Profil Bahtiar Baharuddin Pj Gubernur Sulsel, Punya Sederet Pengalaman

Bahtiar Baharuddin ditunjuk sebagai Pj Gubernur Sulsel

Makassar, IDN Times - Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Bahtiar Baharuddin ditunjuk sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) menggantikan Gubernur Andi Sudirman Sulaiman, yang masa jabatannya berakhir pada 5 September 2023.

Penunjukan Bahtiar sebagai Pj Gubernur Sulsel diputuskan oleh Tim Penilai Akhir (TPA) setelah berkoordinasi dengan Presiden Joko "Jokowi" Widodo, pada Kamis (31/8/2023).

Berikut profil lengkap Bahtiar Baharuddin yang ditunjuk sebagai Pj Gubernur Sulsel.

1. Riwayat pendidikan Bahtiar Baharuddin

Profil Bahtiar Baharuddin Pj Gubernur Sulsel, Punya Sederet PengalamanDirjen Pol dan PUM Kemendagri Bahtiar Baharuddin (Dok.Kemendagri)

Bahtiar Baharuddin lahir di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, pada 16 Januari 1973. Dia sempat menjalani kuliah di Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (Unhas) pada tahun 1991-1992, sebelum memilih pindah ke Sekolah Tinggi Ilmu Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). Dia menyelesaikan pendidikan di IPDN pada 1995. Berikut riwayat lengkap pendidikan Bahtiar Baharuddin:

  • Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (1991-1992);
  • Sekolah Tinggi Ilmu Pemerintahan Dalam Negeri (1995);
  • Institus Ilmu Pemerintahan (2000);
  • Magister Ilmu Pemerintahan di Universitas Padjajaran (2008);
  • Doktoral Ilmu Pemerintahan di Univeresitas Padjajaran (2013).

2. Riwayat jabatan

Profil Bahtiar Baharuddin Pj Gubernur Sulsel, Punya Sederet PengalamanBahtiar Baharuddin menyampaikan sambutan di RSUD RAT saat menjabat Plt Gubernur Kepri, Kamis (15/10/2020). (ANTARA/Ogen)

Pada 2010, Bahtiar menjabat Kasubdit Ormas, Ditjen Kesbangpol, Kementerian Dalam Negeri. Kemudian, menjadi Kepala Bagian Perundang-Undangan di Setditjen Polpum pada 2015. Setelahnya, Bahtiar ditunjuk sebagai Plt Direktur Politik Dalam Negeri, pada Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum di tahun 2016.

Selanjutnya, karier Bahtiar terus melejit hingga diangkat sebagai Kepala Pusat Penerangan Sekretariat Jenderal Kementerian Dalam Negeri pada 2018. Lalu, pernah menjabat sebagai Plt Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum di tahun 2019, serta dipercaya menajdi Pjs. Gubernur Kepulauan Riau pada 2020.

Saat ini, Bahtiar Baharuddin menjabat sebagai Direktur Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri.

Baca Juga: IKA Unhas Angkat Dirjen Kemendagri sebagai Anggota Dewan Kehormatan

3. Penghargaan dan pengalaman organisasi

Profil Bahtiar Baharuddin Pj Gubernur Sulsel, Punya Sederet PengalamanKetua Harian IKA Unhas, Sukriansyah (kiri) dan Bahtiar (kanan). Dok. IDN Times/Istimewa

Pengalaman organisasi Bahtiar Baharuddin yang ditunjuk sebagai Pj Gubernur Sulsel, cukup panjang. Antara lain, Ketua Umum Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia (MIPI) periode 2021-2026, Departemen Pembinaan Jiwa Korps dan Wawasan Kebangsaan DPN Korpri Nasional masa bakti 2022-2027.

Kemudian, Bahtiar juga dikukuhkan sebagai Anggota Dewan Kehormatan Ikatan Alumni Universitas Hasanuddin (Unhas), serta menjabat sebagai Wakil Ketua Umum I Asosiasi Analis Kebijakan Indonesia (AAKI).

Bahtiar juga mencatat penghargaan Satyalancana Karya Satya XXX Tahun (2023) dari Pemerintah Republik Indonesia sebagai Pegawai Negeri Sipil yang telah melaksanakan tugasnya dengan menunjukkan kesetiaan, pengabdian, kecakapan, kejujuran, kedisiplinan, serta telah bekerja terus-menerus.

Baca Juga: [BREAKING] Bachtiar Baharuddin Ditunjuk jadi Pj Gubernur Sulsel

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya