Polda Sulsel: Ada Bunker Narkoba di Kampus Ternama Makassar 

Belum sebut nama kampus, polisi mengejar jaringan terkait

Makassar, IDN Times - Aparat Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan menemukan petunjuk salah satu kampus ternama di Kota Makassar jadi gudang penyimpanan narkoba. Kampus itu disebut dimanfaatkan sebagai pusat pengendalian dan pemasaran ganja.

Hal itu diungkapkan Direktur Reserse Narkoba Polda Sulsel Kombes Dodi Rahmawan. Namun dia belum menyebut secara jelas kampus yang dimaksud karena masih dalam penyelidikan lebih lanjut.

"Kita belum bisa menyebutkan kampusnya ya, kita masih menunggu momen karena kita sementara kejar jaringannya," kata Kombes Dodi saat mendampingi Kapolda Irjen Setyo Boedi Moempoeni merilis kasus tangkapan narkoba di markas Polda, di Makassar, Kamis (8/6/2023).

Baca Juga: Anggota Polri Ditangkap Bawa Sabu 2 Kg di Parepare, Sulsel

1. Polisi menemukan gudang penyimpanan dilengkapi buku rekap pemasaran

Polda Sulsel: Ada Bunker Narkoba di Kampus Ternama Makassar Markas Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) di Jl Perintis Kemerdekaan Km 17, Makassar. Dahrul Amri/IDN Times Sulsel

Soal kampus yang dimaksud, Dodi menyebut aktivitas penyaluran narkoba di sana masif. Polisi menemukan sejumlah bukti-bukti terkait. "Ini masif dan miris, ada bunker, ada buku rekapnya dan penyalurannya," kata Dodi.

Dodi menyayangkan adanya kampus yang dimanfaatkan pelaku peredaran narkoba. Kampus yang sejatinya tempat pendidikan tidak terproteksi dari hal-hal buruk 

"Namun yang jelas inilah mirisnya kondisi yang kita hadapi, bahwa di area kampus yang seyogyanya untuk pendidikan dan menunjukkan prestasi di dunia pendidikan, tetapi dijadikan marketing peredaran," ucapnya.

2. Butuh kolaborasi dengan pemangku kepentingan

Polda Sulsel: Ada Bunker Narkoba di Kampus Ternama Makassar ilustrasi narkoba (IDN Times/Mardya Shakti)

Lebih lanjut, Dodi menyampaikan bahwa peredaran narkoba di lingkungan pendidikan harus jadi perhatian serius. Sebab jika tidak dikendalikan, dia menyebut hal itu bisa merusak generasi penerus.

"Kita juga pernah temukan di sekolah, baik itu SMP dan SMA. Maka dari itu kita berkolaborasi dengan komponen pendidikan untuk mengangkat sekolah-sekolah tangguh bersinar," kata Dodi.

3. Dodi janji ungkap jaringan peredaran narkoba di kampus

Polda Sulsel: Ada Bunker Narkoba di Kampus Ternama Makassar Ilustrasi Pengguna Narkoba (IDN Times/Mardya Shakti)

Kombes Dodi melanjutkan, aparat masih terus menyelidiki jaringan peredaran narkoba yang memanfaatkan lingkungan kampus. Termasuk upaya membongkar bandar atau dalang di baliknya.

"Kita akan kejar, siapa di belakang semua ini. Saya harap pihak kampus juga untuk sama-sama merapatkan barisan, bersama identifikasi mahasiswa atau komponen civitas akademika yang terindikasi dalam jaringan ini, sehingga kita bisa menekan siapa biangnya dalam situ," kata Dodi.

Baca Juga: Kasus Korupsi Bantuan COVID Mandek di Polda Sulsel, Harus Diingatkan?

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya