Comscore Tracker

Razia Preman di Makassar, Polisi Tangkap Seratusan Orang

Polisi juga sita botolan miras tradisional

Makassar, IDN Times - Sekitar seratus orang yang diduga preman terjaring dalam operasi antipremanisme yang digelar Satreskrim Polrestabes Makassar, di sejumlah lokasi pada Sabtu (12/6/2021).

"Kurang lebih 100 orang, mereka melakukan parkir liar dan pemalakan orang-orang yang akan belok di jalur putar balik," kata Wakasat Reskrim Polrestabes Makassar, AKP Sugeng Suprijanto kepada jurnalis di kantornya.

1. Memaksa masyarakat menyetorkan uang

Razia Preman di Makassar, Polisi Tangkap Seratusan OrangRatusan orang tertangkap dalam razia anti premanisme di Makassar. IDN Times/Sahrul Ramadan

Sugeng menjelaskan, mereka yang ditangkap langsung dibawa ke Polrestabes Makassar untuk diperiksa. Sebagian besar dari mereka tidak punya pekerjaan tetap dan memilih mencari penghasilan di jalanan.

Operasi penangkapan itu, kata Sugeng, adalah tindak lanjut dari laporan dari masyarakat mengenai aktivitas preman yang meresahkan. "Mereka memalak dan memaksa agar pengguna jalan dan parkir liar memberikan uang," ucap Sugeng.

2. Polisi sita beberapa botol miras tradisional

Razia Preman di Makassar, Polisi Tangkap Seratusan OrangRatusan orang tertangkap dalam razia premanisme di Makassar. IDN Times/Sahrul Ramadan

Dalam operasi penangkapan itu, petugas juga menyita beberapa botol minuman keras tradisional jenis ballo. Preman tertangkap saat tengah mengonsumsi miras tersebut di sekitar, Kecamatan Panakkukang.

"Kita akan periksa intensif dulu mereka ini, kemudian kita akan panggil orangtuanya, atau ketua RT/RW dan Binmas kemudian kita akan serahkan kembali ke keluarganya," ujar Sugeng.

3. Penindakan premanisme jadi atensi kepolisian

Razia Preman di Makassar, Polisi Tangkap Seratusan OrangRatusan orang tertangkap dalam razia premanisme di Makassar. IDN Times/Sahrul Ramadan

Lebih lanjut Sugeng menjelaskan, razia ini merupakan tindak lanjut dari perintah Kapolri mengenai pemberian rasa aman kepada masyarakat, khususnya di Kota Makassar. "Ini perintah pimpinan penindakan premanisme," tegasnya.

Ke depan, Polrestabes Makassar akan lebih menggencarkan patroli menyasar tempat rawan lainnya di Kota Makassar. "Kita jadikan atensi perintah pimpinan, termasuk miras dan balap liar," jelasnya.

Baca Juga: Viral, Menyamar Jadi Pengemis Pemuda di Makassar Bobol Mobil Terparkir

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya