ASN di Bulukumba Dibunuh Sopir karena Dendam Gaji Menunggak

Peristiwa Kamis pagi terekam kamera CCTV

Makassar, IDN Times - Penyidik Satuan Reserse Kriminal Polres Bulukumba, Sulawesi Selatan, menemukan motif pembunuhan seorang aparatur sipil negara (PNS) pada Kamis pagi (16/7/2020). Diduga penganiayaan yang berujung maut itu disebabkan dendam pribadi.

Korban SF, 53 tahun, meninggal setelah di aniaya di jalan raya, di Jalan Abdul Azis, Kecamatan Ujung Bulu, Kamis pagi. Kejadian itu terekam kamera CCTV.

"Motif dendam, informasi awalnya. Korban tidak membayarkan gaji pelaku," kata Kepala Satuan Reskrim Polres Bulukumba AKP Berry Juana Putra saat dikonfirmasi, Kamis.

Baca Juga: Terekam CCTV, ASN di Bulukumba Ditebas Hingga Tewas

1. Pelaku diduga emosi karena selalu dijanji soal gaji

ASN di Bulukumba Dibunuh Sopir karena Dendam Gaji MenunggakTangkapan layar potongan video penganiayaan ASN di Bulukumba. IDN Times/Istimewa

Berry mengatakan, pelaku sudah bekerja sebagai kopir korban selama dua tahun. Tapi selama ini korban disebut menunggak pembayaran gaji. Tak disebutkan berapa upah yang seharusnya dibayarkan.

Korban, Berry melanjutkan, kerap menjanjikan kepada korban bakal segera membayarkan upah. Tapi janji cuma janji, sebab tidak pernah ditepati.

"Hanya dijanji sama korban untuk bayarkan gajinya. Makanya emosi (pelaku) sehingga terjadi (penganiayaan)," ucap Berry.

2. Korban dianiaya saat menemani istrinya ke pasar

ASN di Bulukumba Dibunuh Sopir karena Dendam Gaji MenunggakIlustrasi Garis Polisi (IDN Times/Arief Rahmat)

Berry mengungkapkan, penganiayaan terjadi setelah korban mememani istrinya, IS (40), berbelanja di Pasar Cekkeng Kasuara. Lokasi penganiayaan tidak jauh dari pasar.

"Setelah belanja korban ingin berangkat pulang. Tiba-tiba, pelaku datang dari belakang langsung menarik dan menganiaya korban dengan menggunakan sebilah parang," ucap Berry.

Kejadian penganiayaan disaksikan orang banyak, tapi tidak ada yang berani mendekat. Berry mengatakan, orang-orang takut melerai karena pelaku memegang senjata tajam. Sedangkan istri korban berusaha menghidar dan meminta pertolongan.

3. Persitiwa penganiayaan terekam CCTV

ASN di Bulukumba Dibunuh Sopir karena Dendam Gaji MenunggakTangkapan layar potongan video penganiayaan ASN di Bulukumba. IDN Times/Istimewa

Dalam rekaman yang beredar, pelaku terlihat beberapa kali menebas korban. Pelaku tetap menyerang meski korban telah tersungkur. Pelaku juga terlihat menusuk tubuh korban.

Berry menyebut korban meninggal saat tengah mendapat pertolongan medis di Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Daeng Raja. Korban menderita luka-luka di sekujur tubuhnya.

"Korban mengalami luka robek pada bagian kepala, belakang badan, dan tangan kanan yang diduga akibat sayatan benda tajam yang digunakan oleh tersangka," kata Berry.

Baca Juga: DPO Kasus Pembunuhan di Jakarta Barat Ditangkap di Bulukumba

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya