Kebakaran Kantor Dinkes Sulsel, Polisi Periksa 5 Pegawai Keuangan

Satu pegawai lainnya adalah Kasubag Program Dinkes Sulsel

Makassar IDN Times - Penyelidikan penyebab kebakaran di Kantor Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan masih terus berjalan. Tim Laboratorium Forensik jajaran Polrestabes Makassar, belum lama ini bahkan telah memeriksa enam orang pegawai. Mereka bertugas di bagian program dan keuangan kantor.

Pemeriksaan pegawai dengan status saksi dilakukan sebagai bagian dari pengumpulan data dan bahan keterangan penyelidikan lanjutan kasus ini. "Satu kabag keuangan, satu kasubag program, selebihnya staf keuangan," kata Kasat Reskrim Polrestabes Makassar, Kompol Agus Khairul kepada IDN Times, saat dikonfirmasi, Senin (3/8/2020).

1. Hasil rekaman CCTV telah diamankan

Kebakaran Kantor Dinkes Sulsel, Polisi Periksa 5 Pegawai KeuanganPolisi memeriksa sejumlah pegawai terkait kebakaran Kantor Dinkes Sulsel. IDN Times/Polrestabes Makassar

Peristiwa kebakaran yang menghanguskan sejumlah ruangan di lantai dua gedung Dinkes Sulsel terjadi pada Kamis, 30 Juli 2020 lalu. Olah tempat kejadian perkara (TKP) digelar keesokan harinya. Sejumlah bukti sisa material yang hangus terbakar juga ikut diamankan. Mulai dari sejumlah dokumen hingga beberapa bagian dari perangkat keras komputer.

"Personel laboratorium forensik yang dipimpin oleh Kompol Wiji Purnomo melakukan olah TKP lanjutan untuk mengambil hardisk CCTV (yang tersimpan) di ruang program," ungkap Agus Khairul.

2. Proses penyelidikan diperkirakan panjang

Kebakaran Kantor Dinkes Sulsel, Polisi Periksa 5 Pegawai KeuanganPolisi memeriksa sejumlah pegawai terkait kebakaran Kantor Dinkes Sulsel. IDN Times/Polrestabes Makassar

Agus Khairul menjelaskan, hari ini petugas Labfor kembali mengolah TKP Kantor Dinkes yang terbakar. Proses penyelidikan hingga hal-hal yang bersifat teknis lainnya, diperkirakan membutuhkan waktu panjang karena material yang terbakar cukup banyak. "Iya betul," ucap Khairul.

Tidak menutup kemungkinan, lanjut Khairul, penyidik masih akan memeriksa sejumlah saksi lainnya. Mereka dibutuhkan keterangannya dalam proses penyelidikan yang sementara berjalan. Namun, menurutnya pemeriksaan tergantung dari pertimbangan dan kebutuhan penyidik.

Baca Juga: Penyebab Kebakaran Kantor Dinkes Sulsel Belum Terungkap

3. Dua hari, kebakaran sempat terjadi lagi di Kantor Dinkes Sulsel

Kebakaran Kantor Dinkes Sulsel, Polisi Periksa 5 Pegawai KeuanganKebakaran di kantor Dinkes Sulsel/Damkar Makassar

Kebakaran sempat kembali terjadi di lantai dua gedung kantor Dinkes Sulsel, Jumat, 31 Juli 2020, sekitar pukul 11.14 WITA lalu. Informasi yang diterima dari jajaran petugas Dinas Kebakaran Kota Makassar, benda yang terbakar diduga adalah sisa material bangunan.

"Bekas terbakar semestinya langsung diurai, seperi rak besi dan bahan-bahan yang menyimpan panas dipisahkan dengan bahan lainnya yang mudah terbakar," ujar Kabid Pengendalian dan Operasi Damkar Makassar Hasanuddin, dalam keterangan tertulisnya.

Dua unit armada dan 11 orang personel diterjunkan memandamkan api. Kata Hasanuddin, kebakaran baru berhasil dipadamkan petugas sekitar pukul 14.40 WITA. Satu petugas damkar terluka dalam peristiwa itu. "Ada anggota kecelakaan kerja di lokasi dinkes. Tangan robek kena pecahan kaca," imbuh Hasanuddin.

Baca Juga: Kantor Dinkes Sulsel Terbakar, Data COVID-19 Diklaim Aman

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya