karateka Sulsel butuh tempat khusus untuk laithan

Sulsel Andalkan Karateka Nasional di PON PapuaAtlet tim Karate Sulsel/Istimewa

Nukman menerangkan, saat ini karateka Sulsel mengandalkan Kantor Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulsel untuk tempat berlatih. Itu pun harus berbagi dengan atlet dari cabang olahraga lain. Dia berharap dalam waktu dekat pemerintah daerah bisa memberikan tempat yang lebih baik.

Menurut Nukman, tempat latihan yang nyaman bisa berpengaruh positif terhadap kesiapan atlet untuk meningkatkan kemampuannya dalam berlatih.

"Saya sudah minta yang di GOR Sudiang, tapi sampai sekarang belum ada kejelasan," ujar Nukman.

"Biar lebih fokus kita kan. Kalau latihannya campur-campur dengan yang non atlet (PON), kita agak susah," dia melanjutkan.

3. Tim karate Sulsel target emas sebanyak mungkin

Sulsel Andalkan Karateka Nasional di PON PapuaAcara Festival Cahaya Papua pada Jumat (31/12/2020) malam. (IDN Times/Dok. PB PON Papua).

Nukman mengatkan, tim karate Sulsel, menargetkan untuk meraih medali emas sebanyak mungkin di PON Papua. Dia tidak ingin capaian di PON Jawa Barat 2016 terulang. Saat itu prestasi Sulsel dianggap negatif, dengan perolehan dua medali emas, empat perak, dan empat perunggu.

"Makanya kalau tempat kita sudah oke, kita bisa semakin maksimalkan latihan untuk tingkatkan lagi kemampuannya atlet," katanya.

Baca Juga: Sulsel Target Masuk 10 Besar PON Papua 2021

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya