Comscore Tracker

Jemaah Haji Embarkasi Makassar Diajari Pakai Toilet Pesawat Garuda

Fasilitas tiruan kabin pesawat untuk simulasi penerbangan

Makassar, IDN Times - Asrama Haji Makassar, Sulawesi Selatan, memiliki fasilitas yang memadai untuk jemaah haji, seperti ketersediaan replika ruang kabin atau mockup pesawat.

Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar, H. Ikbal Ismail menilai, jemaah haji patut bersyukur dengan ketersediaan sejumlah fasilitas ini.

Seperti replika kabin pesawat yang dibangun pada 2017, dibuat mirip dengan rancangan dan ukuran pesawat asli, yaitu Garuda Indonesia tipe Boeing  777-300-IIR dengan kapasitas 90 tempat duduk.

1. Jemaah diajari pakai toilet pesawat

Jemaah Haji Embarkasi Makassar Diajari Pakai Toilet Pesawat GarudaIlustrasi pesawat Garuda Indonesia. (Dok. Garuda Indonesia)

Ikbal mengajak jemaah memanfaatkan tiruan kabin pesawat untuk mematangkan bimbingan persiapan ibadah haji. 

"Kita punya mockup pesawat, silahkan dipakai. Mungkin ada di antara bapak ibu yang belum pernah naik pesawat," ungkap Ikbal di Aula Arafah Asrama Haji Makassar, Kamis (23/6/2022).

Tiruan kabin pesawat ini, kata Ikbal, digunakan untuk mengajarkan jemaah memahami perangkat keselamatan dalam pesawat. Selain itu, mereka juga diberi pemahaman bagaimana penggunaan toilet. "Serta bagaimana cara tayamum di pesawat dan lainnya," lanjut Ikbal.

2. Jemaah haji diharap memahami fasilitas pesawat

Jemaah Haji Embarkasi Makassar Diajari Pakai Toilet Pesawat GarudaIlustrasi pesawat Garuda Indonesia (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Ikbal yang juga menjabat Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sulsel ini, berharap simulasi terbang dengan tiruan kabin pesawat di Asrama Haji bisa dimaksimalkan jemaah.

Pemanfaatan itu kata Ikbal, sebagai media bimbingan manasik, meskipun sebelumnya para jemaah dari 8 provinsi telah menerima bimbingan dari daerah masing-masing. 

"Mockup pesawat ini sangat mirip bahkan persis dengan pesawat aslinya. Makanya diharapkan setelah bimbingan di mockup ini, jemaah sudah familiar dan tidak banyak kendala ketika di dalam pesawat pada saat perjalanan ke Tanah Suci," jelas Ikbal Ismail.

Baca Juga: Jemaah Haji Makassar Ziarah ke Sejumlah Destinasi di Madinah 

3. Rincian jemaah di kloter 8

Jemaah Haji Embarkasi Makassar Diajari Pakai Toilet Pesawat GarudaJemaah haji kloter satu Embarkasi Makassar disambut panitia penyelenggara haji di Asrama Haji Sudiang Makassar, Kamis (176/6/2022). Istimewa

PPIH Embarkasi Makassar merincikan, jumlah jemaah kloter 8 terdiri dari 8 jemaah dari Kota Makassar, Takalar 120 jemaah, Maros 64 jemaah, Kota Palopo 53 jemaah, lalu dari Provinsi Sulawesi Tenggara ada 144 jemaah. Totalnya adalah 393 orang. 

Sementara itu, petugas yang mendampingi 4 orang, yakni Ketua Kloter 8, Abdul Rasak, Pembimbing Ibadah Mubassyir, Petugas Kesehatan dr. Nurrahmi Rauf dan Petugas Kesehatan atau Perawat yakni Mahyuddin Muntu Badolo, bersama 2 orang Petugas Haji dari daerah, Andi Mursalim dan Junuda Rido.

Jemaah haji kloter 8 Embarkasi Makassar ini rencananya akan diberangkatkan dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar menuju ke Bandara Internasional King Abdul Azis di Jeddah, Arab Saudi pada 24 Juni 2022, pukul 04.20 Wita

Baca Juga: 7.160 Orang Jemaah Haji Berangkat lewat Asrama Haji Makassar

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya