Comscore Tracker

Basarnas Sulsel Catat 1435 Pendaki Menuju Puncak Gunung Bawakaraeng

Larang pendaki tidak bawa perlengkapan standar

Makassar, IDN Times - Basarnas Sulawesi Selatan (Sulsel) mulai mengantisipasi kepadatan pendaki di Puncak Gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa, pada saat upacara Merah Putih 17 Agustus 2022.

Kepala Seksi (Kasi) Operasi dan Siaga Basarnas Sulsel, Muh. Rizal mengatakan, pihaknya telah mengimbau kepada para pendaki lewat media sosial (medsos) agar ke puncak Gunung Bawakaraeng lewat jalur khusus.

"Sebelum kegiatan siaga merah putih (Bawakaraeng) kita laksanakan, kita sudah menghimbau kepada seluruh pendaki agar melalui jalur Lembanna dan Bulu Balea," kata Rizal di grup WhatsApp Basarnas Sulsel, Selasa (16/8/2022).

Menurutnya, dua jalur yang telah ditetapkan Basarnas Sulsel agar memudahkan registrasi dan pengecekan perlengkapan para pendaki.

1. Pendaki harus bawa perlengkapan standar

Basarnas Sulsel Catat 1435 Pendaki Menuju Puncak Gunung BawakaraengIlustrasi - para Pendaki bersiap untuk menadki ke Puncak Gunung Bawakaraeng, Gowa, Sulsel. (Dok. Basarnas Sulsel)

Selain memberikan imbauan, Basarnas Sulsel juga telah berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Pemerintah setempat dan pihak Kepolisian, agar melarang pendaki yang tidak membawa perlengkapan standar.

"Kita harap tidak ada yang mendaki menggunakan sandal jepit agar tidak terjadinya cedera kaki," lanjut Rizal.

Basarnas Sulsel mencatat, saat ini kondisi cuaca di Gunung Bawakaraeng dengan tinggi mencapai 2.700 mdpl sedang cerah dan juga angin kencang dengan suhu 14 derajat.

Selain itu, tim SAR gabungan juga sudah mengevakuasi 1 orang pendaki yang terjatuh di Pos 8 dan mengalami fraktur di kaki.

2. Basarnas catat ada 1.435 pendaki

Basarnas Sulsel Catat 1435 Pendaki Menuju Puncak Gunung BawakaraengTim SAR gabungan Sulsel apel siaga SAR Merah Putih di lereng Gunung Bawakaraeng, Gowa, Sulsel. (Dok.SAR Sulsel)

Hingga pukul 12.00 Wita, pendaki yang sudah berada di beberapa pos Gunung Bawakaraeng Gowa berjumlah 1.435 pendaki. Terbagi di Lembanna ada 154 orang, lembah Ramma 518 orang, dan Puncak Bawakaraeng 763 orang.

"Untuk tim SAR gabungan yang melaksanakan siaga di masing-masing pos pendakian kita perintahkan untuk mengerahkan para pendaki agar nanti turun lewat Lembanna pada siang hari (17 Agustus) setelah upacara," terang Rizal.

3. Basarnas kerahkan 362 personel gabungan

Basarnas Sulsel Catat 1435 Pendaki Menuju Puncak Gunung BawakaraengKepala Basarnas Sulsel, Djunaidi saat diwawancarai wartawan di Posko Basarnas di Pelabuhan Paotere Makassar, Kamis (2/6/2022). Dahrul Amri/IDN Times Sulsel

Sementara itu, Kepala Basarnas Sulsel, Djunaidi mengungkapkan, untuk pengerahan dan pengamanan siaga SAR khusus Merah Putih 2022 dari lereng Gunung Bawakaraeng sampai ke puncak, Basarnas mengerahkan 362 personel.

"42 orang dari Basarnas Sulsel dan dibantu 320 orang potensi SAR Sulsel. Jadi para personel ini akan menjaga dari pada tim atau masyarakat yang melakukan upacara di puncak gunung Bawakaraeng," jelas Djunaidi.

"Kami juga himbau ke masyarakat yang anaknya masih di bawah umur agar melarang anaknya untuk tidak melakukan pendakian ke atas gunung Bawakaraeng, karena ini sangat berbahaya apabila anak-anak tidak paham dan cara mendaki, cara menavigasi dan tracking. Sehingga untuk korban yang di tiap tahunnya ada itu kita upayakan tahun ini tidak ada korban lagi," tambah Djunaidi.

Baca Juga: Pesona Tanralili, Danau Eksotis di Kaki Gunung Bawakaraeng

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya