Lapas Makassar Terapkan Silaturahmi Online bagi Napi saat Lebaran

Kunjungan online sebagai upaya mencegah penyebaran COVID-19

Makassar, IDN Times - Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Makassar menerapkan sistem silaturahmi daring atau kunjungan online bagi narapidana pada momen hari raya Idulfitri 1441 Hijriah. Sistem ini dipilih sebagai penyesuaian di tengah situasi pandemik.

Kepala Bidang Pembinaan Lapas Kelas 1 Makassar Haryoto mengatakan, silaturahmi online dimaksudkan untuk mencegah penularan wabah COVID-19 di kalangan warga binaan pemasyarakatan (WBP).

"Ini sebagai penggganti dari kunjungan langsung," kata Haryoto, Selasa (26/5).

1. Warga binaan mendapat jatah silaturahmi online secara bergilir

Lapas Makassar Terapkan Silaturahmi Online bagi Napi saat LebaranWBP Lapas Kelas 1 Makassar. IDN Times/Istimewa

Haryoto menjelaskan, warga binaan yang hendak bersilaturahmi dengan keluarganya tinggal mengajukan kepada petugas Lapas. Mereka menyerahkan nomor telepon keluarga yang hendak dihubungi.

Silaturahmi online dilakukan lewat sambungan telepon atau panggilan video melalui internet. Warga binaan yang telah mendaftar mendapat nomor antrean untuk menunggu giliran.

"Kita sudah tugaskan petugas yang menjaga di pos-pos (pendaftaran) masing-masing. Karena tempat terbatas, mereka bergilir sesuai dengan nomor urut," ujarnya.

Haryoto menyebut, tidak semua dari seribuan warga binaan Lapas yang ingin memanfaatkan fasilitas itu. 

2. Disiapkan satu bilik yang dilengkapi dua unit komputer

Lapas Makassar Terapkan Silaturahmi Online bagi Napi saat LebaranWBP Lapas Kelas 1 Makassar. IDN Times/Istimewa

Untuk bersilaturahmi secara online dengan keluarga, warga binaan Lapas Makassar disiapkan sebuah bilik khusus yang dijaga oleh petugas. Di dalam bilik tersedia dua unit komputer yang terkoneksi dengan jaringan internet. 

Masing-masing warga binaan diberi waktu antara 15-20 menit untuk menggunakan fasilitas itu. "Mereka yang masuk disesuaikan dengan standar operasional (SOP) COVID-19, pakai masker dan sebagainya," Haryoto menjelaskan.

3. Silaturahmi online sebagai upaya pencegahan COVID-19 di dalam lapas

Lapas Makassar Terapkan Silaturahmi Online bagi Napi saat LebaranWBP Lapas Kelas 1 Makassar. IDN Times/Istimewa

Haryoto mengatakan, kunjungan online sebagai bentuk penerapan terhadap instruksi Direktorat Jendral Pemsyarakatan (Dirjenpas) RI tentang protokol pencegahan COVID-19 di dalam lapas. Warga binaan tetap bisa bersilaturahmi dengan keluarga dengan aman. 

Sistem kunjungan online tidak hanya akan diterapkan selama momen lebaran. Rencananya, metode itu terus dipakai sampai situasi pandemik seleasi atau kondisi normal kembali.

"Jadi yang tadinya bisa ketemu langsung dengan kelurganya sekarang tidak bisa lagi. Hanya barang titipan dari kelurga yang kita terima," ucap Haryoto.

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya