Comscore Tracker

Wagub Sulsel Minta Pemda juga Siapkan Hotel untuk Isolasi Mandiri

Penambahan kasus COVID-19 di Sulsel meningkat signifikan

Makassar, IDN Times - Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, meminta pemerintah daerah turut menyiapkan hotel sebagai pusat isolasi bagi pasien positif COVID-19 tanpa gejala (OTG).  

Permintaan itu disampaikan Sudirman menyusul meningkatnya kasus COVID-19 di Sulsel secara signifikan beberapa pekan terakhir. 

"Kami mengimbau kepada kepala daerah kabupaten/kota (Sulsel) untuk membentuk di wilayahnya tempat isolasi hotel dengan program Wisata Duta COVID-19 Daerah," katanya, Jumat (18/12/2020).

Baca Juga: Kasus Corona di Sulsel Meroket, Hotel Isolasi-Rumah Sakit Hampir Penuh

1. Penambahan kasus baru di Sulsel terus meningkat

Wagub Sulsel Minta Pemda juga Siapkan Hotel untuk Isolasi MandiriIlustrasi corona. IDN Times/Arief Rahmat

Hingga Kamis 17 Desember 2020, jumlah total kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Sulsel mencapai 24.352 kasus. Sebanyak 19.898 orang dinyatakan sembuh dan 541 orang meninggal dunia. Dalam 24 jam terakhir, tercatat ada 333 penambahan kasus baru, 106 orang sembuh dan 4 orang meninggal dunia.

Menurut data Satgas Penanganan COVID-19 Sulsel pada Kamis, sebanyak 7.678 orang jadi peserta program Duta Wisata COVID-19. Saat ini ada 579 orang yang sementara dirawat, 7.099 orang selesai dirawat, 86 orang dirujuk ke rumah sakit, sedangkan 7.013 orang dinyatakan sehat.

Kondisi itu pun membuat Pemprov berencana menambah hotel tempat isolasi pasien COVID-19. Saat ini, Pemprov menyediakan sejumlah hotel sebagai tempat isolasi, yaitu Swiss Belhotel, Hotel Grand Imawan, Hotel Lynt, Hotel Kenari, Hotel Yasmin, di Makassar, serta Hotel Kamanre di Palopo.

2. Pemda diharapkan lebih maksimal tangani COVID-19

Wagub Sulsel Minta Pemda juga Siapkan Hotel untuk Isolasi MandiriIlustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Menurut Sudirman, jika pemda juga menyiapkan hotel untuk isolasi, penanganan pasien COVID-19 bisa lebih maksimal. Mengingat, penambahan kasus positif terus mengalami kenaikan.

"Wisata Duta COVID-19 Daerah di hotel kabupaten/kota adalah untuk menjadi pendukung program Wisata Duta COVID-19 Provinsi. Harap disediakan lebih maksimal karena peningkatan eskalasi serta penyebaran COVID-19 ini," kada Wagub.

3. Pemda diminta perketat protokol kesehatan

Wagub Sulsel Minta Pemda juga Siapkan Hotel untuk Isolasi MandiriIlustrasi physical distancing. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Tak hanya mendorong pembukaan pusat isolasi mandiri di hotel, Sudirman juga meminta pemda memperketat kembali protokol kesehatan di masyarakat. Terlebih karena kondisi saat ini sudah memasuki musim penghujan.

"Mari perketat kembali protokoler kesehatan, jaga kebugaran tubuh serta asupan gizi untuk imun,” ujarnya.

Baca Juga: Kasus COVID-19 di Sulsel Terus Meningkat, Tanda Gelombang Kedua?

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3 M : Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir. Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus. Menjalankan gaya hidup 3 M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times

Topic:

  • Ashrawi Muin
  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya